a

Tuesday, October 30, 2012

Jadilah Seorang Yang Ahli di Bidangnya

Di era globalisasi ini, ilmu dan teknologi berkembang sangat pesat. Perkembangan ini berimplikasi pada ketatnya persaingan terlebih dalam menghadapi perdagangan bebas. Negara yang eksis tidak hanya mengandalkan pada kekuatan sumber daya alam, akan tetapi dalam ketatnya persaingan ini sumber daya manusia sangatlah menentukan.
Baik atau buruk, saat ini kita sedang hidup pada masa spesialisasi. Bidang apa saja yang anda minati, putuskan untuk menjadi setahu mungkin. Ini penting, mungkin vital, buat masa depan. Orang-orang yang ahli selalu memberikan layanan yang bermutu dan biasanya menikmati prestis serta keuntungan-keuntungan lainnya. Waktu dan usaha yang diinvestasikan layak mendatangkan kebaikan sewaktu anda menjadi seorang ahli di bidang. Menjadi ahli di bidangnya artinya kalau kita menjadi dokter jadilah dokter yang ahli, kalau kita supir jadilah supir yang ahli, kalau kita jadi guru jadilah ahli di bidang kita, jadilah karyawan yang ahli, pengusaha yang ahli, petani yang ahli, dll.

Ijazah bukan merupakan faktor utama untuk menggapai sebuah kesuksesan, namun lebih dari itu, keahlianlah yang patut adnda prioritaskan. Jadi, kesuksesan adalah hasil pemaksimalan atau pengoptimalan potensi untuk sukses dan berprestasi. Hal ini dapat dicapai dengan cara menempa diri untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang yang sudah anda geluti maupun meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anda pada pekerjaan. Semakin bertambah keahlian, kemampuan dan ketrampilan anda, semakin besar kontribusi yang dapat anda berikan dan semakin banyak kesuksesan akan anda dapatkan.
Agar anda bisa menjadi orang yang ahli di bidangnya, maka anda harus terus-menerus belajar. Selalu berusaha melakukan peningkatan dan perbaikan tanpa henti. Anda harus bisa memandang terhadap segala kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar.
Belajar di bangku pendidikan formal maupun non formal sesuai dengan keahlian yang anda inginkan, perbanyaklah membaca buku di bidang yang anda geluti, jadikan mobil anda sebagai "perpustakaan digital" dengan mendengarkan CD audio pendidikan, hadirlah seminar-seminar dengan pembicara ahli di bidang yang anda tekuni, banyak berlatih, banyak bertanya dan berdiskusi dengan para pakar tentang sesuatu yang anda tekuni. Dengan demikian, anda akan selangkah di depan para pesaing anda. Pengetahuan anda akan bertambah, dan anda akan menjadi orang yang ahli di bidangnya.
Segala sesuatu tergerak dari niat. Dengan kuatnya niat akan menggerakkan pikiran dan tindakan ke arah tujuan yang kita inginkan. Ketika anda menginginkan untuk menjadi orang yang ahli di bidangnya, maka anda harus berusaha sungguh-sungguh untuk mewujudkannya.

Bakat saja tidak akan membuat anda sukses. Demikian juga, berada di tempat yang benar pada saat yang tepat, kecuali jika anda siap. Pertanyaan terpenting itu senantiasa berbunyi: "Siapakah Anda?" -Johnny Carson - 
by Sobry Sutikno
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...