Monday, May 13, 2013

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga kini merupakan satu profesi bagi kaum wanita yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan banyaknya kewajiban yang harus dilakukan di rumah sambil mengurus suami dan buah hati, seorang ibu rumah tangga yang memiliki minat bisnis seringkali mencari peluang usaha sampingan ibu rumah tangga untuk membantu ekonomi keluarga.

Memiliki peran penting dalam keluarga sebagai ibu dan istri, seorang wanita tentu tidak bisa lagi bekerja dengan jam kerja yang terikat seperti di kantor. Memulai usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah dengan jam kerja yang lebih fleksibel, bisa menjadi suatu peluang usaha sampingan dengan prospek cerah jika didukung dengan adanya keterampilan khusus yang dimiliki.

Beragam Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga


Melihat situasi ekonomi di jaman sekarang dimana uang merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan dalam menunjang kehidupan setiap orang, pastinya memulai usaha sampingan ibu rumah tangga merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba.


1. Usaha Jahitan atau Taylor
Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan khusus seperti menjahit dan sebelumnya mungkin pernah mengikuti kursus keterampilan menjahit, anda bisa memanfaatkan skill anda dengan membuka usaha jahitan di rumah. Sebagai langkah promosi awal, tawarkan jasa menjahit anda ke para tetangga di sekitar tempat tinggal anda dan pasanglah spanduk sederhana di depan rumah untuk menarik calon konsumen.

2. Usaha Makanan atau Kuliner
Wanita memang selalu diidentikkan dengan kemampuan mengolah makanan meski pada kenyataannya tidak sedikit wanita yang kurang mahir memasak. Meskipun begitu, pada dasarnya setiap wanita sebenarnya bisa memasak dan hanya membutuhkan banyak pengalaman dengan praktek memasak secara otodidak. Peluang usaha sampingan yang selalu berpotensi adalah usaha makanan atau kuliner adalah dengan membuka warung makan di rumah, mengolah makanan ringan kemasan, bisnis catering, bisnis pemesanan cake ulang tahun, dll. Anda harus memilih jenis makanan yang anda paling anda minati dan ahli dalam proses pembuatannya.

3. Usaha Kursus atau Bimbel
Membuka usaha sampingan seperti kursus, bimbingan belajar atau les privat juga cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang pelajaran. Sebagai tahap awal usaha ini, anda bisa mencari murid di sekolah-sekolah di sekitar lingkungan anda dan mungkin juga menawarkan pada para tetangga anda. Untuk rencana pembelajaran atau silabusnya, anda bisa menyesuaikan dengan materi pada buku paket yang digunakan di sekolah. Disamping itu, anda dapat membahas materi 1-2 bab lebih cepat daripada materi yang diajarkan di sekolah sehingga murid-murid anda semakin tertarik dan lebih memahami pelajaran. Dengan memasang tarif harga yang menyesuaikan pasar dan tidak terlalu mahal niscaya akan banyak anak yang mengikuti kursus anda.

4. Usaha Kerajinan Tangan
Usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang feminin dan kreatif adalah usaha kerajinan tangan misalnya boneka dari kain perca, souvenir pernikahan dari kain flanel, sandal unik, tas dari kemasan plastik bekas, jasa kemas parcel, dan sebagainya yang menuntut kreativitas dan ketelitian para ibu rumah tangga. Pemasaran produk kerajinan tangan sebaiknya dimulai dari diri sendiri dengan mengenakan hasil karya anda ke berbagai acara seperti arisan, reuni, pengajian, dll untuk menarik minat teman atau kerabat anda. Sebagai masukan, anda dapat menggunakan media jejaring sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Untuk meningkatkan kreatifitas, anda bisa mengikuti berbagai training atau kursus keterampilan yang ada di lingkungan anda.

5. Penulis Buku atau Freelance
Menekuni usaha sampingan sebagai penulis lepas atau penulis buku bisa menjadi usaha sampingan yang menghasilkan bagi ibu rumah tangga yang berwawasan luas dan mahir menulis. Anda bisa mengirimkan karya tulis anda ke penerbit-penerbit dan mencari koneksi guna memperluas jaringan kerja dengan bersosialisasi dengan teman baru dan para ibu rumah tangga yang hobi menulis di komunitas khusus penulis secara online.
Dengan beragam usaha sampingan ibu rumah tangga yang telah diperinci diatas, semoga anda bisa menentukan jenis usaha sampingan yang sesuai bagi anda para ibu rumah tangga.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...