a

Tuesday, April 9, 2013

Lorenzo's Oil

Tepat apa yang dikatakan pemain baseball legendaris ini ketika ditanya wartawan, "Siapa lawan yang paling Anda takuti?" Babe Ruth pun menjawab, "Sangat sulit bagi saya untuk mengalahkan
orang-orang yang tidak mengenal kata menyerah." Sering kali yang membedakan antara orang yang sukses dan orang yang hanya mencapai prestasi biasa, adalah semangat pantang menyerah. Orang-orang sukses tidak selalu mempunyai kepintaran atau latar belakang yang lebih baik. Letak kesuksesan sering kali ditentukan oleh kemauan untuk mengambil satu langkah lagi ketika banyak orang justru berhenti mencoba. Mereka tidak membatasi pandangannya mengenai kesuksesan ataupun kegagalan. Jika gagal, mereka akan terus mencoba, mengubah strategi, dan mencoba sekali lagi.

Tidak heran Calvin Coolidge, mantan presiders Amerika Serikat, menggaris bawahi bahwa tiada hal yang dapat menggantikan semangat pantang menyerah, bahkan hal itu mampu mengalahkan talenta dan kepintaran sekalipun. Ia menambahkan juga bahwa sering kali yang dibutuhkan hanya semangat terus maju yang dapat menyelesaikan masalah-masalah hidup yang terumit. Film Lorenzo's Oil (diperankan oleh Susan Sarandon dan Nick Nolte) adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seorang anak bernama Lorenzo Odone pada tahun 1985. Lorenzo menderita sebuah penyakit turunan yang parah dan tidak dapat disembuhkan pada saat itu, yaitu suatu penyakit yang mengakibatkan kerusakan sistem saraf dan dapat menyebabkan kebutaan, bisu, serta si penderita tidak mampu menggerakkan anggota tubuhnya. Augusto, sang ayah, hanya mempunyai satu hasrat, yakni melihat anaknya dapat hidup normal. Tanpa mempunyai latar belakang kedokteran sama sekali, is berusaha siang dan malam selama bertahun-tahun mempelajari penyakit ini. Semua dokter, yang terbaik sekalipun, angkat tangan dan memvonis Lorenzo hanya mampu bertahan selama dua tahun. Ketika sang ayah meminta opini seorang dokter ahli untuk buku-buku ilmiah kedokteran, dengan nada sinis dokter itu mengatakan untuk berhenti membuang-buang waktu. Suami-istri ini menolak untuk berhenti meskipun kemungkinan besar semua yang mereka lakukan memang hanya sia-sia dan omong kosong belaka, tiada jaminan maupun peluang. Namun apa yang terjadi adalah keajaiban, mereka berhasil menemukan obat penyakit itu Obat minyak dari buah zaitun (olive). Luar biasa, hanya dengan kegigihan yang berfokus pada setitik harapan saja anaknya akhirnya berangsur-angsur pulih.

Bayangkan, kasih sayang kedua orang tua ini mampu membuka pintu harapan ribuan anak penderita lainnya di seluruh dunia. "Neraka" diizinkan Tuhan terjadi bagi keluarga Odone supaya obat penyakit ini ditemukan. Tuhan memakai keluarga Odone sebagai jalan keluar kesembuhan keluarga lainnya. Yakinkan diri Anda bahwa apa pun yang Anda alami dan perjuangkan dapat memberi hikmah positif untuk dipelajari bagi Anda sendiri maupun dunia. Yakinlah, bahwa Tuhan tidak pernah memberikan tantangan yang melebihi kemampuan kita.

Tiada satu pun di dunia ini yang mampu menggantikan keuletan. Talenta tidaklah cukup; begitu banyak orang yang penuh talenta namun tidaksukses. Kepintaran tidaklah cukup. Pendidikan tidaklah cukup; dunia ini dipenuhi oleh banyak orang pintar. Keuletan dan keyakinan yang kuatlah yang terpenting. Slogan "coba terus" telah menyelesaikan dan bahkan selalu menyelesaikan tantangan yang dihadapi manusia
 By: Calvin Coolidge


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...