Tuesday, January 1, 2013

Bisnis Jus Buah

Bisnis Jus Buah / Usaha Jus Buah sangat menarik untuk dibahas. Selain memiliki keuntungan yang lumayan, bisnis ini bisa dijalankan siapa saja.

Kunci Sukses
Pilih lokasi yang ramai, terutama di pinggir jalan. Berikan variasi menu jus yang enak dan menyehatkan. Tambahkan variasi menu lain yang berbahan dasar buah, seperti es buah atau sup buah. Tak ada salahnya jika Anda juga menyediakan jajanan pasar atau camilan ringan sebagai tambahan.

Daya Tarik
Jus dikategorikan sebagai minuman sehat sekaligus enak. Masyarakat kalangan manapu, tua maupun muda, senang minum jus.

Ulasan Bisnis
Siapapun tahu, kita tinggal di negara tropis yang sebagian waktunya dihabiskan dalam terik panas matahari. Setiap orang butuh minuman, terutama minuman yang mampu menyegarkan dahaga sekaligus menyehatkan. Bisnis minuman segar menarik untuk diikuti, karena pasarnya masih bertahan sedemikian lama. Terutama jus buah yang memiliki berbagai macam fungsi. Membuka kios jus buah bisa dilakukan siapa saja. Bahkan mampu meraih omset ratusan ribu per hari. Anda harus pintar-pintar mengelola usaha ini karena banyaknya pesaing. Jus Q-ta, outlet jus buah di Yogyakarta, dengan cerdik menggabungkan usaha jus buah dengan kios buah segar. Dengan demikian, pembeli bisa dengan mudah memilih buah yang segar langsung dari kios.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk berjualan. Anda bisa membangun kios sederhana atau hanya menggunakan meja persegi berukuran 1x0,5 m2. Bila Anda memilih berjualan di pinggir jalan, gerobak bisa menjadi alternatif. Selain memudahkan Anda membawa peralatan dan bahan baku, ketika hujan pun Anda bisa dengan cepat menyingkir.

Peluang Pasar
Pasar terbesar penjualan jus buah dikuasai oleh penjual perseorangan yang membuka kios di pusat perbelanjaan atau di pinggir jalan. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat telah menjadi gaya hidup masyarakat. Perkembangan tren peduli kesehatan ini bisa Anda manfaatkan. Sampai sekarang, meski usaha ini menjamur di mana-mana, peluang untuk membuka bisnis serupa masih terbuka lebar. Sasaran target konsumen efektif jus buah, remaja perempuan dan ibu-ibu.

Tips Memulai Bisnis

  1. Siapkan tempat untuk berjualan. Bisa menyewa tempat atau Anda membuat gerobak dan berjualan di pinggir jalan.
  2. Siapkan peralatan untuk berjualan jus seperti blender, gelas-gelas plastik, dan sedotan.
  3. Bisnis jus buah sudah sangat menjamur. Supaya terkesan berbeda dengan kios jus yang lain, terlebih dahulu Anda perlu melakukan survey resep-resep jus buah. Bila perlu, namai resep tersebut seunik mungkin.
  4. Untuk mendapatkan buah yang berkualitas dan segar, alangkah baiknya jika Anda membeli langsung dari petaninya. Jika lokasi tempat tinggal Anda di tengah kota, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional. Sekali lagi, Anda harus jeli untuk memilih buah yang segar, matang, dan belum lama disimpan.
  5. Daftar peralatan yang akan Anda butuhkan, segera lengkapi dan siapkan.
  6. Pastikan Anda mengutamakan kebersihan. Pastikan ada ember kecil untuk mencuci peralatan setelah dipakai. Air yang digunakan juga harus bersih dan jagan bersisa. Lebih baik lagi bila terdapat pancuran untuk mencuci buah dan peralatan setelah memakai.
  7. Siapkan beberapa kursi plastik sebagai tempat untuk menunggu selama jus buah diproses.
  8. Pastikan ada pembagian tugas di antara Anda dan karyawan Anda (jika ada).
  9. Pantau terus kesegaran bahan baku Anda. Bila ada buah yang mulai membusuk, segera singkirkan.
Peralatan yang dibutuhkan
Blender (dua unit), sendok, pisau, talenan, keranjang sampah, mini dispenser, etalase kaca/gerobak, toples bening (untuk gula cair), serbet tangan, lap untuk membersihkan, ember, gelas plastik, dan pipet (sedotan).

Tips Promosi dan Mendapatkan Pelanggan
  • Cetak selebaran atau brosur mengenai usaha jus Anda. Tampilkan juga menu-menu jus dan manfaatnya bagi kesehatan.
  • Sebarkan brosur tersebut di sekitar lokasi Anda berjualan. Untuk tahap awal, biasanya konsumen jus adalah orang-orang yang lokasi aktivitasnya berdekatan dengan tempat Anda berjualan.
  • Anda juga bisa memberi layanan antar (delivery) pada mereka. Inilah kelebihan lain yang wajib Anda tonjolkan selain kualitas jus.
  • Anda juga bisa menyusun paket-paket berlangganan, mulai dari paket mingguan hingga bulanan. Anda bisa mengemas paket khusus untuk pelanggan yang baru memulai kebiasaan minum jus sampai paket jus dua gelas sehari. Peminat jus pemula, misalnya ditawari berlangganan paket mingguan segelas perhari. Untuk yang terbiasa mengonsumsi jus, Anda bisa memberikan penawaran paket 45 gelas selama sebulan.
  • Sistem pembayaran paket menggunakan sistem bayar di muka sesuai dengan tarif yang Anda tetapkan. Nah, layanan delivery tadi bisa Anda tawarkan dalam paket jus ini.
Tips Pemasaran
  • Untuk mematok harga segelas jus, terlebih dahulu Anda perlu melakukan survey harga di sekitar lingkungan Anda. Namun, Anda bisa mematok harga lebih mahal dengan mengatasnamakan kualitas. Tekankan bahwa jus yang Anda jual 79%nya berupa buah segar dan tanpa pemanis buatan. Segelas jus bisa Anda patok harga Rp. 3.000 - Rp. 6.000 tergantung dari bahan baku pembuatan jus dan lokasi Anda berjualan.
  • Amati sekeliling Anda. Bila di dekat Anda terdapat kios jus yang sama, Anda harus pintar-pintar menciptakan karakter bagi usaha Anda. Beri label nama yang menarik, Extra Jus atau Jus Kidding misalnya. Beri kemasan yang sama sekali berbeda dari para kompetitor Anda.
Simulasi Perhitungan dan Balik Modal*
Modal Awal
2 unit blender @Rp 300.000 Rp. 600.000,-
Gerobak Rp. 750.000,-
Peralatan Lain-Lain Rp. 150.000,-
Todal Modal Awal Rp. 1.500.000,-
Pengeluaran Sebulan
Listrik dan air Rp. 750.000,-
Belanja buah-buahan dan sayuran Rp. 250.000,-
Gelas plastik Rp. 50.000,-
Total pengeluaran sebulan Rp. 1.050.000,-
Pemasukan Sebulan
Penjualan jus 30 gelas per hari (asumsi)
@Rp. 3.500,- x 30 = Rp 105.000 x 30 hari = Rp. 3.150.000,-
Keuntungan :
Rp 3.150.000 - Rp 1.050.000 = Rp 2.100.000
Balik Modal :
Rp 1.500.000 : Rp 2.100.000 = < 1 bulan

*Hitungan di atas belum termasuk investasi tanah dan gaji karyawan
by Ivana Lestari
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...