Friday, May 10, 2013

Bisnis Kopi

Kopi merupakan hasil bumi yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki banyak khasiat bagi orang yang mengkonsumsinya. Khasiat kopi yang saat ini telah diuji oleh banyak peneliti adalah bahwa kopi dapat mencegah resiko penyakit diabetes hingga 50%. Kopi mengandung zat asam klorogenik dan trigonelin atau pro vitamin B3 yang dapat meningkatkan insulin dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Disamping itu, kopi mengandung zat kafein yang cenderung menyegarkan tubuh dan tidak mudah mengantuk. Selain memiliki banyak khasiat, meminum kopi nyatanya telah menjadi tradisi maupun gaya hidup bagi banyak orang di negeri ini. Hal ini sebenarnya bisa memberi ide bisnis bagi anda untuk mencoba peruntungan dalam mencoba bisnis kopi sebagai bisnis yang menghasilkan.

Bisnis kopi bisa dilakukan secara sederhana dengan membuka usaha warung kopi atau coffee shop jika anda memiliki modal yang sedikit berlebih. Untuk memulai bisnis kopi dalam bentuk warung kopi kecil-kecilan atau coffee shop, berikut beberapa panduan yang perlu anda ketahui dan laksanakan demi kelancaran bisnis kopi anda nantinya.

Panduan Bisnis Kopi bagi Pemula

Memulai bisnis kopi dalam bentuk warung kopi bisa anda lakukan secara rumahan atau menyewa ruko sebagai lokasi usaha. Pertimbangkan terlebih dulu target konsumen anda, apakah anda ingin menargetkan konsumen kelas bawah, menengah atau kelas atas. Bagi anda dengan modal kecil, anda dapat menargetkan konsumen kelas bawah hingga menengah sebagai langkah awal.

1. Untuk kelas bawah atau menengah, anda perlu memilih jenis kopi dengan harga bersahabat tetapi memiliki citarasa yang enak. Anda dapat menyediakan berbagai jenis minuman kopi instant selain bermacam-macam jenis biji kopi. 

2. Kenalilah selera masyarakat dan situasi ekonomi serta sosial dari target konsumen anda. Susunlah menu yang bervariasi dengan nama yang menarik pengunjung. Apabila anda berniat membuka warung atau kedai kopi di sekitar lingkungan kampus, sebaiknya anda memberikan variasi dan inovasi dalam penyajian dan cita rasa dari kopi anda karena kalangan mahasiswa menyukai minuman kopi yang unik dan memiliki tampilan menarik. Berkreasilah dengan memanfaatkan bahan-bahan seperti sirup, cokelat, krim, susu serta buah-buahan segar untuk dikombinasikan dengan racikan kopi anda. Harga jual kopi juga perlu dipertimbangkan karena untuk kalangan usia muda biasanya mereka tertarik dengan harga yang lebih bersahabat di kantong. Jika masyarakat sekitar lokasi usaha anda adalah kalangan pekerja kantoran, maka variasi dan inovasi dalam racikan kopi tidak terlalu diperlukan.

3. Berikan pelayanan yang ramah dan berkualitas. Entah bisnis kopi anda tergolong bisnis kopi kelas bawah, menengah, atau atas, memberikan pelayanan yang baik selalu dapat menarik pengunjung baru dan bisa mengembangkan bisnis kopi yang baru anda rintis. Bekalilah karyawan anda dengan etika dan sopan santun yang baik dalam melayani pelanggan serta jangan lupa untuk menyambut kedatangan tamu dengan senyum ramah. Selain itu, anda dapat memberikan pelayanan tambahan seperti memutarkan musik, memberikan bonus kopi untuk pembelian diatas beberapa cangkir kopi, fasilitas TV, menjaga kebersihan tempat usaha, tempat duduk yang nyaman, pencahayaan yang terang, desain warung yang menarik, fasilitas wifi, AC, dan sebagainya. 
4. Pelajarilah dengan detail cara meracik kopi yang tepat dan enak. Sebelum membuka bisnis warung kopi atau coffee shop anda, sebaiknya pelajari cara meracik kopi melalui sumber internet, buku, majalah, dll. Sebagai masukan, anda dapat memakai biji kopi yang baru digiling guna menghasilkan cita rasa kopi yang lebih kaya. 

5. Manfaatkan peluang menjual produk penunjang kopi untuk meningkatkan keuntungan. Sebagai saran, anda dapat menjual gorengan, makanan ringan, rokok, air mineral, majalah, di tempat bisnis kopi anda. Disamping itu, anda juga dapat menjual biji kopi dan kopi bubuk anda ke konsumen untuk menambah pendapatan.

6. Lakukan promosi yang tepat dan efektif untuk mengenalkan bisnis kopi anda ke masyarakat. Strategi promosi yang bisa anda jalankan adalah dengan membagi brosur, menyiarkan di radio lokal, memasang iklan, memajang spanduk/banner, pemberian diskon harga pembukaan, dan lainnya. 
Terlepas beberapa panduan bisnis kopi diatas, anda harus memiliki passion dalam bisnis kopi agar dapat lebih berhasil dalam proses perjalanan bisnis anda. Pelaku bisnis yang memiliki passion, akan lebih terdorong untuk secara konsisten menjalankan bisnisnya dan tidak mudah menyerah menghadapi berbagai kendala yang akan muncul dalam bisnisnya di masa depan.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...