a

Sunday, August 26, 2012

Cara Bisnis Online

Cara bisnis online saat ini sangatlah mudah. Modal yang digunakan juga relatif tidak begitu banyak, tidak seperti bisnis offline yang mengharuskan kita membuka toko, baik menyewa tempat ataupun tempat sendiri. Tapi setidaknya anda membutuhkan tempat yang itu modalnya tidak sedikit. Apalagi jika bisnis anda berhenti di tengah jalan, anda akan rugi sangat besar. Kalau kita bergerak di bisnis online, maka resikonya sangat kecil.
Tapi kadang kenapa banyak orang yang tidak sukses dengan bisnis online? Jawabannya karena mereka tidak fokus dan tidak mencurahkan perhatian mereka ke bisnis ini. Karena mengeluarkan modal yang relatif kecil dibanding bisnis offline, orang rata-rata ogah-ogahan dalam menjalankan bisnis ini. Mereka tidak serius dan menganggap bisnis ini sebagai bisnis sampingan.Disinilah letak kesalahan dari para pebisnis yang ingin berkecimpung di dunia online. Mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat, padahal bisnis online membutuhkan proses juga sebagaimana bisnis offline.
Apa saja yang perlu kita persiapkan pada saat membuka bisnis online? Berikut ini saya paparkan beberapa hal yang patut kita perhatikan pada saat kita membuka bisnis online.


Pemilihan Bisnis Online
Bisnis online terdiri dari macam-macam kategori bisnis. Karena begitu banyaknya cara untuk mendapatkan uang lewat online, maka pada tahap awal anda sudah harus memutuskan akan menjalankan bisnis online seperti apa. Ini sangat penting supaya anda bisa fokus, soalnya jika tidak, informasi yang anda dapatkan bisa saja membuat anda kewalahan. Di internet informasi tentang bisnis online begitu banyak, jika anda tidak pintar-pintar memilah, justru ini bisa jadi bumerang, anda akan kelebihan informasi dan bisa menyebabkan gagal di bisnis online ini.
Secara sederhana saya membagi bisnis online menjadi 2 bagian. Menjual produk sendiri (baik itu produk fisik ataupun jasa) dan menjual produk orang lain. Kalau anda sudah memutuskan hal tersebut maka selanjutnya anda ke tahap berikutnya.

Website, Domain, & Hosting
Pembuatan website sangat tergantung dari pemilihan bisnis online anda. Rata-rata menggunakan CMS untuk mempermudah pembuatan website. Apa itu CMS? anda coba searching di google, singkatnya CMS itu semacam template website yang sudah ada, sehingga anda tidak perlu susah-susah menyewa programmer untuk membuat website dari awal. Cara pembuatan lewat CMS relatif simpel, jika anda pernah menginstall program di windows, nah seperti itu kira-kira gambarannya. Anda tinggal pencet next next saja, dan tiba-tiba website anda sudah terbentuk. Anda pun bisa merubah-rubah themes sesuai keinginan dan sesuai tema bisnis anda. Anda akan tercengang melihat begitu mudahnya anda membuat suatu website.
Selanjutnya adalah Domain. Apa itu Domain? Domain itu merupakan nama dari website anda yang biasa anda ketikkan pada URL browser. Contoh nama domain : kompas.com, detik.com, dan pada website ini nama domainnya adalah tipsorangsukses.blogspot.com.
Hosting adalah lokasi/tempat anda menyimpan website anda. Agar bisa diakses lewat jaringan internet anda harus menyimpan website anda dalam sebuah hosting. Biasanya tempat hosting ini disewa baik bulanan dan tahunan. Anda bisa browsing di google untuk mendapatkan informasi lebih tentang hosting.

Tata Cara Bisnis Online
Tahap ini sangat berkaitan dengan pemilihan bisnis online yang telah anda lakukan. Jika anda berencana untuk menjual produk sendiri, maka hal-hal yang harus anda persiapakn antara lain gambar-gambar produk anda, informasi produk anda, maupun tata cara pembelian, lewat transfer bank ataupun lewat paypal. Selain itu anda harus menjelaskan tata cara konfirmasi maupun detail pingiriman barang seperti apa.
Jika anda berencana untuk membuat produk orang lain, lebih simpel sebenarnya tapi anda harus pintar-pintar mempromosikan produk orang lain tersebut, sebab yang menjual produk itu, mungkin bukan hanya anda saja, tapi banyak orang. Makanya anda harus bersaing dengan mereka agar bisa mendapatkan komisi dari penjualan produk orang.

Promosi Website
Mempromosikan website juga terdiri dari banyak macam. Simpelnya terdiri dari 2 bagian, ada yang berbayar dan ada yg gratis. Berbayar itu seperti pasang iklan lewat google adwords, ataupun lewat facebook ads dkk. Jika anda pasang di google adword, maka iklan website anda akan muncul di halaman pertama google search untuk kata kunci yang anda target. Anda tinggal menyediakan dana untuk memasang iklan di google adwords. Jika anda ingin yang gratis, anda bisa mempelajari SEO. Disitu nanti akan banyak trik bagaimana agar website anda bisa berada di peringkat satu google search.

Hal terakhir yang anda butuhkan adalah take action. Banyak orang yang hanya mencari informasi saja dan tidak pernah take action. Anda tidak akan menjadi sukses jika anda tidak take action. Selamat berjuang!!!

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...