a

Monday, April 15, 2013

Ide Bisnis Kreatif

Kreatifitas menjadi salah satu faktor penting yang terkait terhadap kesuksesan bisnis seseorang. Dengan kreatifitas dalam bisnis, tidak peduli apakah usaha yang anda miliki merupakan usaha berskala kecil atau besar, usaha anda akan dapat selalu bertahan mengatasi persaingan pasar. Sebagai contoh, ide bisnis kreatif dan sederhana dengan menjual produk air mineral dan minuman kemasan dahulu dianggap hal yang tidak lazim namum seiring waktu bisnis tersebut semakin berkembang bahkan meluas hingga ke pasar internasional. 

Sebenarnya, banyak ide bisnis kreatif lainnya yang dapat menjadi bisnis yang sukses dan berkembang seperti bisnis kuliner kebab cepat saji yang dulu tidak terpikirkan oleh banyak pebisnis lainnya. Walaupun demikian, menemukan ide bisnis kreatif guna memulai usaha anda memang tidak mudah. Selain mencari ide bisnis yang belum pernah dijalankan orang lain, ide bisnis kreatif tersebut harus berguna. Berikut ada beberapa panduan memulai ide bisnis kreatif yang anda bisa coba untuk lakukan.

Tips Memulai Ide Bisnis Kreatif bagi Pemula

Bagi pemula yang berminat menjalankan ide bisnis kreatif yang menguntungkan, anda dapat memulai dengan memikirkan sesuatu yang menjadi hobi anda dan menekuninya secara lebih serius. Beberapa sumber ide kreatif bagi anda pemula yang ingin memulai bisnis anda adalah sebagai berikut.

Jual Jasa dan Keahlian yang Anda Miliki
Melihat potensi dan keahlian yang anda miliki dalam diri anda, anda dapat memanfaatkannya sebagai bekal utama bisnis anda. Sebagai contohnya, bagi anda yang mahir menjahit, anda dapat membuka usaha jahitan dengan sentuhan yang lebih kreatif dari penjahit lainnya agar menarik konsumen. Selain itu, bagi anda yang memiliki ketrampilan khusus di bidang musik, anda dapat membuka kursus belajar bermain alat musik atau les vokal di lingkungan tempat tinggal anda. Disamping itu, anda juga dapat mempertimbangkan keahlian lain yang anda miliki seperti kemahiran dalam memasak, mengetik, memotong rambut, menyetir mobil, memperbaiki alat elektronik, berbahasa asing, dan lainnya. 

Ciptakan Penemuan Unik dan Kreatif
Bagi anda yang tergolong inovatif, pada umumnya mudah mendapat ide penemuan yang unik untuk dijadikan peluang bisnis seperti penemuan alat peredam polusi udara pada kendaraan bermotor, karya seni dari cangkang telur ayam, makanan unik modifikasi cita rasa lokal, sepatu high heels model unik, lukisan motif bunga berbahan kulit bawang putih, dan sebagainya. Keunikan produk kreasi anda tentunya akan memiliki nilai jual yang tinggi apabila anda didukung dengan hak paten dalam penjualannya. 

Menduplikasi Bisnis Kreatif Lainnya
Salah satu solusi bagi anda yang kurang kreatif dan inovatif dalam berbisns, anda dapat melakukan duplikasi dari bisnis kreatif lain dengan cara ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Dengan terlebih dulu jeli membaca peluang yang tersedia di pasar, mempertimbangkan potensi keuntungan serta berani bertindak menghadapi resiko, niscaya usaha anda akan cepat berhasil. Sebagai saran, anda sebaiknya tidak melakukan duplikasi penuh terhadap produk anda agar persaingan dapat dilakukan secara sehat. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayanan dan pemberian nilai tambah serta variasi produk juga diperlukan supaya konsumen dapat lebih nyaman dan terpuaskan. 

Segera Bertindak dan Jangan Menunda
Setelah anda memutuskan untuk membuka usaha kreatif anda, jangan terlalu lama menunda mengingat dinamisnya kondisi pasar dan selera konsumen di jaman modern ini. Anda tidak perlu khawatir akan modal serta SDM. Selama anda merasa memiliki keahlian dan pengalaman yang mendukung bisnis kreatif anda, peluang sukses akan selalu terbuka. Segeralah buka kantor kecil-kecilan di rumah berbentuk home office dengan fasilitas standar seperti satu unit komputer, telepon, fax, meja dan kursi bagi pelanggan. 

Lakukan Kerjasama dan Perluas Relasi
Dengan memperluas relasi atau network, anda dapat memperluas pemasaran dan promosi produk unik anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan kerja sama untuk menunjang perkembangan bisnis kreatif anda. Pikirkan apakah anda memiliki relasi, saudara, sahabat, atau orang dekat lainnya yang memiliki keahlian di bidang bisnis anda untuk diajak kerja sama dengan sistem bagi hasil atau komisi. Melalui kerja sama tersebut, bisnis anda akan semakin berkembang dan kuat karena dukungan yang diberikan. 

Berbagai macam ide bisnis kreatif yang saat ini populer di masyarakat adalah bisnis di bidang kuliner, kecantikan, bahan bakar energi, jasa kesehatan, pendidikan dan retail. Selain mengacu pada beberapa tips diatas dalam menemukan ide bisnis kreatif yang cocok bagi anda, anda perlu melihat masalah di sekitar anda serta jeli melihat trend yang berkembang saat ini. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...