a

Friday, May 10, 2013

Orang Tercepat Di Dunia

Adakah batasan akhir mengenai berapa kecepatan tercepat manusia dalam perlombaan lari sprint 100 meter? Tentunya ada; namun sampai saat ini ketika rekor lari 100 meter terus-menerus mengalami perbaikan, tidak seorang pun yang tahu batasan yang tidak mampu dilampaui oleh manusia. Lihatlah catatan rekor dunia untuk lari sprint 100 meter periode (1912-2002) berikut ini.

         
Nama                                              Tahun                           Rekor dunia (detik)
Donald Lippincott,                                           AS                               1912 10.6
Charles Paddock,                                             AS                               1921 10.4
Percy Williams,                                             Kanada                               1930 10.3
Jesse Owens,                                                   AS                               1936 10.2
Willie Williams,                                                AS                               1956 10.1

Namun, pemecahan rekor terus berlanjut. Asafa Powell, pelari kelahiran Jamaika, menorehkan prestasi yang memukau pada tahun 2005 dengan berhasil memecahkan perlombaan sakral lari 100 meter sprint putra dengan catatan waktu 9,77 detik. Asafa bukanlah pelari yang gampang menerima batasan yang diberikan oleh dunia, pada kejuaraan atletik Grand Prix di Rieti, Italia, Asafa kembali menorehkan rekor sensasional 9,74 detik. Ini sesuai dengan janjinya bahwa ia akan memecahkan rekor atas namanya sendiri pada tahun 2007. Janji itu diucapkannya ketika ia hanya merebut medali perunggu di kejuaraan Osaka akibat kekecewaannya tidak berhasil menjadi juara dunia pada saat itu. Seorang juara tidaklah mudah jatuh dari kegagalannya, Asafa membuktikan janjinya sekaligus bangkit dengan lebih dahsyat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Berdasarkan sebuah penelitian di Journal of Experimental Biology, Mark Denny dari Stanford University menyimpulkan bahwa kecepatan maksimum manusia untuk lari 100 meter sprint adalah 9,48 detik. Namun, tak seorang pun tahu dan bisa menduga. Contoh terbaru, basil fantastis yang menakjubkan dalam pemecahan rekor lari 100 meter oleh pelari Jamaika lainnya, Usain Bolt. Pemecahan rekor beruntunnya dimulai pada Olimpiade Beijing 2008, Mr. Lightning Bolt begitu julukannya mampu menoreh prestasi 9,69 detik. Catatan rekor terbaiknya pun dilanjutkan pada kejuaraan atletik dunia di Berlin 2009, ia bahkan mampu memangkas rekor Asafa Powell dengan pencapaian fantastis 9,58 detik atau 0,16 detik lebih cepat dari rekor Asafa. Bukankah batasan di dunia ini tidaklah berlaku selama seseorang tidak membatasi dirinya untuk menjadi yang terbaik? Hiduplah dengan prinsip The Sky is the Limit, dan selalu berusahalah tampil semaksimal mungkin. Tepat sekali apa yang diingatkan Kurek Ashley, pelatih sukses tim Olimpiade voli pantai Australia, bahwa Anda tidak dapat hidup dengan standar-standar masa lalu dan berharap dapat meraih kesuksesan yang lebih besar hari ini. Usain bahkan memprediksi ia mampu berlari dengan catatan waktu 9,40 detik. Jika hal ini terwujud, Usain Bolt mampu merubuhkan mitos bahwa manusia hanya mampu lari dengan batasan 9,48 detik. Mari kita tunggu hasilnya.

Satu-satunya cara untuk menemukan batasan dalam hidup ini adalah dengan melangkah melebihi batasan yang Anda sebut sebagai "tidak mungkin"
By: Arthur C. Clarke
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...