a

Monday, May 6, 2013

Usaha untuk Mahasiswa

Memiliki usaha yang dapat dirintis sejak usia muda dapat menjadi hal yang menguntungkan di masa depan.  Di masa ini, banyak mahasiswa yang telah sukses merintis usaha sejak duduk di bangku kuliah. Dengan usia yang muda dan kuantitas waktu luang yang tersedia sebagai mahasiswa, memulai suatu usaha dengan serius dan tanggung jawab tentunya akan bisa menjadi peluang usaha yang potensial untuk mendapat penghasilan tambahan guna membayar uang kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya. Usaha untuk mahasiswa yang dapat dicoba ada banyak jenisnya seperti yang akan diperinci dibawah ini.

Jenis-Jenis Usaha untuk Mahasiswa

Tidak ada salahnya memulai suatu usaha sambilan sambil menjadi mahasiswa. Selain mendapat penghasilan tambahan, anda sebagai mahasiswa juga dapat menambah pengalaman serta kenalan baru. Berikut ada beberapa jenis usaha untuk mahasiswa bagi anda para mahasiswa yang ingin lebih mandiri secara finansial. 

1. Usaha Jasa Penerjemahan dan Pengetikan
Bagi mahasiswa yang menguasai bahasa asing atau mengambil jurusan bahasa asing, anda dapat menawarkan jasa penerjemahan dan pengetikan skrispsi atau makalah kepada teman-teman anda. Selain itu, anda dapat pula membuka usaha jasa penerjemahan dan pengetikan di rumah dengan memasang spanduk sederhana di depan rumah anda.  

2. Usaha Les Privat atau Tutor
Jenis usaha untuk mahasiswa selanjutnya adalah usaha les privat atau tutor. Mahasiswa dari sega jurusan dapat memulai usaha les privat atau tutor kepada anak-anak sekolah dasar yang memiliki pelajaran yang tergolong mudah seperti matematika dasar, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dll. Pergunakan waktu luang anda untuk memberikan les privat atau menjadi tutor bagi murid-murid anda tersebut. Untuk promosinya, anda dapat membuat brosur, menyebarkannya ke rekan-rekan anda atau menempelkannya di papan pengumuman kampus. 

3. Usaha Pembuatan Website
Berikutnya, bagi mahasiswa yang mahir membuat website dan blog pribadi, anda bisa menggunakan skill anda tersebut sebagai peluang usaha. Hal ini dapat anda mulai dengan menawarkan jasa pembuatan website dan blog melalui pemasangan iklan di internet dan dengan cara mouth to mouth promotion kepada kenalan-kenalan anda di kampus dan luar kampus. 

4. Usaha Jasa Antar Jemput
Meskipun jenis usaha untuk mahasiswa yang satu ini cenderung sedikit peminat, usaha jasa antar jemput bisa sangat menguntungkan bagi mahasiswa yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Anda dapat mencoba menjadi supir atau ojek antar jemput bagi teman-teman kuliah anda sendiri maupun orang-orang terdekat anda misalnya para tetangga atau buah hati mereka tiap pagi untuk berangkat ke kampus, kantor atau sekolah. 

5. Usaha Reseller Produk
Sebagai mahasiswa, tentunya usaha reseller produk yang praktis dan fleksibel dapat menjadi salah satu solusi usaha yang menjanjikan. Anda dapat menjadi reseller berbagai macam produk seperti kosmetik, fashion, tas wanita, jam tangan, makanan ringan, obat herbal, dan sebagainya untuk dijual kepada teman-teman kuliah anda. 

Tips Sukses Usaha untuk Mahasiswa

Terlepas masih banyaknya jenis usaha untuk mahasiswa lainnya, terdapat beberapa tips demi suksesnya usaha anda. Tips pertama, sebagai mahasiswa yang masih muda anda harus berani melakukan action sebanyak-banyaknya dalam mencoba suatu usaha. Jangan mudah menyerah bila gagal dalam suatu bisnis, coba lagi dan carilah ilmu dan pengalaman yang dapat menghebatkan diri anda dalam dunia bisnis. Tips kedua, gunakan cara pemasaran yang efektif seperti penentuan harga yang bersahabat, pemberian diskon, bonus hadiah pembelian di atas jumlah rata-rata, pelayanan yang ramah, dan sebagainya untuk menarik konsumen. Tips selanjutnya, and perlu selalu jeli melihat peluang. Lihat sekeliling anda apakah ada suatu masalah yang dapat dijadikan peluang usaha seperti tidak adanya jasa perbaikan printer, jasa percetakan makalah, susahnya mencari produk tertentu dll. Tips terakhir, perluaslah pergaulan anda dengan bergabung di berbagai kegiatan dan komunitas yang dapat mengembangkan usaha anda. 
Semoga penjelasan mengenai jenis-jenis usaha untuk mahasiswa dan tips sukses diatas dapat berguna dan menjadi pedoman bagi anda para mahasiswa yang berniat memulai suatu usaha sampingan sambil berkuliah. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...