Tuesday, February 26, 2013

Kebebasan Finansial

Adakah sebuah rumusan untuk menciptakan kebebasan finansial? Apakah semua jutawan  mengambil langkah yang sama untuk mengumpulkan keberuntungan mereka? Berikut ini ada beberapa langkah untuk menuju kebebasan finansial.

1. Gunakanlah Pola Pikir Miliuner
Pertama, pelajari dan gunakanlah pola pikir seorang miliuner. Cara berpikir miliuner berbeda karena itu tindakan yang dilakukan tidak sama sehingga hasil yang diperoleh jauh berbeda pula. Sebagai contoh, ketiga gagal para miliuner memandangnya sebagai pengalaman belajar sedangkan orang biasa hanya merasakannya sebagai kegagalan. Pada saat mengadopsi paham dan kebiasaan-kebiasaan seorang miliuner, persepsi terhadap dunia akan berubah sama sekali dan Anda akan menyadari ada begitu banyak kesempatan untuk menghasilkan uang.

2. Menetapkan Tujuan-Tujuan Finansial yang Jelas
Kesehjateraan tak akan terwujud secara kebetulan. Kesejahteraan selalu dimulai dengan tujuan yang jelas dalam pikiran kita. Banyak orang ketika ditanya berapa target pendapatan mereka atau berapa nilai kekayaan yang mereka inginkan, jawaban standar yang biasa keluar dari mulut mereka adalah "sebanyak mungkin yang bisa saya dapatkan". Ini adalah penyebab utama yang membuat mereka tak akan pernah dapat mencapai tingkat kekayaan itu. Tanpa adanya angka spesifik sebagai fokus, Anda tak akan pernah dapat mengembangkan sebuah strategi untuk mencapainya. Anda harus secara spesifik menyebutkan berapa jumlah uang yang ingin Anda capai. Misalnya saya ingin mempunyai kekayaan sebesar 1 miliar atau misalnya saya ingin mempunyai pendapatan per bulan 100 juta. Dengan begitu, Anda dapat tampil dengan rencana yang realistis untuk dilaksanakan.

3. Menciptakan Sebuah Rencana Finansial
Sekali telah menetapkan target finansial yang spesifik tentang berapa banyak uang yang ingin dikumpulkan, Anda dapat mengembangkan rencana efektif untuk mencapainya. Sebagai contoh, apabila tujuan Anda adalah mengumpulkan harta senilai 1 miliar pada tanggal tertentu, Anda harus membuat rencana tentang berapa banyak dana yang ditabung dan diinvestasikan setiap bulannya, berapa tingkat keuntungan yang harus diperoleh dari investasi tersebut, dan perkiraan waktu yang akan dibutuhkan untuk itu. Sebagian besar orang tak pernah berhasil mencapai mimpi finansial mereka hanya karena mereka tak memiliki rencana finansial untuk mewujudkannya.

4. Meningkatkan Pendapatan Anda secara Drastis
Setelah membangun rencanan finansial, sebagian besar orang cenderung kecil hati pada awalnya. Mereka melihat rencana tersebut dan menyadari dengan jumlah pendapatan yang mereka terima dan tabungan saat ini, akan perlu waktu puluhan sebelum kekayaan terwujud. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk belajar cara mempercepat dan memberi tenaga kuat pada rencana finansial dengan mengambil langkah untuk meningkatkan pendapatan Anda secara besar-besaran. Saran saya, coba ikuti seminar-seminar cara menjadi kaya, cara mengatur keuangan, trik-trik bisnis, membeli properti, dll. Itu semua bisa meningkatkan pendapatan Anda secara drastis. Jangan pelit untuk mengeluarkan uang untuk pengetahuan bisnis. Lebih baik Anda berinvestasi mengeluarkan uang untuk mengikuti seminar-seminar bisnis daripada Anda hanya mengeluarkan uang untuk mengganti Gadget Anda setiap tahun.

5. Kelola Uang Anda & Kurangi Pengeluaran
Banyak orang yang berpikir bahwa dengan meningkatkan pendapatan, kekayaan mereka akan bertambah secara otomatis. Sayangnya, peningkatan pendapatan hanyalah satu sisi dari persamaan kekayaan. Ada orang-orang yang memiliki pendapatan 10 juta dan merugi setiap bulannya, tetapi ada juga orang-orang yang menerima 50 juta dan masih tetap merugi setiap bulannya. Apabila kita tidak mengelola pendapatan, pengeluaran kita akan ikut naik seiring dengan kenaikan pendapatan dan menghapus seluruh surplus dana yang kita miliki.

6. Kembangkan Uang Anda dengan Tingkat Keuntungan Para Miliuner
Dengan meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran, Anda akan temukan bahwa Anda mampu mengakumulasikan surplus dana yang dapat digunakan untuk membangun kesejahteraan. Hal ini perlu dilakukan karena tak peduli betapapun kerasnya upaya untuk bekerja dan menabung, kekayaan yang luar biasa tak akan mampu diraih kecuali Anda belajar bagaimana membuat uang bekerja untuk Anda. Semua miliuner meyakini sebagian besar kekayaannya berasal dari investasi yang mereka lakukan karena mereka tahu bahwa sekedar bekerja untuk uang tak akan membuat mereka kaya. Maka mulailah belajar untuk berinvestasi.

7. Lindungi Kekayaan Anda
Tak ada gunanya bekerja keras mengumpulkan kekayaan hanya untuk menyaksikan semuanya terengut dari genggaman Anda. Banyak orang bekerja selama puluhan tahun mengumpulkan harta kekayaan hanya untuk melihat hasil jerih payahnya lenyap oleh kecelakaan, penyakit yang tak terdeteksi, atau melalui tuntutan hukum yang tak terduga. Para miliuner bekerja sama dengan para profesional seperti penasihat asuransi, pengacara dan akuntan untuk membantu mereka membangun benteng finansial sehingga kekayaan mereka terlindung dari pada kreditur, calon penggugat, dsb.
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...