Friday, May 3, 2013

Usaha Cuci Mobil

Memulai usaha memang tidak selalu mudah dan pasti banyak rintangan. Selama seseorang memiliki tekad, minat, dan kerja keras, percayalah peluang untuk sukses selalu ada. Menjalankan suatu usaha pada dasarnya perlu mempertimbangkan minat atau hobi yang anda miliki. Seperti usaha cuci mobil yang sekarang kurang diminati pelaku bisnis, usaha jasa jenis ini dapat menjadi sebuah celah kesuksesan bagi anda yang hobi di bidang otomotif dan memiliki lahan yang lumayan luas untuk tempat usahanya. Walaupun demikian, ada beberapa faktor penting yang perlu anda ketahui demi kelancaran usaha cuci mobil anda.

Faktor-Faktor Penentu Kesuksesan Usaha Cuci Mobil

Sebelum memulai usaha cuci mobil anda, anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting berikut.

1. Lokasi dan Tata Letak Bangunan 
Faktor utama penentu kesuksesan dan keramaian pengunjung pada usaha cuci mobil anda adalah pemilihan tempat usaha dan tata letak bangunan. Anda perlu mengamati apakah lokasi usaha yang anda pilih atau punyai itu banyak dilalui kendaraan, berada di jalan besar atau jalan kecil, memiliki kondisi sosial ekonomi yang baik atau tidak, serta dekat dengan pusat perbelanjaan atau tidak. Disamping itu, pengaturan tata letak bangunan yang sesuai dan rapi juga diperlukan agar pelanggan nyaman. Anda sebaiknya menentukan pengaturan letak ruang tunggu, gudang, tempat parkir, kantor, tempat pencucian mobil, dan tempat pengeringan mobil. Penggunaan desain yang menarik pada tempat usaha cuci mobil terkadang juga menjadi penarik minat pengunjung untuk kembali menggunakan jasa cuci mobil anda. 

2. Modal dan Peralatan
Faktor penting penentu kesuksesan usaha cuci mobil tentunya adalah faktor modal yang dimiliki dan kelengkapan peralatan cuci mobil. Semakin banyak modal yang anda miliki untuk membuka usaha cuci mobil, pastinya dapat memudahkan anda membeli beragam jenis perlengkapan cuci mobil yang diperlukan seperti hidrolik, water sprayer, shampo khusus mobil, lap, ember, vacuum cleaner, hand pole, selang air, lap mobil, serta membiayai penyewaan tempat usaha dan karyawan nantinya. Sebagai saran, terlebih dahulu buatlah anggaran usaha cuci mobil dalam bentuk draft kasar untuk semakin memudahkan perencanaan usaha cuci mobil anda. 
3. Kualitas Produk dan Jasa yang Dihasilkan
Agar konsumen yang datang memperoleh kepuasan dan bersedia kembali menggunakan jasa cuci mobil anda, anda perlu mengunakan karyawan yang berkualitas dan produk-produk yang baik. Pilihlah untuk memperkerjakan karyawan yang ramah, berpengalaman, dan mengerti standar operasional usaha cuci mobil. Selain itu, gunakanlah beragam jenis bahan dan obat cuci mobil yang mudah pemakaiannya dan cemerlang hasilnya dengan harga yang bersahabat agar dapat menjangkau konsumen dari berbagai level. Sebagai permulaan, pekerjakanlah sedikit karyawan yang telah berpengalaman dan mahir melakukan pencucian mobil dan sediakan beberapa bahan cuci mobil sederhana yang wajib diperlukan. Disamping itu, seiring perkembangan usaha anda nantinya, lakukan diversifikasi produk dan inovasi misalnya dengan menambah jenis produk dengan nama unik seperti jasa cuci rainbow blast (cuci pelangi), jasa cuci es cream, jasa cuci snowax, dll agar konsumen semakin penasaran dan tertarik. 

4. Pemasaran dan Promosi
Faktor penentu kesuksesan usaha cuci mobil berikutnya yang perlu anda terapkan adalah pemasaran dan promosi yang menarik dan efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pemberian bonus cuci mobil, hadiah, potongan harga, promo, serta penggunaan sistem member untuk mengikat konsumen. Ditambah lagi, anda dapat memberikan pelayanan tambahan demi kepuasan konsumen dengan cara memberikan air minum kepada pelanggan saat menunggu mobilnya selesai dicuci.  Untuk promosinya, anda dapat melakukan secara online maupun offline dengan memasang iklan di koran lokal, menyiarkan di radio setempat, atau menyebarkan pamflet di lampu merah. 

5. Lakukan Pengelolaan Secara Konsisten
Pengelolaan yang konsisten dan evaluasi yang mendalam selalu diperlukan agar anda dapat mengetahui jumlah untung rugi usaha cuci mobil anda secara pasti. Lakukanlah evaluasi dan pengecekan setiap 2-3 bulan atau tiap bulan jika memungkinkan sehingga anda dapat segera melakukan pembenahan pada hal-hal yang perlu diperbaiki (pelayanan, tempat usaha, cara manajemen, peralatan cuci mobil, dll)

Demikianlah, semoga dengan membaca artikel ini, anda dapat memperoleh panduan yang lebih jelas dalam memulai suatu usaha cuci mobil. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...