Tuesday, May 28, 2013

Bisnis Souvenir Pernikahan

Dalam sebuah resepsi pernikahan, souvenir pernikahan yang sering dianggap remeh dan hanya dianggap sebagai pelengkap, sebenarnya memiliki satu peran penting yaitu sebagai pencipta kesan kepada para tamu undangan terhadap resepsi pernikahan itu sendiri selamanya. Tamu undangan yang mendapat souvenir pernikahan yang asal-asalan pastinya tidak merasa puas dan cenderung memberi kesan negatif terhadap pernikahan yang didatanginya tersebut. Banyaknya pesta pernikahan dari tahun ke tahun dapat menjadi peluang bagi anda untuk memulai bisnis souvenir pernikahan yang tergolong sederhana dan tidak terlalu rumit. Selain itu, anda juga tidak membutuhkan keterampilan khusus untuk membuat souvenir pernikahan. Anda dapat membeli secara grosir barang-barang yang akan digunakan dalam bisnis souvenir pernikahan anda kemudian mengemasnya dengan cantik dan menarik untuk memberi kesan yang indah pada penerimanya.

Tips Menentukan Jenis Souvenir dalam Bisnis Souvenir Pernikahan

Pemilihan jenis souvenir pernikahan yang tepat sangat penting untuk dipikirkan sehingga bisnis souvenir pernikahan anda dapat berjalan dengan lancar dan semakin diminati pelanggan. Sebagai masukan, berikut ini ada beberapa tips dalam menentukan jenis souvenir pernikahan yang anda dapat gunakan dalam memulai bisnis souvenir pernikahan anda.

1.    Pilihlah jenis barang untuk souvenir pernikahan yang memiliki nilai guna dan bermanfaat serta berkesan bagi tamu undangan yang menerimanya. Memilih souvenir pernikahan tidak perlu mahal dan tidak memiliki manfaat bagi penerimanya. Pikirkan barang yang terjangkau dan berdaya guna bagi penerima seperti handuk, gelas mug, mangkok, gantungan kunci, lilin hias, kipas cantik, headset, dan sebagainya.

2.    Mempertimbangkan modal dana yang anda punyai, kunjungilah pusat grosir pernak-pernik atau pusat grosir souvenir pernikahan terdekat untuk memilih jenis souvenir pernikahan yang sesuai dengan budget anda. Dalam pembelian, anda sebaiknya melakukan perbandingan harga dengan mengunjugi tempat lain serta melakukan tawar menawar harga kepada penjual agar bisa mendapat keuntungan yang maksimal.
3.    Sebaiknya anda teliti apakah barang-barang yang akan anda beli sebagai souvenir pernikahan dalam bisnis souvenir pernikahan anda terdapat retakan, goresan, atau cacat. Teliti dan pilih barang-barang dengan cermat dan tidak tergesa-gesa. Perlu diketahui, tidak hanya barang-barang murah saja yang sering terdapat kecacatan, barang-barang mahal pun tidak jarang dapat ditemui kecacatan jika pembeli kurang teliti dalam memeriksa kualitas produk tersebut.

Ide Bisnis Souvenir Pernikahan

Apabila anda ingin memulai bisnis souvenir pernikahan kecil-kecilan, anda dapat mempertimbangkan untuk membuat sendiri souvenir pernikahan yang unik, personal, ekonomis dan berkesan dengan sederhana tanpa memerlukan waktu pembuatan yang lama. Di bawah ini terdapat beberapa ide jenis souvenir pernikahan yang dapat anda buat sendiri dengan mudah dalam waktu singkat.

•    Permen cokelat warna-warni
Jenis souvenir ini sangat mudah dan praktis dibuat karena anda hanya perlu membeli permen cokelat berwarna-warni kiloan dengan mendatangi pabriknya atau factory outletnya kemudian mempersiapkan wadah cantik untuk kemasannya. Wadahya dapat berupa wadah transparan dari mika dan kertas warna-warni dengan hiasan pita cantik. Anda dapat membentuk wadah mika tersebut menjadi sebuah box dengan menempatkan kertas warna-warni sebagai alasnya. Lalu, isi wadah itu dengan permen cokelat dan ikatlah box dengan pita cantik

•    Gantungan Kunci dari Flanel
Berikutnya, anda dapat membuat gantungan kunci dari kain flannel dengan berbagai bentuk unik dan cantik misalnya bentuk hati, bunga, binatang, dst. Perlengkapan yang diperlukan sangat sederhana seperti jarum, benang, kain flanel berwarna-warni, dan gantungan kunci polos. Anda dapat mempelajari cara menjahit sederhana dari berbagai sumber di internet yang biasanya menggunakan cara teknik menjahit berupa tusuk feston sederhana. Kemaslah gantungan kunci tersebut dengan menarik.

•    Handuk Cantik Beragam Bentuk
Untuk membuat souvenir pernikahan ini, anda hanya perlu membeli grosiran handuk beragam warna lalu dibentuk dengan beragam bentuk unik misalnya permen lolipop, cake, keranjang, dsb dengan hiasan plastik bermotif lucu dan renda sebagai wadah kemasannya.
Semoga ulasan tentang bisnis souvenir pernikahan dalam artikel ini dapat menginspirasi anda dalam memulai bisnis souvenir pernikahan anda. Selamat mencoba.



  
  
  









 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...