a

Thursday, August 23, 2012

Tips Membeli Rumah

Rumah merupakan kebutuhan primer seseorang. Biasanya rumah dicari oleh orang-orang yang baru menikah. Tapi banyak juga yang ingin membeli rumah untuk sekedar investasi jangka panjang. Nah, salah satu tips orang sukses adalah membeli rumah dengan cermat dan tidak sembarangan memilih. Berikut ini beberapa tips membeli rumah :

  • Belilah rumah yang di depannya memiliki akses jalan 2 mobil. Jika anda berencana untuk membeli rumah dengan KPR Bank, maka anda harus memperhatikan hal ini. Jangan sekali-kali membeli rumah yang hanya memiliki jalan kecil, karena akses keluar masuk kendaran akan menjadi susah. Terlepas dari rumah yang dibeli tidak menggunakan KPR, hal ini harus dijadikan bahan pertimbangan.
  • Jalan di depan rumah yang ingin dibeli harus rata, jangan sekali-kali membeli rumah yang di depannya merupakan jalan tanjakan ataupun jalan turunan. Selain pihak Bank juga tidak suka dengan jalan tanjakan dan turunan, anda sendiri akan mengalami kesulitan jika membeli rumah seperti ini. Pada saat memarkir mobil anda tidak boleh sembarangan, harus menggunakan rem tangan, dsb. Jika ada tamu yang datang ke rumahpun akan mengalami kesulitan yang sama, apalagi misalnya anda sedang membuat acara besar dan mengundang banyak tamu. Akses jalan tanjakan dan turunan sangat beresiko dan sebaiknya dihindari.
  • Ada baiknya jika anda melirik rumah permanen, dan bukan rumah kayu atau semi permanen. Rumah dengan bahan kayu walaupun lebih murah, memiliki resiko kebakaran yang tinggi. Apalagi kayu biasanya akan cepat rusak dengan bertambahnya waktu. 
  • Jika anda membeli rumah untuk tujuan investasi, maka ada baiknya anda mencari rumah yang berlokadi di dekat/tidak jauh dari keramaian. Contohnya : dekat Bank, supermarket, mall, kampus universitas, sekolah, dll. Selain rumah tersebut memiliki Capital Gain yang tinggi (kenaikan harga rumah per tahun), rumah tersebut juga bisa anda sewakan / kontrakan. Biasanya banyak orang yang mencari tempat sewa/kotrak di daerah-daerah keramaian seperti itu.
  • Jangan lupa memperhatikan plafon rumah pada saat membeli. Lihat apakah ada kebocoran, biasanya terlihat dengan adanya gelombang-gelombang pada plafon. Hal ini sangat penting, karena mengatasi kebocoran bukanlah hal yang mudah, dan kadang anda akan dibuat pusink dengan hal-hal seperti ini. Maka ada baiknya anda menghindari rumah yang sudah sering bocor.
  • Minta fotocopy tagihan listrik dan air dari penjual rumah tersebut. Ini sekaligus memastikan biaya pengeluaran per bulan, maupun untuk mencegah adanya penunggakan biaya yang nantinya bisa merugikan anda sendiri.
Semoga beberapa tips ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam membeli rumah.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...