Monday, October 29, 2012

Cara Berkonsentrasi Dengan Membuang Segala Penganggu

Konsentrasi itu penting, tetapi sangatlah sulit untuk berkonsentrasi jika kita terus saja diganggu. Apakah yang dimaksud dengan penganggu (distractions)? Segala sesuatu yang menyenangkan atau berisik. Termasuk di antaranya adalah TV, musik, film, video game, pesta, dll. Hal-hal yang tidak menyenangkan atau tidak berisik biasanya tidak terlalu menganggu. Begini, kapankah perhatian Anda terakhir kali terganggu oleh brokoli atau petugas perpustakaan? Namun sekarang, dengan adanya smart phone, e-mail, Facebook, YouTube, iPod, web surfing, dan chat lines, sangatlah ajaib jika kita berkonsentrasi selama lebih dari nanodetik sebelum sesuatu berdering, berbunyi tit atau pun berkicau. Dan, setiap hari para ilmuwan bersibuk-sibuk ria menciptakan gangguan-gangguan baru (meskipun tidak mudah juga bagi mereka karena mereka pun terus-terusan mendapatkan gangguan).

Orang-orang sukses membutuhkan waktu untuk berkonsentrasi, sehingga mereka mencari cara untuk menghilangkan segala gangguan tersebut. TV telah berkembang menjadi gangguan dalam bentuk jutaan saluran, bersuara stereo, berlayar luas, dan besar sekali, sehingga Steve Jurvetson, seorang pemodal ventura, membuangnya: "Anda tidak bisa melakukan segalanya, jadi aku hanya membatasi hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaanku. Aku tidak menonton televisi selama 18 tahun. Dan aku tidak merindukannya." Seorang penulis novel hebat, Stephen King, berkata jika Anda ingin menjadi seorang penulis, "Anda seharusnya tidak memiliki telepon di ruang kerja Anda, tidak ada TV atau video game untuk bersenang-senang. Jika Anda memiliki jendela, tariklah tirainya atau tutuplah kerainya kecuali jika jendela Anda menghadap tembok kosong. Hal ini berlaku untuk semua penulis, terutama penulis pemula; sangatlah bijak untuk menghilangkan segala hal yang mungkin mengganggu."
Warren Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan tinggal di negara bagian tanpa gangguan - Nebraska. Ia berkata, "Ketika aku masih bekerja di New York, aku sering merasakan terlalu banyak gangguan yang menerpaku setiap waktu...Disini, aku lebih mudah berpikir."
Ellinor Mackinnon, seorang CEO, yang mengelola teknologi informasi di Blue Shield, berkata, "Aku tumbuh di daerah pedesaan, dan kupikir hal itu membantu membentuk proses berpikir, karena tempat tersebut tidak memiliki banyak gangguan. Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk larut di dalam pikiran Anda sendiri, memikirkan banyak hal."
Orang-orang cenderung pergi ke tempat-tempat yang jauh dari gangguan jika mereka ingin berkonsentrasi. Ketika Wade Devis sedang menyelesaikan bukunya, ia pergi ke pondoknya di tengah hutan belantara di mana ia bekerja 14 jam sehari selama tujuh bulan tanpa gangguan, dan kebali dengan membuahkan buku laris The Serpent and the Rainbow.
Sebuah pondok di hutan belantara! Hei, mungkin itulah yang kaubutuhkan. Mungkin di kota Anda saat ini mendapat terlalu banyak gangguan. Mungkin Anda merasa sangat kesulitan untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan bagian pekerjaan Anda.

Anda bisa berselancar di internet atau menonton TV, dan dengan mudah Anda terganggu. Menulis berarti Anda mematikan semua gangguan, dan fokus hanya pada satu hal tersebut. Meredith Bagby reporter CNN, penulis
by Richard St John
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...