a

Monday, November 26, 2012

Panduan Membeli Rumah

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli sebuah properti. Berikut ini dipaparkan satu per satu.

1. Pelajari Lingkungan Lokasi
Melihat-lihat material bangunan yang akan dibangun adalah langkah awal yang harus dilakukan agar mendapatkan bangunan yang sesuai keinginan. Begitu menemukannya, Anda dapat melihat-lihat kualitas rumah yang sudah atau sedang dibangun. Bila menemukan tumpukan batu bata atau material lainnya di kaveling tersebut, jangan langsung beranggapan bahwa kaveling tersebut sudah terjual. Memang, ada kalanya pengembang inin memberi kesan proyek mereka dan kaveling yang Anda minati juga diminati banyak orang. Dalam hal ini, yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei lokasi baik sebelum maupun sesudah menemui pengembang atau bagian pemasaran.

Survei lokasi penting dilakukan karena beberapa alasan. Selain untuk mengetahui kondisi fisik rumah, survei lokasi dilakukan untuk mengetahui kondisi situasi di sekitar lokasi. Dengan demikian, paling tidak Anda mendapatkan informasi apakah di sekitar lokasi sering terjadi banjir, rawan kejahatan, atau kesulitan transportasi umum. Sebaiknya lakukan survei lokasi 2-4 kali pada :
- hari libur/minggu, biasanya banyak tim marketing yang bisa ditemui sehingga Anda dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya;
- hari kerja, terutama pada jam-jam sibuk (pagi atau sore);
- saat hujan, untuk mengetahui apakah di lokai atau di sekitar lokasi terkena banjir; dan
- saat malam hari untuk mengetahui situasi di sekitar lokasi apakah ada pengamanan dan lampu penerangan jalan.

2. Status tanah
Carilah informasi melalui masyarakat sekitar tentang status rumah dan tanah tersebut, apakah sudah dibebaskan atau masih dalam sengketa. Lakukan juga investigasi rumor atau berita yang beredar tentang rencana pembangunan di wilayah tersebut, misalnya apakah akan ada rencana pelebaran jalan atau pembangunan bendungan. Selain itu, gali juga informasi seputar pembangunan apakah sesuai yang direncanakan beserta fasilitas yang akan dibangun dari para penghuni lama. Hal ini untuk memastikan kalau Anda benar-benar akan membeli properti yang tidak bermasalah baik bangunan ataupun lingkungannya.

3. Harga
Faktor harga rumah memang relatif, yaitu bergantung kepada budget dan kebutuhan pembeli. Sebaiknya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, lakukan perbandingan harga rumah yang berlaku pada saat itu menurut jenis wilayah rumah tersebut. Mengetahui harga pasaran rumah akan membuat Anda menemukan harga yang terbilang wajar. Untuk mengetahui pasaran harga, Anda dapat meminta pendapat tentang lokasi atau rumah tersebut kepada agen properti, sahabat, orang tua, masyarakat sekitar, atau pejabat terkait.

Menentukan Lokasi
Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak menjatuhkan pilihan pada sebuah rumah, yaitu sebagai berikut.
a. Kemudahan akses
Lokasi rumah, apartemen, rumah indekos, dan ruko baiknya dekat dengan tempat aktivitas penghuninya. Properti tersebut juga hendaknya mudah diakses dari jalan utama dan jalan tol. Rumah atau apartemen yang lokasinya berada dekat dengan jalan tol akan memiliki daya tarik lebih besar bagi konsumen karena perumahan atau apartemen tersebut lebih mudah untuk dijangkau. Banyak dari pengembang yang memanfaatkan kemudahan akses ini untuk menjual unit-unit properti mereka. Hal ini dapat dilihat pada brosur penawaran, baligho, dan media pemasaran lainnya.

b. Jarak dengan tempat aktivitas
Bisa dibayangkan jika tempat usaha Anda atau rumah Anda terlalu jauh, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan? Selain itu, jarak yang jauh akan menambah ongkos pengeluaran Anda. Intinya, pemilihan lokasi juga dapat menentukan hasil keuntungan yang nantinya akan Anda capai. Lokasi rumah memiliki nilai tersendiri bagi konsumen baik untuk dihuni sendiri, untuk disewakan, atau untuk investasi. Karena itu, pembeli harus mempertimbangkan lokasi dengan saksama sebelum ia memutuskan untuk membeli rumah sebab pembeli akan menggunakan rumah atau tempat usaha tersebut dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berbeda dengan penyewa yang umumnya hanya tinggal sementara dan bisa pindah kapan pun. Untuk itu, pemilihan lokasi juga harus melihat lokasinya, mudah dicapai atau tidak.

c. Kemudahan akses ke tempat fasilitas umum
Properti yang memiliki nilai tambah lain adalah properti yang memiliki kemudahan akses ke tempat-tempat umum, seperti pasar, supermarket, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, dan rumah ibadah. Ada baiknya juga untuk memperhatikan lebar jalan di depan rumah Anda atau banyak lahan parkir yang bisa dipakai jika Anda membeli ruko. Makin lebar jalan tersebut, semakin strategis letak rumah atau ruko yang akan Anda beli.
by Supriyadi Amir
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...