a

Tuesday, May 14, 2013

Manfaat Investasi

Tidak sedikit orang di jaman modern ini yang memiliki investasi dalam berbagai bentuk misalnya properti, tanah, emas, saham, dan sebagainya untuk berbagai tujuan. Menilik pengertian dari kata investasi itu sendiri, investasi di bidang ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatan penanaman dana yang dimiliki oleh seorang individu guna mendapat keuntungan melalui suatu lembaga atau badan tertentu yang ada di masyarakat. Beragam manfaat investasi yang bisa diperoleh oleh investor sering mendorongnya melakukan bermacam jenis investasi untuk tujuan jangka waktu pendek, menengah dan jangka waktu panjang. Berdasarkan survey sebuah media cetak nasional yaitu “Sinar Harapan”, alasan seseorang untuk melakukan investasi antara lain adalah karena pengaruh harga bebagai jenis kebutuhan hidup yang semakin meningkat, penurunan produktifitas seseorang, serta ketidakstabilan situasi perekonomian yang mengakibatkan lebih kecilnya penghasilan daripada pengeluaran.  Hal yang paling penting dalam berinvestasi adalah perlunya mengenali berbagai elemen resiko terhadap modal dalam jenis investasi yang akan anda pilih nantinya. Sangat penting untuk disadari bahwa semakin besar resiko terhadap modal yang anda keluarkan maka akan semakin tinggi pula potensi untuk pengembalian modal. Sebelum memutuskan untuk menginvestasikan dana anda, anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting seperti kemampuan membayar hutang di masa depan, kepemilikan dana cadangan atau tabungan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, dan kondisi ekonomi di pasar. 

Manfaat Investasi Untuk Masa Depan

Secara umum, ada beberapa manfaat investasi bagi masa depan yang bisa didapat investor dalam rangka mengamankan rencana-rencana dalam hidupnya. Sebagai contoh, setiap orang memiliki berbagai rencana di masa mendatang yang ingin diwujudkannya entah berupa rencana haji ke tanah suci, menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, renovasi rumah, menikah, tindakan antisipasi terhadap musibah seperti kecelakaan, sakit, dan hal-hal lainnya yang tidak terduga. Manfaat umum investasi untuk masa depan investor adalah sebagai berikut.

Memperoleh jaminan pendapatan tetap
Dengan memiliki sebuah aset investasi, seorang investor akan merasa terjamin karena dengan aset investasinya tersebut ia nantinya dapat memanen keuntungan dari penjualan asetnya yang selalu dinilai dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembeliannya di masa lalu. Dengan kata lain, aset atau dana yang diinvestasikan itu bisa bekerja menghasilkan uang sendiri tanpa membutuhkan kerja keras investor sehingga di masa depan keuntungannya akan terakumulasi untuk dinikmati investor. 

Mendorong gaya hidup hemat
Investasi dapat bermanfaat sebagai pendorong gaya hidup hemat. Mengapa demikian? Investasi dalam bentuk asuransi yang perlu dibayar preminya tiap bulan sejumlah yang telah disepakati sebelumnya oleh investor akan memicu timbulnya sikap hidup hemat “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian”. Memang pemotongan biaya hidup sehari-hari diperlukan untuk dapat menikmati besarnya hasil investasi yang akan didapat di kemudian hari.

Mencegah adanya jeratan hutang
Bermacam-macam kebutuhan hidup dan barang mewah sering menjadi godaan untuk bergaya hidup konsumtif dan modern. Hasrat memiliki beragam gadget terbaru, fashion branded terkini, godaan liburan ke luar negeri, dan keinginan membeli kendaraan mewah acapkali membuat seseorang lepas kendali dalam mengelola keuangannya sehingga tidak jarang dapat berakhir dengan terlilitnya hutang di bank atau pada kerabat kenalan. Melakukan investasi dalam bentuk asuransi atau tabungan dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang diperoleh per bulan secara rutin akan menciptakan suatu komitmen yang dapat menjadi solusi terhadap kemungkinan adanya jeratan hutang yang mungkin terjadi.

Menciptakan kebahagiaan hidup dalam keluarga
Manfaat investasi yang terakhir ialah menciptakan kebahagiaan dalam keluarga mengingat banyaknya rencana keluarga yang perlu dipenuhi di masa depan seperti liburan ke tempat favorit, biaya pendidikan anak, dan dana cadangan terhadap kejadian yang tidak diharapkan seperti sakit atau meninggal. Kebahagiaan keluarga dapat semakin terjaga dan terjamin jika keperluan keluarga dapat terpenuhi dengan jalan melakukan investasi pada program asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan sebagainya.

Semoga setelah memahami pengertian investasi dan manfaat investasi yang telah dijelaskan dalam artikel ini, anda dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam dalam berinvestasi. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...