Sunday, April 14, 2013

Cara Bermain Saham

Kemajuan cara berpikir masyarakat di jaman modern ini mendorong munculnya beragam cara dalam berinvestasi. Cara dan metode yang bervariasi telah dilakukan masyarakat dalam berinvestasi emas, property dan saham. Dalam investasi emas dan property tentunya lebih mudah dan dipandang tidak terlalu rumit dibandingkan dengan investasi saham. Cara bermain saham dalam investasi saham yang lebih beragam dan penuh trik dapat menjadi pedang bermata dua bagi investor pemula. 

Investor pemula yang belum mahir menguasai cara bermain saham akan lebih mudah mengalami kerugian dibandingkan keuntungan. Disamping modal dana yang diperlukan oleh investor untuk membeli saham, ketelitian analisa serta pengetahuan tentang cara bermain saham pastinya sangat diperlukan. 

Cara Bermain Saham: Pembelian Saham

Tahap awal dalam bermain saham adalah dengan melakukan pembelian saham. Untuk menjadi investor saham atau pembeli saham anda harus terlebih dahulu menjadi nasabah di perusahaan sekuritas. Dengan mengunjungi perusahaan sekuritas untuk mendaftar menjadi nasabah, anda akan diharuskan untuk mengisi formulir nasabah baru. Lengkapilah formulir pendaftaran tersebut serta serahkan syarat umum berupa fotokopi KTP yang masih berlaku pada petugas. Setelah itu, anda akan diminta untuk mentransfer dana tunai (cash) sebagai deposit awal ke rekening broker anda yang sebelumnya telah ditentukan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Setiap broker menentukan jumlah deposit awal yang berbeda bagi investor. Setelah selesai dengan prosedur pembelian saham, anda akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara bermain saham yang aman dan profitable bagi investor pemula. 

Cara Bermain Saham yang Aman

Sebagai pemula yang baru terjun dalam dunia investasi saham, anda perlu mengetahui dan mempelajari cara bermain saham yang tak hanya aman tapi juga menguntungkan. 

Diharapkan anda untuk tidak menyerahkan keputusan sepenuhnya pada broker. Bagi investor pemula, anda harus mengerti bahwa seorang broker secara profesi hanya diperbolehkan dalam pemberian saran dan sangat tidak diijinkan dalam penentuan keputusan  Pengambilan keputusan adalah bersifat mutlak di tangan investor.

Milikilah manajemen keuangan dalam bermain saham. Agar terhindar dari kerugian yang besar, seorang investor pemula disarankan untuk bermain saham dalam jumlah yang tidak begitu besar misalnya Rp. 10.0000.0000,- atau Rp. 20.000.000,- terlebih dahulu. Alangkah lebih bijaksana untuk memiliki prinsip perlahan tapi pasti dalam bermain saham bagi pemula sehingga anda akan bisa semakin belajar dan menambah pengalaman dalam memahami cara bermain saham yang tepat dan menguntungkan. Setelah anda dirasa lebih menguasai cara permainan saham, anda dapat menambah jumlah dana yang diinvestasikan dengan selalu melakukan pemantauan terhadap jumlah dana anda tersebut supaya tidak habis atau berkorang jika harga saham pasaran turun. 

Supaya lebih aman, pilihlah jenis industri yang anda lebih pahami atau minati dalam berinvestasi saham. Jangan lupa untuk mempelajari latar belakang dan sejarah industri tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Semakin berkembang industri tersebut akan semakin potensial pula bagi anda. 

Pertimbangkan untuk memilih berinvestasi pada jenis saham yang mempunyai track record yang bagus dan kapitalisasi pasar yang besar. Disamping itu, anda juga perlu memperhatikan apakah saham itu memiliki PE terendah dalam industrinya. Secara rinci, PE merupakan perbandingan antara pasar saham tiap lembar dibagi dengan pendapatan bersih (net income) tiap lembar saham. 

Amatilah sentimen pasar saham. Hal ini dibutuhkan mengingat meskipun kapitalisasi saham besar dan PE saham rendah, sentimen pasar sering menjadi acuan bagi naik tunrunnya harga saham. Sentimen pasar yang perlu anda perhatikan contohnya seperti angka inflasi, suku bunga bank sentral, angka permintaan retail, angka kemampuan beli konsumen, angka laju pertumbuhan ekonomi, serta sentimen konsumen. 

Semoga langkah pembelian saham dan cara bermain saham yang telah dijelaskan diatas dapat memberi petunjuk dan panduan yang lebih jelas bagi para investor pemula yang berniat terjun dalam dunia investasi saham. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...