Tuesday, April 30, 2013

Wirausaha Modal Kecil

Di masa ekonomi sulit sekarang ini, banyak orang mendambakan memiliki usaha sendiri. Berbagai kalangan dengan beragam latar belakang seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja kantoran hingga pensiunan saat ini banyak yang mencoba berwirausaha dengan modal kecil demi menambah pundi-pundi rupiahnya. Meskipun demikian, usaha yang dibangun tanpa perencanaan dan strategi bisnis yang jelas dan matang akan mengakibatkan kegagalan maupun kebangkrutan usaha. Bagi anda, pelaku bisnis pemula yang berniat memulai wirausaha modal kecil sebagai bisnis sampingan, ada beberapa hal dasar yang perlu anda miliki. Hal dasar tersebut ialah tekad dan keyakinan yang kuat. Modal, sebenarnya juga diperlukan dalam merintis wirausaha anda akan tetapi cukup dengan bekal niat dan keahlian yang mumpuni, niscaya anda pun dapat meraih kesuksesan dalam berwirausaha.

Tips Merintis Wirausaha Modal Kecil


Sebagai pelaku bisnis pemula yang mulai merintis wirausaha modal kecil, faktor utama penentu kesuksesan dan berkembangnya bisnis wirausaha anda sebenarnya adalah kreativitas dan kejelian anda melihat peluang bisnis wirausaha yang ada di masyarakat. Modal hanya sebagai bahan bakar penunjang keberhasilan wirausaha anda sehingga tidak menjadi masalah apakah modal yang anda miliki tersebut berjumlah kecil atau besar. Berikut ini adalah tips dan panduan bagi anda sebagai wirausaha pemula yang ingin merintis wirausaha modal kecil:

Kumpulkan dana yang anda miliki sebagai modal seadanya untuk memulai wirausaha modal kecil anda.
Lakukan penelitian pasar dan amati peluang yang tersedia di lingkungan sekitar anda. Anda diharapkan dapat dengan jeli melihat peluang wirausaha yang tidak hanya diperkirakan dapat berkembang di masa sekarang tapi juga di masa 3-4 tahun mendatang.
Pikirkan jenis wirausaha yang sesuai dengan minat dan keahlian anda.
Terapkan pemikiran positif dan milikilah kesiapan mental dalam diri anda untuk terjun sepenuhnya dalam wirausaha modal kecil anda.
Mintalah pendapat dan bimbingan dari teman, kenalan, keluarga atau kerabat anda yang telah berpengalaman dan berhasil dalam berwirausaha.
Cobalah meningkatkan skill atau keterampilan yang anda miliki guna menunjang jenis wirausaha yang anda akan geluti. Peningkatan keterampilan dapat anda lakukan dengan mengikuti training, seminar, kursus atau belajar secara otodidak melalui berbagai sumber.
Setelah memutuskan jenis wirausaha modal kecil yang tepat bagi anda, sebaiknya anda segera memikirkan rencana usaha dan strategi promosinya sehingga dalam prosesnya anda tidak akan mengalami kesulitan dan kebimbangan.
Beberapa Macam Wirausaha Modal Kecil
Dewasa ini, banyak jenis wirausaha modal kecil yang dapat anda pertimbangkan dan pilih sebagai wirausaha anda.  Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa macam wirausaha modal kecil yang sangat mudah dilakukan di rumah sendiri.
Rental Komputer dan Warnet sebagai Wirausaha Modal Kecil
Perangkat komputer saat ini merupakan peralatan teknologi yang pastinya sangat dibutuhkan setiap orang, entah itu pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, maupun ibu rumah tangga. Bagi anda yang memiliki dua atau lebih perangkat komputer dan printer, anda bisa membuka wirausaha modal kecil yaitu rental komputer kecil-kecilan di rumah. Anda bisa menawarkan juga jasa pengetikan bagi pelanggan yang membutuhkan jasa pengetikan. Disamping itu, jika lokasi rumah anda berada dekat dengan sekolah atau universitas, anda bisa membuka bisnis warnet kecil-kecilan dengan memasang jaringan internet di komputer anda.
Laundry sebagai Wirausaha Modal Kecil
Meskipun terlihat sebagai jenis wirausaha modal kecil yang sepele, usaha laundry merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Selain tidak mengenal musim, masyarakat perkotaan cenderung rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk me-laundry pakaiannya karena masalah keterbatasan waktu.
Salon sebagai Wirausaha Modal Kecil
Membuka wirausaha salon di rumah sendiri tidak memerlukan modal yang besar. Harga peralatan salon yang kini sangat terjangkau dapat mempermudah anda dalam menggeluti wirausaha modal kecil ini. Meskipun begitu, agar sukses merintis bisnis ini, anda perlu selalu meningkatkan keahlian anda dalam menguasai teknik memotong rambut dan mengikuti trend rambut terbaru lainnya dengan cara mengikuti kursus ketrampilan atau training singkat.
Online Shop sebagai Wirausaha Modal Kecil
Untuk melakukan wirausaha modal kecil ini, hanya diperlukan perangkat komputer dan akses internet di rumah. Kelebihan wirausaha jenis ini adalah waktunya yang fleksibel dan anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk menyewa tempat usaha. Selain itu, anda bisa menjual berbagai jenis produk dari makanan hingga kendaraan pada online shop anda.
Sebagai penutup, dari berbagai tips dan jenis wirausaha modal kecil yang telah dijelaskan diatas, semoga anda sebagai pemula yang ingin memulai berwirausaha dapat memperoleh panduan yang jelas dalam merintis usaha dan menentukan jenis wirausaha yang tepat bagi anda.




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...