Tuesday, May 14, 2013

Cara Mengembangkan Usaha

Menggapai kesuksesan dan melebarkan sayap suatu usaha yang telah dimulai memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak kerja keras dan perjuangan yang perlu dihadapi pada awal merintis usaha oleh para pelaku bisnis yang sukses saat ini. Menilik pengalaman Bob Sadino yang kini telah menjadi pebisnis sukses dan terkenal di Indonesia, dahulu ia memulai usaha secara door to door dalam menjual telur ayam. Banyak rintangan dan cemoohan orang yang telah didapatnya tetapi hal itu justru dijadikannya penyemangat untuk sukses. Contoh lainnya, pemilik PT. HM. Sampoerna, Liam Seeng dan istrinya dahulu bersusah payah merintis usaha tembakaunya dari bawah dengan membuka usaha kios rokok kecil di pinggir jalan. Namun, seiring waktu kerja keras dan ketekunan mereka terbayar dengan berkembangnya jaringan bisnis PT. HM. Sampoerna hingga ke mancanegara. Sehingga, ini dapat diartikan bahwa dalam cara mengembangkan usaha, modal bukanlah menjadi faktor kesuksesan yang utama. Banyak hal-hal yang patut diketahui dan dipahami para pelaku bisnis pemula agar dapat meraih kesuksesan dalam pengembangan usahanya.

Cara Mengembangkan Usaha Bagi Pemula

Sama halnya dengan peribahasa lama “banyak jalan menuju Roma”, beragam cara mengembangkan usaha bagi pemula yang sebenarnya bisa dilakukan guna meraih kesuksesan dan melebarkan sayap lebih tinggi lagi seperti menggunakan cara-cara dibawah ini.

1. Miliki Keyakinan terhadap Ide
Memiliki keyakinan terhadap suatu gagasan atau ide anda tentu akan menjadi bahan bakar dalam memulai suatu usaha disamping kerja keras dan keahlian. Dengan keyakinan yang mantap akan ide atau gagasan dalam usaha anda, anda akan memiliki visi bisnis yang lebih jelas di masa depan guna mengembangkan bisnis anda. Jadikanlah ejekan dan tertawaan orang yang memandang rendah ide anda sebagai pemacu semangat anda untuk sukses.

2. Buatlah Konsep Bisnis yang Sederhana
Banyak orang ingin cepat sukses sehingga mereka cenderung membuat konsep bisnis yang muluk-muluk tetapi pada akhirnya susah untuk dijalankan. Dengan keamampuan khusus yang anda miliki, pikirkanlah konsep bisnis yang sederhana. Kesampingkanlah jumlah modal yang anda miliki dan maksimalkan semua kemampuan khusus anda dalam usaha anda.

3. Milikilah Sebuah Passion dalam Usaha
Dalam mengembangkan suatu usaha, pelaku bisnis harus memiliki konsistensi dalam mengelola usahanya. Untuk memiliki konsistensi yang stabil, seorang pelaku bisnis dengan passion atau minat yang baik pada suatu usaha biasanya akan lebih cepat berkembang dan sukses. Mengapa? Dengan memiliki passion atau minat pada suatu jenis bidang usaha, seorang pebisnis akan memiliki semangat dalam menjalankan suatu usaha dan bersaing dengan kompetitor serupa di dunia bisnis. Passion yang dimiliki seseorang akan secara alami mendorong orang tersebut untuk selalu termotivasi dan tergerak untuk menjalankan usahanya. 

4. Jangan Berhenti untuk Belajar Hal Baru
Saat usaha anda telah dirasa lebih berkembang dari sebelumnya atau target anda telah tercapai, sebaiknya anda jangan cepat puas dan tetap mengembangkan diri dengan mempelajari hal-hal baru. Tetap pelajari minat konsumen, trend pasar, dan carilah informasi ke berbagai sumber sehingga anda bisa memperoleh ide baru guna melakukan inovasi-inovasi produk yang semakin menguntungkan bagi usaha anda ke depannya.

5. Selalu Aktif Berpromosi
Cara mengembangkan usaha yang selalu jitu adalah dengan selalu aktif mempromosikan dan mensosialisasikan produk anda. Selain menggunakan cara promosi tradisional seperti memasang iklan dan menyebarkan brosur, anda dapat memanfaatkan internet marketing guna mengenalkan usaha anda ke khalayak ramai dan menjaring pasar yang lebih luas.
Disamping lima cara mengembangkan usaha yang dijelaskan diatas, B.J. Habibie, mantan presiden RI dan ilmuwan yang telah berjasa bagi Indonesia memiliki strategi pengembangan usaha yang disebut dengan lompatan katak. Strategi lompatan katak ini meliputi empat cara yaitu penelitian dasar, pengembangan teknologi, pengambilan lisensi dan integrasi teknologi. Sekian, semoga artikel singkat tentang cara mengembangkan usaha ini dapat bermanfaat bagi anda yang bertekad mengembangkan usaha anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...