a

Tuesday, October 23, 2012

KPR Refinancing

Apa yang dimaksud dengan KPR Refinancing atau KPR Top Up dan kenapa anda melakukan KPR Refinancing/KPR Top Up? KPR Refinancing adalah salah satu cara untuk mendapatkan dana tambahan berupa uang dari bank. KPR Refinancing sini dikhususkan bagi mereka yang sedang menjalankan KPR di suatu Bank. Seperti kita ketahui bahwa setiap tahun rumah di Indonesia mempunyai kenaikan harga yang cukup signifikan. Apalagi jika lokasi rumah anda sangat strategis, maka ada kemungkinan kenaikan harga rumah / capital gain cukup besar. Nah hal ini bisa anda manfaatkan untuk memperoleh tambahan dana segar dari bank.
Caranya anda tinggal pergi ke bank kredit anda, dan mengajukan untuk melakukan KPR Refinancing. Bank akan melakukan penilaian / appraisal ulang rumah anda, dan memberitahu anda jika nilai rumah anda sudah bertambah atau tidak. Selain dari kenaikan harga rumah / capital gain, biasanya rumah yang sedang anda kreditkan kadang sudah anda renovasi kiri kanan. Kadang anda sudah menambahkan dapur baru, kamar baru, garasi baru, atau ada juga yang merenovasi rumahnya dari 1 tingkat menjadi 2 tingkat dsb. Ini membuat nilai rumah anda tinggi di mata bank, dan anda memiliki keuntungan untuk mendapatkan dana tambahan yang bisa anda gunakan untuk usaha/bisnis ataupun keperluan mendesak lainnya.
Contoh realnya : saat ini saya sedang mengkreditkan rumah yang saya jadikan kost-kostan. Sebelum kost-kostan itu dibuka, rumahnya saya renovasi sedemikian rumah, kamarnya saya tambah, kamar mandi diperbanyak, maupun saya buat rumah yang tadinya 1 lantai dibuat menjadi 2 lantai. Nah, kondisi lainnya adalah rumah disamping kost saya ingin dijual oleh pemiliknya. Nah, ini menjadi bahan pertimbangan saya untuk melakukan KPR Refinancing (KPR ke bank yang sama) ataupun KPR Take Over (KPR ke bank yang lain). Prinsipnya sama antara KPR Refinancing dan KPR Take Over cuman istilahnya saja yang berbeda karena jika anda ingin mendapatkan dana tambahan dari bank yang sama maka dinamakan KPR Refinancing, tapi jika anda ingin mendapatkan dana tambahan di bank yang lain maka dinamakan KPR Take Over. Lebih jelasnya tentang KPR Take Over anda bisa membaca artikel saya tentang KPR Take Over. Nah, sudah pasti pada saat bank menilai rumah anda ketika itu sudah direnovasi dan anda ajukan setelah beberapa tahun anda kredit maka hampir pasti anda akan mendapatkan tambahan dana. Karena disamping harga rumah yang sudah naik, anda pun mendapat dana dari selisih cicilan yang telah anda lunasi. Tapi sekali lagi saya ingatkan jangan sekali-sekali menggunakan dana tambahan tersebut untuk keperluan bersenang-senang. Gunakan dana tersebut jika anda ingin membuka usaha yang sudah jelas. Contohnya saya menggunakan dana tersebut untuk membeli rumah di sebelah kostan saya yang ingin dijual. Dengan demikian saya tidak perlu menggadaikan rumah yang ingin saya beli tersebut, tapi saya hanya perlu melakukan KPR Refinancing saja.
Terakhir yang patut anda perhatikan adalah lagi-lagi kemampuan bayar anda harus memenuhi persyaratan pengucuran dana tambahan dari bank. Karena pada saat anda melakukan KPR Refinancing itu berarti bahwa cicilan kredit bulanan anda akan bertambah, dan bank akan menilai kemampuan bayar anda apakah memenuhi atau tidak. Makanya saya tekankan di atas bahwa jangan sekali-kali menggunakan uang tambahan tersebut untuk bersenang-senang. Karena nantinya anda yang susah sendiri. Saya harap artikel ini bisa bermanfaat dan semakin membuka wawasan anda tentang properti.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...