a

Thursday, January 17, 2013

Bisnis Waralaba

Sebuah bisnis yang siap jadi adalah suatu konsep atau sistem bisnis yang telah dipersiapkan, dicoba, diuji, dibuktikan dan siap dijalankan. Jenis bisnis ini yang paling umum adalah waralaba (franchise) yang artinya kita membeli hak dagang dari perusahaan tertentu dan kemudian membiayai manajemen yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Keuntungannya adalah Anda akan membeli sesuatu yang memang telah terbukti, teruji, memiliki sistem yang bekerja dengan baik pada setiap proses dan, tentu saja, bukan hanya Anda yang menjalankan konsep bisnis ini.

Bentuk modern dari kegiatan franchise ini, disebut sebagai 'bisnis berformat waralaba', yang mulai dijalankan oleh Ray Kroc ketika dia memutuskan bahwa ini adalah cara yang terbaik untuk mengembangkan restoran McDonaldnya. Setelah berhasil membuka enam ribu unit, dia berhasil menjadi entrepreneur bisnis restoran terbesar di dunia, tidak ada seorang pun yang meragukan kesuksesan dari format waralaba. Karena setiap orang yang memanfaatkan fasilitas waralaba ini membiayai bisnis mereka sendiri, maka akan terdapat banyak  sekali gerai yang dibangun. Sekarang terdapat banyak sekali perusahaan yang memakai format ini, mulai dari toko-toko di jalan besar sampai perusahaan konsultan manajemen.

Jika Anda memiliki modal untuk diinvestasikan, bisnis waralaba sangat mengurangi resiko dan juga dapat terhindar dari segala masalah seperti yang dialami oleh entrepreneur yang baru mulai membangun bisnis dengan menggunakan cara berbisnis yang lebih kuno. Setiap masalah yang mungkin terjadi di bisnis waralaba sudah dipelajari dan tersedia berbagai bantuan teknis yang diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Entrepreneur yang menyediakan bisnis waralaba akan mendapatkan penghasilan berupa persentase penjualan mereka di bidang bantuan teknis, merek, pemasaran, dsb, termasuk apabila terdapat permintaan bantuan produk-produk yang bersangkutan, maka mereka juga dapat mengawasi dan memasoknya. Kekuatan dari bisnis waralaba terletak pada sistemnya yang telah terbukti berfungsin dengan baik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti sistem yang ada dan menjalankannya.

Setiap bisnis itu berisiko, meskipun sudah semakin banyak orang yang merasa tidak aman dengan pekerjaan mereka sebagai karyawan dan akibatnya mereka lebih mungkin untuk melakukan lompatan, karena resiko akan dianggap semakin mengecil. Dalam sebuah pekerjaan, meskipun Anda mendapat bayaran tinggi, Anda tidak bisa berkembang. Anda akan selalu dibatasi dengan ruang lingkup ketenagakerjaan.

Di Inggris, bisnis berformat waralaba pertama kali dijalankan di pub, kemudian agen mobil. Kemudian dibanjiri oleh berbagai industri makanan cepat saji mulai dari yang paling terkenal yaitu McDonald. Pernah merasa iri dengan besarnya jumlah uang tunai yang diterima dalam satu hari dari restoran lokal McDonald Anda? Janganlah menjadi naif; bahkan dengan restoran McDonald, Anda tidak dapat duduk santai dengan hanya mengharapkan semuanya terjadi begitu saja. Kalau ada pebisnis yang menjalankan usaha waralaba dengan cara seperti ini, maka mereka akan mengalami kegagalan. Semua jenis usaha perlu bekerja dan tumbuh. Bahkan beberapa tahun yang lalu, restoran McDonald mengalami kerugiannya yang pertama dalam sejarah. Banyak entrepreneur yang menawarkan fasilitas waralaba telah mengatakan bahwa yang menjadi masalah terbesar mereka adalah orang-orang yang hanya menginginkan uang tunai, tetapi mereka tidak memiliki keahlian atau bahkan motivasi untuk berhasil. Seperti entrepreneur yang lain, mereka juga harus bertanggung jawab untuk mencapai kesuksesan.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...