a

Monday, May 13, 2013

Usaha Kecil Sukses


Mayoritas orang bermimpi memiliki usaha yang sukses namun pada umumnya karena faktor minimnya modal untuk memulai suatu usaha tersebut, mereka cenderung mundur dan mengurungkan niat untuk memulai suatu usaha. Hal ini sangat disayangkan karena pada dasarnya faktor modal bukanlah suatu kunci sukses utama suksesnya suatu usaha. Terdapat berbagai macam faktor penentu kesuksesan usaha misalnya keterampilan, kerja keras, kedisiplinan, kreatifitas, dll yang sebenarnya sudah ada dalam diri masing-masing orang namun belum tergali secara maksimal. Perlu diiingat, suatu usaha tidak begitu saja bisa berhasil. Butuh proses panjang dan berbagai kendala yang perlu dihadapi seorang pebisnis dalam perjalanan usahanya. Bagi anda yang memiliki modal terbatas, anda tidak perlu ragu untuk memulai suatu usaha. Meskipun usaha anda merupakan usaha kecil, usaha tersebut bila dikelola dan dijalankan dengan tepat bisa menjadi usaha kecil sukses yang potensial di masa depan. 

Beberapa Ide Usaha Kecil Sukses yang Potensial
Dibawah ini terdapat beberapa ide usaha kecil sukses bagi anda pelaku bisnis pemula dengan dana terbatas. 

1. Usaha Tanaman Hias
Bagi anda penghobi tanaman hias dan memilki lahan yang lumayan di rumah, memulai usaha tanaman hias bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Sebagai permulaan usaha, anda perlu mempelajari cara perawatan tanaman dari berbagai sumber seperti internet, buku, majalah, dan bertanya pada orang yang menguasai perawatan tanaman hias. Dengan modal Rp. 1.700.000,- - Rp. 3.000.000,- untuk pembelian berbagai jenis tanaman hias di pusat penjual tanaman hias di sekitar lingkungan anda, biaya gaji 1-2 orang pegawai, baiya penyebaran brosur untuk promosi, dan biaya tambahan lainnya, usaha tanaman hias anda bisa mulai dijalankan 

2. Usaha Alat Tulis Kantor dan Fotokopi
Ide usaha kecil sukses berikutnya adalah membuka toko alat tulis kantor atau fotokopi dengan mempertimbangkan lokasi usaha yang dekat pusat perkantoran, sekolah atau kampus. Toko alat tulis kantor biasanya dapat dimulai dengan modal sekitar Rp. 3.000.000,-. Lengkapi toko alat tulis kantor anda dengan berbagai keperluan kantor dan sekolah seperti buku, map, pensil, marker, kertas HVS, tinta, dst. Sedangkan untuk pembelian sebuah mesin fotokopi umumnya berkisar antara Rp. 7.000.000,- - Rp. 8.000.000,-. Sehingga, untuk memulai usaha alat tulis kantor lengkap dengan fotokopi bisa menghabiskan dana sekitar Rp. 10.000.000,-. Namun, anda juga dapat memilih membeli mesin fotokopi second dengan harga yang lebih terjangkau untuk menghemat modal. 

3. Usaha Counter Pulsa
Usaha kecil ini sangat mudah dijalankan tanpa membutuhkan modal besar dan di masa depan berpeluang bagus untuk maju dan berkembang. Dengan modal awal Rp. 2.000.000,- - Rp. 3.000.000,-, anda sudah dapat membeli segala barang dagangan yang dibutuhkan misalnya berbagai jenis voucher pulsa non-elektrik, pulsa elektrik, kartu perdana, casing handphone, aksesoris handphone dan sebagainya. Jika anda memiliki keahlian reparasi handphone, anda juga bisa membuka jasa servis handphone di counter pulsa anda agar lebih menghasilkan. 

4. Usaha Gerai Jus Buah
Selanjutnya, usaha gerai jus buah ini merupakan usaha kecil yang cocok untuk usaha sampingan. Dengan modal kecil sekitar Rp 2.000.000,- - Rp. 2.500.000,- anda bisa memulai usaha gerai jus buah di depan rumah atau di lokasi yang strategis dengan membeli meja etalase sederhana. Perlengkapan dasar usaha ini adalah blender, buah-buahan, gelas plastik, sedotan, air bersih, dan es batu. 

5. Usaha Jasa Modal Kecil
Usaha jasa modal kecil misalnya usaha laundry, rental komputer, pengetikan, pengiriman paket, agen tiket, dan rental play station merupakan usaha kecil sukses yang nantinya dapat menjanjikan di pasaran. Dengan modal Rp. 2.000.000,- - Rp. 4.000.000,- dan pelayanan yang baik ke konsumen niscaya usaha jenis ini bisa bertahan dan selalu dibutuhkan masyarakat. 

6. Usaha Makanan
Usaha di bidang kuliner seperti usaha bubur ayam, usaha nasi uduk, makanan ringan, gorengan, cake, dll akan bisa berkembang jika ditekuni secara serius dengan pemasaran secara offline maupun online. Manfaatkan keahlian memasak anda untuk menciptakan suatu produk makanan yang lezat dan dengan harga yang terjangkau. 

Beragam ide usaha kecil sukses yang telah diuraikan sebelumnya, semoga dapat memberikan inspirasi bagi anda untuk memulai usaha impian anda. Selama memiliki niat, keyakinan, kerja keras dan kemampuan, anda pasti bisa sukses dalam usaha kecil anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...