a

Tuesday, May 28, 2013

Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Masalah klasik yang sering menjadi penghambat pengusaha untuk memulai suatu usaha sampingan adalah modal. Modal sering dianggap syarat mutlak dalam membuka sebuah usaha. Mayoritas orang ketika mendengar kata modal, hal yang terlintas dalam benak mereka pastilah uang. Padahal, modal untuk memulai usaha sampingan sebenarnya tidak hanya uang tetapi dapat berupa teman yang banyak, keahlian khusus, keterampilan, niat yang kuat, pengalaman, keberanian mengambil resiko, dan lain sebagainya. Usaha sampingan modal kecil yang akan diulas disini akan memfokuskan pada keahlian yang tiap orang miliki untuk digunakan sebagai modal usaha disamping uang. Setiap orang apabila berniat memulai suatu usaha sampingan haruslah berfokus pada kelebihan dirinya daripada mengeluhkan kekurangan yang dimilikinya. Segala kelebihan yang ada dalam diri pebisnis hendaknya semakin dikembangkan dengan berbagai cara sehingga usaha yang nantinya akan digeluti dapat berjalan lancar dan sukses.

Cara Memulai Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Sangat disayangkan, kebanyakan orang sering tindak menyadari bahkan tidak mengetahui potensi dirinya yang dapat difungsikan untuk memulai usaha sampingan dengan modal kecil. Untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki dan memulai usaha sampingan dengan modal kecil, anda dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut.

1.    Menentukan Bidang Usaha yang Diminati
Dalam memulai suatu usaha, anda perlu memiliki minat atau passion di bidang usaha tersebut. Minat yang anda miliki akan mendorong anda menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil anda secara serius, bergairah, tanpa paksaan bahkan di suatu titik, anda bisa melakukan usaha sampingan tersebut secara sukarela tanpa dibayar dengan sepenuh hati. Jika anda bingung, anda dapat bertanya pertanyaan 4E pada diri sendiri yaitu, apakah anda menikmati atau enjoy melakukan bidang tersebut, apakah bidang usaha itu mudah atau easy, apakah dapat menghasilkan atau earn, dan apakah bisa mencapai hasil yang optimal atau excellent.

2.    Perbanyak Membaca, Melihat, dan Merasa
Dengan memperbanyak membaca berbagai sumber misalnya internet, majalah, dan buku, anda dapat melihat peluang usaha sampingan dengan modal kecil serta merasakan kemungkinan perkembangan usaha tersebut nantinya.

3.    Bertanya pada Orang Terdekat
Anda sebaiknya bertanya pada orang-orang terdekat untuk memahami potensi yang ada pada diri anda serta berdiskusi tentang jenis bidang usaha sampingan dengan modal kecil yang sesuai bagi anda.

4.    Berani Mencoba Hal Baru
Keberanian mencoba hal-hal baru yang tidak pernah terpikirkan pengusaha lain dapat mendorong usaha sampingan dengan modal kecil anda untuk semakin berkembang dengan didukung strategi pemasaran yang tepat secara offline dan online.

Beberapa Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Terdapat beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil yang mungkin dapat menginspirasi anda yang ingin memulai usaha sampingan secara mandiri sebagai berikut ini.
1.    Les Privat: anda bisa membuka usaha sampingan les privat di rumah dengan memanfaatkan keahlian yang anda miliki di waktu luang anda atau sepulang kerja.
2.    Usaha Voucher Pulsa: dengan modal kecil, anda dapat memulai usaha sampingan ini dengan menggunakan handphone dan pembelian voucher pulsa di agen penjualan pulsa terdekat.
3.    Usaha Rental Komputer: usaha sampingan rental komputer hanya bermodal komputer dan printer. Selain itu, anda dapat menawarkan jasa reparasi komputer bagi anda yang memiliki keahlian memperbaiki komputer.
4.    Usaha Warung Sembako: sembako merupakan barang kebutuhan pokok yang selalu diperlukan masyarakat. Dengan modal kurang dari sejuta, anda dapat membuka usaha sampingan warung sembako di rumah secara kecil-kecilan untuk menambah penghasilan.
5.    Usaha Online Shop: berkembangnya teknologi dapat menjadi peluang anda memulai usaha toko online dengan menjual beragam produk seperti makanan ringan, baju, kosmetik, gadget, aksesoris, dan sebagainya. Kelebihan usaha sampingan jenis ini adalah waktu kerjanya yang fleksibel dan strategi pemasarannya yang mudah.

Sebenarnya, masih banyak ide usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat anda pertimbangkan tetapi anda harus terlebih dahulu mempersiapkan mental anda untuk berbisnis sehingga usaha sampingan anda dapat terus berkembang dan berprospek cerah




   
   
   










 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...