a

Saturday, August 25, 2012

Bisnis Rumah Kost

Bisnis rumah kost merupakan bisnis yang sangat menggiurkan sekarang ini. Dengan pengaturan yang tidak terlalu ribet, tidak harus dijaga setiap saat, dan bisa ditinggal jalan-jalan sambil menghasilkan uang. :)
Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membeli kost, coba baca artikel saya yang lain tentang beli properti tanpa uang dan tips membeli rumah. Saat ini saya akan memaparkan apa-apa saja hal yang harus diperhatikan pada saat kita mempunyai bisnis rumah kost.

Nama Kost
Ini merupakan hal simpel, tapi memiliki dampak yang begitu besar. Jangan pernah lupa menamakan bisnis anda, termasuk di dalamnya bisnis kost-kostan anda. Nama sangat penting dan berhubungan erat dengan promosi. Buatlah spandung depan kost anda dan tulis nama kost beserta contact person yang bisa dihubungi. Ini akan mempermudah orang dalam mencari kost anda maupun mempermudah dalam menghubungi anda sebagai pemilik kost.


Uang Sewa Kost
Usahakan anda menentukan tanggal tertentu setiap bulannya sebagai patokan pembayaran uang sewa kost per bulannya. Kost-kostan saya mempunyai peraturan pembayaran uang kost paling lambat tanggal 5 setiap bulannya. Jika pembayaran di atas tanggal tersebut maka akan terkena denda. Jangan meminta pembayaran uang sewa kost berdasarkan tanggal masuk. Contoh si A masuk tanggal 3, maka setiap tanggal 3 si A akan melakukan pembayaran kost. Begitu juga si B masuk tanggal 15, maka akan melakukan pembayaran setiap tanggal 15. Ada baiknya sistem pembayaran seperti ini dihindari, karena akan merepotkan anda sendiri sebagai pemilik. Jika anda tidak tinggal di kost itu, maka dalam sebulan, anda bisa berkali-kali bolak balik kost hanya untuk menagih uang sewa kost.
Selain itu, ada baiknya jika uang sewa kost dibayar secara transfer bank, bukan cash, tapi ini tergantung dari keadaan sekitar dan rata-rata orang yang menyewa. Di tempat kost saya kebanyakan mahasiswa yang masih jarang menggunakan ATM jadi otomatis setiap bulan saya harus menagih uang kost secara cash.


Pembatas Listrik
Setiap kamar kost harus dipasang pembatas listrik atau MCB. Di kost-kostan saya dipasang MCB 2A atau kira-kira 400W. Ini cukup untuk menyalakan laptop, tv, kipas angin. Bisa menggunakan Setrika atau Hair Dryer tapi secara bergantian. Jangan lupa menggunakan merk MCB merk Merlin Gerin, sebab merk lain biasanya kurang bagus. Saya sudah pernah mencoba menggunakan merk lain, dan pembatasnya sering ngaco, dicolok laptop saja sudah turun, padahal watt laptop tidak sampai 100W. Dengan adanya pembatas listrik, anda menjadi tidak terlalu takut dengan pemakain listrik anak-anak kost. Anda juga tidak perlu susah-susah untuk memantau peralatan listrik apa saja yang dibawa, karena sudah adanya pembatas listrik ini. Paling yang harus diperhatikan Kulkas dan TV berinch besar. Selain itu biasanya relatif mempunyai watt yang standar.

Penjaga Kost & Tukang Bersih
Anda harus mempekerjakan seseorang untuk membersihkan kost setiap pagi. Kalau saya mempekerjakan 1 orang tukang bersih dan 1 orang pengangkut sampah. Biasanya tukang bersih datang setiap pagi, mematikan lampu-lampu yang ada di gang, dan kemudian menyampu lantai. Selain itu setiap 2 hari sekali mengepel lantai dan membersihkan kamar mandi luar. Untuk tukang pengangkut sampah, biasanya setiap pagi dia mengambil sampah dari tong-tong sampah yang ada di kost dan kemudian membuangnya. Hal ini sangat penting agar kost anda tetap terjaga kebersihannya sehingga anak kost merasa nyaman tinggal disana.

Hal-Hal Lainnya
Jika anda menggunakan air sumur/pompa, maka ada baiknya anda mempunyai tong penampung air yang cukup besar. Selain itu buat otomatis saklar untuk menyalakan pompa dan mematikan pompa. Jadi kalau misalnya air di tong sudah full, maka saklar pompa akan otomatis mati, begitu pun sebaliknya jika air sudah hampir habis di tong, maka saklar pompa akan otomatis hidup.
Jangan lupa mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran anda, sehingga anda bisa memantau jika ada anak kost yang belum membayar kost, ataupun anda bisa memantau apakah anda sudah membayar listrik, air, orang kerja anda, dsb.
Perhatikan sirkulasi udara masing-masing kamar, jangan sampai kamar terlalu tertutup dan tidak mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Ini merupakan hal yang penting juga, karena jika kamar terlalu pengap, biasanya penyewa/anak kost tidak akan tahan lama tinggal disana.

Mudah-mudahan hal-hal yang saya sampaikan di atas bisa memberikan gambaran sekilas ketika anda ingin membuka bisnis rumah kost.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...