a

Tuesday, April 30, 2013

Bisnis Reseller

Bisnis reseller atau affiliasi yang tengah berkembang di masyarakat pada dasarnya merupakan bisnis menjual kembali produk pihak lain dengan berbagai keuntungan seperti berikut.

Memiliki resiko kerugian yang minim karena anda hanya perlu menjual kembali produk tersebut dan tidak perlu melakukan pembelian produk terlebih dahulu
Tidak perlu repot dalam proses pembuatan produk dan update produk karena hal tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak pemilik produk
Bisa menguasai pasaran, memperluas jaringan serta mengenal lokasi yang mungkin dapat membantu usaha anda nantinya
Apabila anda merupakan pemula yang berniat memulai bisnis reseller, sebaiknya anda terlebih dulu mengetahui beberapa kemungkinan kendala yang akan hadapi dalam bisnis ini, yaitu:
Kurang memahami strategi pemasaran dan promosi yang tepat sehingga kalah bersaing dengan kompetitor lama.
Kurang mengerti situasi pasar karena kurangnya pengalaman dalam bisnis reseller.
Kurangnya pengetahuan akan produk yang dijual
Namun demikian, kendala-kendala dalam bisnis reseller tersebut dapat diatasi dengan beberapa solusi seperti di bawah ini.

13 Solusi Kesuksesan Bisnis Reseller

1. Sebelum memutuskan menjadi reseller produk, carilah berbagai informasi mengenai sistem operasional bisnis reseller melalui diskusi dengan pemilik produk atau secara online.
2. Pilihlah produk reseller yang banyak diminati konsumen dan berbeda dengan produk reseller lainnya, misalnya produk reseller merk baru.
3. Carilah jenis produk reseller yang berkualitas bagus dan terjamin sehingga lebih meyakinkan calon pembeli tentang keamanan produk tersebut. 
4. Selidiki dan pelajari berbagai hal tentang produk yang akan anda jual. Cari tahu tanggal pembuatan produk, jangka waktu peredaran produk di pasaran, bahan pembuatan, dan sebagainya.
5. Maksimalkan promosi secara online melalui berbagai media misalnya jejaring sosial, situs jual beli, blog, dsb serta promosi secara offline dengan bantuan kerabat, rekan kerja, saudara, dll.
6. Tetapkan harga jual yang bersaing dibandingkan produk reseller kompetitor lain agar menarik banyak pelanggan. Disamping itu, anda perlu menetapkan harga jual yang tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah agar anda memperoleh keuntungan yang sepadan dengan kerja keras anda. 
7. Tingkatkan kualitas servis anda dan berikan servis tambahan jika perlu. Dengan pelayanan yang baik dan ramah, konsumen akan lebih terikat, lebih percaya dan menjadikan anda langganan tetapnya. Sebagai contohnya, anda dapat memberikan konsultasi make up gratis jika produk yang anda jual adalah produk kosmetik. Selain itu, anda dapat menyediakan konsultasi gratis tentang produk anda melalui media SMS, Facebook, atau Yahoo Messenger.
8. Jika memungkinkan, buatlah sebuah website preseller yang menjabarkan deskripsi produk secara rinci dan detail serta beberapa alasan mengapa pembeli akan lebih diuntungkan jika membeli produk tersebut melalui anda.
9. Jangan ragu untuk memberikan bonus hadiah tambahan pada konsumen jika membeli diatas jumlah pembelian rata-rata. 
10. Bagi anda yang memasarkan produk reseller secara online, bis disertai juga dengan terstimonial dari para pembeli lainnya agar lebih meyakinkan calon pembeli baru.
11. Cantumkan juga nomor telepon atau kontak email yang selalu dapat dihubungi sehingga konsumen dapat selalu menghubungi anda dan tidak kecewa. 
12. Segera lakukan langkah-langkah dan strategi pemasaran yang telah dijelaskan sebelum kalah cepat dengan kompetitor lain. 
13. Jalin relasi yang akrab dan sosialisasi yang mendalam dengan orang-orang di sekitar anda seperti rekan kerja, teman lama, saudara, tetangga dan lainnya guna membuka jalan kesuksesan pemasaran dan pengembangan bisnis reseller anda.

Semoga dengan membaca artikel ini, anda sebagai pemula yang hendak menggeluti bisnis reseller dapat meraih kesuksesan dengan lebih mudah dan lancar. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif, optimis, bekerja keras dan berdoa agar usaha anda lebih cepat berhasil. 













 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...