a

Friday, May 3, 2013

Usaha Modal Kecil Untung Besar

Mengacu pada definisi usaha modal kecil, sebenarnya modal kecil adalah relatif menurut definisi tiap-tiap orang. Beberapa orang menganggap usaha modal kecil adalah bisnis dengan modal dibawah sejuta rupiah, sedangkan ada yang memandang usaha modal kecil dijalankan dengan modal awal jutaan rupiah. Meski begitu, mayoritas orang selalu menginginkan memiliki usaha modal kecil untung besar agar dapat memperbaiki kondisi ekonomi mereka. 
Mempunyai suatu usaha modal kecil untung besar yang dapat berhasil dan berkembang memang menjadi idaman banyak orang. Dengan modal usaha terbatas, seseorang harus pintar-pintar mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memulai suatu usaha modal kecil untung besar.

Trik Usaha Modal Kecil Untung Besar

Sebagai masukan, di bawah ini terdapat beberapa trik dalam memulai usaha modal kecil untung besar anda.
1. Memilih Jenis Usaha dari Hobi
Sebelumnya, seorang pelaku bisnis haruslah mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Pertimbangkan keahlian khusus di diri anda yang dapat dijadikan sebagai bekal usaha dan menghasilkan keuntungan dengan modal kecil.  Apabila anda memiliki hobi memasak, anda dapat menggunakan skill memasak anda untuk membuat usaha katering kecil-kecilan atau makanan ringan seperti gorengan. Selain itu, bagi anda yang hobi berkebun, anda dapat memikirkan untuk mengembangkan hobi anda dengan menjual bibit tanaman atau jasa hias taman. 

2. Pergunakan Modal Anda yang Terbatas
Trik selanjutnya ialah dengan mempergunakan modal terbatas yang anda miliki. Tidak masalah apakah modal anda berjumlah ratusan ribu rupiah atau jutaan. Asalkan anda memiliki tekad yang kuat, keterampilan dalam bidang usaha anda serta kerja keras pastinya akan lebih besar kemungkinan anda untuk sukses. 

3. Jalin Relasi yang Akrab (Bersosialisasi)
Membangun sebuah jaringan dan silaturahmi yang erat akan dapat membantu anda dalam memulai dan mengembangkan usaha modal kecil anda. Teman, kerabat, dan orang-orang di sekitar anda bisa membantu anda dalam bertukar pendapat, memperluas pemasaran, serta memberikan keuntungan jika ada yang berminat membeli produk anda. 

4. Kembangkan Kemampuan Anda dan Pelajari Usaha Anda
Agar sukses memulai usaha modal kecil untung besar anda, anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang usaha tersebut serta menambah keahlian khusus yang anda miliki dengan media internet, buku-buku bisnis, atau belajar dari pengalaman orang lain. 

5. Pilih Jasa atau Produk yang Banyak Diminati
Amati situasi pasar dan selera konsumen saat ini agar anda dapat menentukan jenis jasa atau produk yang banyak dibutuhkan dan akan diminati konsumen di masa mendatang. Disamping itu, anda juga perlu mempertimbangkan banyaknya pesaing di bidang usaha serupa. Sebagai saran, sangat penting untuk melakukan diversifikasi produk dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat menyaingi kompetitor usaha anda.

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar
Bagi anda yang masih kesulitan menentukan jenis usaha modal kecil untung besar. Berikut tersedia beberapa contoh usaha modal kecil untung besar yang dapat anda coba untuk jalankan.

Jasa Antar Jemput Anak Sekolah
Cukup bermodal kendaraan anda, anda dapat menawarkan jasa antar jemput anak sekolah pada tetangga, saudara, teman atau orang-orang yang anda kenal. Untuk biaya berlangganan jasa antar jemput, anda bisa menetapkan biaya berlangganan per bulan. 

Usaha Dropshipper Online
Dengan menjadi dropshipper produk-produk makanan, minuman, fashion, dan lainnya anda dapat memperoleh keuntungan dengan menaikkan harga dari pusat penjual produk ke konsumen. Mengenai pemasarannya, anda dapat memasarkan secara online melalui sosial media atau toko online dan secara offline dengan mouth to mouth promotion. 

Usaha Rental Komputer
Apabila lokasi anda berada di sekitar kampus, sekolah atau perkantoran, anda dapat membuka usaha rental komputer dengan bermodal 1 atau 2 unit komputer dan printer. Anda dapat pula menyediakan jasa pengetikan dan percetakan dengan menyesuaikan harga dengan usaha rental komputer lain yang ada. 

Usaha Gerai Makanan
Jenis usaha modal kecil untung besar lainnya adalah dengan memulai usaha gerai makanan atau gerobak makanan seperti burger, roti bakar, nasi goreng, dll di lokasi yang ramai pengunjung seperti di mall atau dekat pusat kota. 

Terlepas dari contoh usaha modal kecil untung besar diatas, masih ada jenis usaha modal kecil untung besar lainnya seperti jasa menjaga anak, usaha sablon kaos, jasa daur ulang limbah rumah tangga, usaha cukur rambut, usaha laundry, dll yang harus disesuaikan dengan kemampuan, minat, serta modal yang anda miliki. 



 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...