a

Thursday, April 25, 2013

Berubah Sekarang

Dua orang pemuda bersiap untuk mulai menuruni sebuah gunung terjal di benua Amerika. Setelah berjalan selama dua jam tibalah mereka di sebuah tikungan curam dan betapa terkejutnya  mereka ketika melihat seekor beruang grizzly betina bersama dua anaknya yang masih kecil. Beruang grizzly betina terkenal sangat protektifterhadap anak-anaknya dan merasa sangat curiga jika ada makhluk hidup lain yang berdiri dekat dengannya. Tanpa berpikir panjang, kedua pemuda itu berlari dengan sekuat tenaga karena mereka sangat tabu bahwa mereka bukan lawan yang sepadan menghadapi si beruang. Beruang itu pun dengan cepat mengejar kedua pemuda yang lari tunggang langgang itu. Setelah berlari lebih dari lima menit, salah seorang dari pemuda itu dengan tergopoh-gopoh meminta temannya untuk berhenti. Temannya begitu kaget dan bingung mengapa dalam situasi yang begitu menakutkan sahabatnya memintanya berhenti. Ternyata pemuda pertama dengan cepat membuka sepatu botnya yang berat dan dengan segera menggantikannya dengan sepatu olahraga yang ada di dalam tasnya. Kemudian, ia melepaskan semua beban yang ada di badannya dan siap berlari lagi. Temannya yang sedari tadi memperhatikannya tertawa dan berkata, "Karim benar-benar gila, kita berdua takkan dapat lari dari terkaman beruang itu walau sepatumu kamu ganti" Tanpa menghiraukan ocehan temannya, si pemuda yang satu bergegas berlari lagi sambil berseru, "Aku tidak perlu berlari lebih cepat daripada si beruang, aku cukup berlari lebih cepat daripada kamu." Anekdot lucu ini mengingatkan kita untuk tidak menunggu semuanya berubah tepat sesuai dengan kondisi dan waktu yang kita inginkan.

Ketika kondisi ekonomi lesu, sering kali banyak orang menunggu agar kondisi berubah menjadi lebih baik terlebih dahulu baru bergerak. Ada dua jenis ikan yang hidup di dalam dua air yang berbeda. Ikan pertama adalah ikan air laut flounder (ikan laut yang berbentuk gepeng) yang hidup di dasar laut dan mempunyai kebiasaan malas dengan menunggu mangsanya menghampirinya.  Ia jarang bergerak dan menyerah pasrah Ikan Flounder pada gelombang laut yang membawanya  ke mana saja. Ikan flounder adalah ikan yang mudah ditangkap karena ia jarang bergerak, para nelayan cukup hanya menginjaknya. Ikan kedua adalah ikan trout (ikan yang hidup di air tawar). 

Trout adalah ikan lincah yang berenang dengan cepat dan sukanya melawan arus. Ia sangat pemilih dalam mencari makanan. Ia secara bebas memutuskan kapan harus bergerak dan kapan harus beristirahat. Ikan trout adalah salah satu ikan yang sulit ditangkap karena kelincahannya. Manusia pun dapat dikategorikan seperti kedua ikan tersebut. Manusia flounder bereaksi pasrah terhadap apa pun yang terjadi di dalam hidupnya sedangkan manusia trout berpikir cepat dan tidak terpengaruh oleh Ikon Trout keadaan di sekelilingnya. Manusia flounder menunggu semuanya berubah, sedangkan manusia trout berubah sesuai keinginannya. Perbedaan yang mendasar inilah yang sering membedakan mereka para juara dan para pecundang. Ketika kondisi buruk terjadi, hal yang sama juga dirasakan oleh pesaing kita. Anda tidak mampu mengubah situasi ekonomi karena hal itu di luar kontrol dan kemampuan Anda. Satu-satunya hal yang dapat menyelamatkan Anda adalah ketika Anda mengambil tindakan untuk mulai berubah, mulai dari diri Anda sendiri. Jadi, bersikaplah seperti Wan Trout dan Bergeraklah Terus!!

Perubahan-Perubahan memiliki kekuatan untuk mengangkat, menyembuhkan, mendorong, memberikan unsur kaget, membuka pintupintu haru, mendatangkan pengalaman yang menantang dan menciptakan kegembiraan dalam hidup. Tentu layak untuk dipertaruhkan
By: Leo Buscaglia
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...