a

Tuesday, April 16, 2013

Investasi Emas Syariah

Sejak lama, investasi emas telah dikenal sebagai salah satu investasi jangka panjang yang paling menguntungkan. Investasi emas sejak dahulu juga telah menjadi investasi populer dan favorit dari berbagai kalangan masyakat karena nilai emas yang dipandang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Selain cara investasi emas secara konvensional dengan penyimpanan emas fisik di rumah, saat ini telah berkembang investasi emas syariah dengan menginvestasikan logam mulia anda di bank-bank syariah seperti Bank Mandiri Syariah, BRI Syaraiah, Bank HSBC Syariah, Bank Jabar Banten Syariah serta pegadaian.

Trend investasi emas syariah secara proses dan pelaksanaan tidak begitu rumit dan cukup mudah bagi investor pemula. 

Tips Dasar Investasi Emas Syariah

Tips dasar bagi pemula yang ingin mencoba peruntungan dengan berinvestasi emas adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan kondisi pasar dan harga emas di pasaran. Saat kondisi harga emas rendah, anda bisa melakukan investasi emas syariah di bank atau pegadaian. Pilihlah tempat investasi emas syariah dengan memperhatikan biaya paling rendah yang ditawarkan. Selain itu, pikirkan tujuan investasi emas syariah anda, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang sehingga anda dapat menentukan waktu dan profit harga investasi emas syariah yang paling sesuai.

Panduan Investasi Emas Syariah di Bank

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan investasi emas syariah, sebaiknya anda melakukan pengecekan kurs emas secara online dan membandingkan fasilitas yang ditawarkan oleh bank-bank syariah penyedia jasa investasi emas syariah yaitu bank-bank seperti Bank Mandiri Syariah, BRI Syaraiah, Bank HSBC Syariah, dan Bank Jabar Banten Syariah. Survey dan pembandingan harga sangat penting supaya anda terhindar dari kerugian selisih harga emas atau fasilitas pendukung lainnya. Prosedur umum investasi emas syariah di bank adalah dengan menempatkan dana tunai (cash) untuk dikonversikan ke sejumlah harga emas yang berlaku pada saat transaksi tersebut. Harga yang dijadikan tolak ukur adalah harga pada LME (London Metal Exchange) dengan minimum investasi emas 24 karat seberat 10 gram atau kelipatannya. Selanjutnya, nasabah akan mendapat bukti berupa sertifikat pembelian yang menerangkan jumlah emas dengan jangka waktu investasinya. 

Cara Investasi Emas Syariah di Pegadaian

Sebagai alternatif tempat investasi emas syariah selain di bank-bank syariah, pegadaian sejak beberapa tahun belakangan ini telah menyediakan jasa investasi emas syariah yang bisa dilakukan secara tunai (cash) maupun kredit. Bagi kalangan menengah ke bawah, jasa investasi emas syariah yang disediakan oleh pegadaian syariah ini dirasa lebih melegakan, ringan dan sangat menguntungkan karena mereka bisa menabung untuk mencicil biaya investasi emas tersebut tiap bulannya. Jasa investasi emas syariah yang ditawarkan oleh pegadaian syariah adalah MULIA atau Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi. Jenis layanan ini menawarkan investasi emas syariah secara kredit dengan jangka waktu investasi yang beragam mulai dari jangka waktu terpendek yaitu 6 bulan hingga jangka waktu yang paling lama yaitu 3 tahun. Berat minimum emas 24 karat dalam investasi emas syariah MULIA ini adalah 5 gram hingga berat maksimum emas 24 karat seberat 1 kilogram atau 1000 gram. Bagi anda yang berminat memulai investasi emas syariah ini, syarat yang diperlukan sangat mudah. Anda cukup membawa fotokopi KTP yang masih berlaku ke pegadaian syariah yang ada di kota anda. Disamping itu, anda akan dikenakan biaya administrasi investasi emas syariah sebanyak Rp. 50.000,- serta biaya kirim yang dinilai berdasarkan jumlah pembelian emas anda. Kelebihan lain dari investasi emas syariah ini ialah kebebasan dalam pembayaran cicilan kreditnya yang bebas dibayar tanggal berapapun selama belum berganti bulan sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap adanya denda keterlambatan pembayaran cicilan. 

Sebagai penutup, dengan membaca panduan dan prosedur investasi emas syariah di bank-bank dan pegadaian syariah yang telah diperinci diatas, semoga dapat mempermudah langkah anda dalam melakukan investasi emas syariah di institusi keuangan manapun yang anda pilih. 








 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...