Tuesday, April 30, 2013

Bisnis Cuci Motor

Bisnis cuci motor merupakan salah satu usaha modal kecil yang menguntungkan saat ini maupun di masa mendatang. Dengan memanfaatkan lokasi usaha di lahan sekitar rumah atau di halaman rumah anda, anda yang memiliki minat di bidang otomotif dapat mencoba bisnis yang berpotensi ini.

Menggunakan modal yang terbatas yang kurang dari jutaan, anda dapat memulai bisnis cuci motor kecil-kecilan dengan dibantu anggota keluarga atau orang-orang terdekat anda. 

7 Tips Mudah Memulai Bisnis Cuci Motor

1. Memilih Lokasi Bisnis Cuci Motor yang Strategis
Pemilihan lokasi usaha bisnis cuci motor merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis cuci motor anda. Pemilihan lokasi bisnis cuci motor ini sebaiknya bersebelahan dengan tempat yang ramai dilewati kendaraan bermotor atau dekat dengan pusat perbelanjaan. Jika lahan usaha anda berada di depan jalan besar, manfaatkanlah tempat tersebut sebagai lokasi bisnis cuci motor yang menjanjikan. 

2. Persiapkan Media Utama dan Pelengkap Bisnis Cuci Motor
Sebelum memulai bisnis cuci motor, pikirkan dan persiapkan berbagai sarana utama dan pelengkap yang diperlukan dalam menjalankan bisnis cuci motor tersebut. Anda terlebih dahulu wajib memperhatikan ketersediaan dan kualitas air sebagai media utama yang sangat diperlukan untuk mencuci motor. Cek apakah air yang tersedia mengandung kotoran-kotoran halus seperti pasir atau debu yang dapat mengendap di badan motor. Disamping itu, persiapkan berbagai peralatan mencuci motor misalnya lap cuci motor, ember, sikat motor, sabun khusus motor, vaselin, silikon, kompresor, solar, bensin, oli dan selang air.

3. Pelajarilah Seluk Beluk Bisnis Cuci Motor
Terlebih dahulu, anda harus mengetahui cara mencuci motor yang benar serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis cuci motor. Carilah informasi sebanyak-banykanya tentang penggunaan shampoo khusus motor, tekanan air yang dibutuhkan, cara pembilasan dan pengeringan motor. Jika anda memperkerjakan pegawai, jangan lupa untuk melatih dan mengajari mereka tentang cara mencuci motor yang tepat guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Desain Lokasi Bisnis Cuci Motor dengan Tampilan Menarik
Pada dasarnya, tidak masalah apakah lokasi bisnis cuci motor anda besar atau kecil asalkan didesain dengan tampilan menarik seperti menggunakan tema F1 atau MotoGP, mengecat ulang dinding lokasi usaha dengan tema lintasan balap motor, menggunakan seragam yang rapi, dst niscaya bisnis cuci motor anda akan dilirik banyak pengunjung karena keunikan dan kebersihannya. Untuk melakukan hal ini, anda tidak memerlukan biaya besar. Yang diperlukan hanyalah kreatifitas anda dan biaya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli cat, banner, seragam karyawan, dst.

5. Strategi Pemasaran Bisnis Cuci Motor yang Efektif
Dalam memulai bisnis cuci motor, anda bisa melakukan strategi promosi dan pemasaran yang efektif seperti dengan mencetak brosur atau flyer dan membagikannya pada pengemudi motor yang berhenti di lampu merah dan masyarakat di sekitar tempat tinggal anda. Tulislah kata-kata iklan yang menarik di brosur atau flyer tersebut. Anda dapat juga memberi bonus cuci motor gratis bila melakukan beberapa kali cuci motor di bisnis cuci motor anda. 

6. Lakukan Pengembangan Usaha Bisnis Cuci Motor
Pengembangan bisnis cuci motor dapat dilakukan dengan cara menjual makanan ringan atau minuman ringan pada pelanggan yang sedang menunggu motornya selesai dicuci. Selain itu, anda dapat juga menyediakan beragam onderdil motor atau sparepart motor serta perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, sepatu boot, dan lain sebagainya di sebuah etalase dekat bisnis cuci motor. 

7. Lakukan Inovasi Baru dalam Bisnis Cuci Motor
Agar tidak kalah dalam bersaing dengan bisnis cuci motor lainnya, lakukan inovasi dalam bisnis cuci motor misalnya dengan menyediakan jasa layanan antar jemput. Layanan antar jemput motor akan sangat memudahkan pelanggan yang sibuk bekerja namun perlu diingat anda harus menyediakan pula jaminan keamanan berupa surat kendaraan atau nomor bukti cuci motor. Disamping itu, anda dapat juga menjalin kerja sama dan bermitra dengan bengkel reparasi motor sehingga memperoleh lebih banyak keuntungan. Kerja sama ini bisa dilakukan dengan cara menawarkan jasa cuci motor panggilan ke bengkel reparasi motor tersebut. 

Demikianlah 7 tips mudah dan praktis dalam memulai bisnis cuci motor bagi anda yang berencana membuka bisnis cuci motor. Dengan kerja keras, keseriusan, keterampilan dan sistem pengelolaan yang baik, bisnis cuci motor selalu memiliki peluang positif untuk semakin berkembang di masa depan. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...