Saturday, January 26, 2013

Mencari Peluang Bisnis


Pada saat memulai bisnis sebaiknya kita menentukan dahulu modal awal yang kita miliki. Selanjutnya adalah mencari peluang bisnis itu sendiri. Ini tahap yang sangat penting. Agak lama di tahap ini hingga mantap atau stabil, jauh lebih baik daripada “asal cepat tapi sembrono.” Proses yang lama bisa jadi karena memang kita membutuhkan waktu untuk mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan mendalaminya, seperti mengenal resiko-resiko, sebaran pasar, peta persaingan, dan faktor-faktor kunci keluar dari permasalahan.
Ada beberapa sumber peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan.

1.  Media Massa Cetak
Sekarang ini, banyak tabloid mingguan, majalah bulanan, yang membahas bisnis termasuk menawarkan berbagai peluang bisnis. Prospek bisnisnya dibahas secara fokus dan detail, itu sangat membantu. Media massa cetak lain yang sangat penting adalah buku. Buku-buku tentang peluang bisnis banyak sekali. Juga tentang prinsip dan cara membangun bisnis. Coba baca buku-buku tentang peluang bisnis. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

2. Media Massa Elektronik
Ini termasuk televisi, radio, internet, dan Blackberry Group. Ada beberapa stasiun TV yang memiliki acara tentang bisnis. Ada yang liputannya sekilas, ada yang mendalam. Begitu juga dengan radio. Sumber informasi yang justru sangat luas adalah internet. Gunakan mesin pencari (search engine) untuk mencari berbagai informasi peluang bisnis. Sekarang Facebook dan Twitter pun menjadi media bisnis yang luar biasa.

3. Pameran
Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Medan atau Makasar kerap diadakan pameran bisnis. Ada pameran yang memang secara khusus diadakan untuk menjadi ajang pertemuan antara pemilik bisnis yang telah berjalan dengan orang-orang yang ingin punya bisnis. Ini ajang yang sangat baik untuk mencari informasi.

4. Seminar/Pelatihan
Akhir-akhir ini, pelatihan bisnis dan kewirausahaan marak diselenggarakan. Ada yang diadakan secara umum, ada juga yang hanya diperuntukkan untuk komunitas tertentu. Misalnya mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan sebuah instansi. Bila memungkinkan dan terbuka untuk umum, sebaiknya Anda bisa mencoba mengikuti acara tersebut, setidaknya menambah wawasan dan jejaring.

5. Survei Langsung 
Ini dilakukan dengan mendatangi bisnis-bisnis yang ramai, unik, dan menarik minat Anda. Berkenalan langsung dengan pemiliknya memungkinkan kita untuk menggali informasi tentang bisnis tersebut dan peluang untuk bekerja sama. Bila ada saudara, teman, atau kenalan yang memang sudah punya bisnis, ini peluang besar bagi Anda untuk mencari informasi langsung dari ahlinya. Informasi yang lengkap tentang sebuah bisnis tentu akan membantu kita untuk membandingkan dan menilai kesesuaiannya dengan kondisi kita.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis, berikut ini ada beberapa bisnis yang bisa dijadikan ide. Silahkan baca kategori bisnis modal kecil.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...