a

Friday, May 10, 2013

Bisnis Es Krim

Bisnis es krim di negara beriklim tropis seperti Indonesia memang menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Baik beragam kalangan dari bermacam usia telah mengenal es krim sebagai produk makanan yang menggoda dan menyegarkan. Konsumen dari usia muda hingga tua selalu menyukai es krim sebagai pelepas dahaga di cuaca terik dan camilan yang lezat. Ditambah lagi, dengan proses pelaksanaan bisnis es krim yang mudah, tidak memerlukan keterampilan khusus, serta banyak karyawan, bisnis es krim dapat dengan mudah dijalankan dan dimulai dengan pengawasan yang sederhana tanpa banyak tenaga. Anda hanya perlu mengerti kerja mesin pembuat es krim dan mengawasi waktu pembuatannya yang relatif singkat. Selain itu, memilih bisnis es krim sebagai peluang usaha tentu tidak ada matinya karena akan selalu dibutuhkan dan semakin diminati konsumen seiring waktu. 

Cara Praktis Memulai Bisnis Es Krim 

Bagi anda yang berminta untuk mencoba peluang bisnis es krim ini, anda harus mempertimbangkan faktor-faktor penting sepertiyang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Modal Awal
Mempertimbangkan modal awal yang anda miliki sangatlah penting karena dengan mengetahui jumlah modal awal yang anda punyai, anda dapat memperkirakan jenis mesin es krim apa yang anda mampu beli, biaya sewa lokasi bisnis es krim, biaya pegawai, dan lain sebagainya. 

2. Peralatan Utama Bisnis Es Krim
Mengenai peralatan yang diperlukan dalam bisnis es krim, anda dapat mencari sumber di internet yang menawarkan berbagai macam peralatan mesin pembuat es krim berikut dengan pelayanan tambahan lainnya seperti jasa servis, panduan proses penggunaan mesin, training singkat, penyediaan bahan bahu bubuk es krim instant, dll. Sebagai masukan, anda sebaiknya memilih membeli mesin peralatan es krim dengan merk yang telah banyak digunakan bisnis es krim lain dan terbukti berkualitas. Pilihlah jenis mesin dengan kebutuhan daya listrik yang minim, kuantitas produksi yang banyak, jumlah kran yang lumayan serta harga yang terjangkau. Apabila anda belum memiliki pengalaman sama sekali, cobalah untuk memilih membeli mesin pembuat es krim dari penjual terpercaya yang meneydiakan jasa pelatihan gratis, servis mesin es krim tahunan, dan dukungan penyediaan bahan baku bubuk es krim instant. Sebelum membeli, sebaiknya lakukan perbandingan dengan penjual mesin pembuat es krim lain di pasaran. Selain itu, agar anda tidak salah pilih, berdiskusilah dengan orang terdekat anda serta orang yang telah berpengalaman dalam menjalankan bisnis es krim. 

3. Peralatan Penunjang Bisnis Es Krim

Disamping membeli mesin es krim sebagai peralatan utama dalam menjalankan bisnis es krim anda, terdapat peralatan penunjang lain yang dapat anda pikirkan. Mengingat modal awal yang anda miliki, pikirkanlah apakah anda perlu membeli peralatan penunjang bisnis es krim lain seperti truk es krim keliling, motor es krim keliling, kulkas es krim, dan sebagainya.


4. Lokasi yang Strategis
Pemilihan lokasi sangat menentukan keramaian dan kesuksesan bisnis es krim anda. Anda perlu memilih lokasi bisnis yang ramai pengunjung dan banyak dilewati orang misalnya di membuka stand es krim di mall, dekat sekolah, sekitar kampus, dll. 

5. Strategi Pemasaran yang Unik dan Tepat
Lokasi yang strategis saja belum cukup menunjang suatu bisnis es krim anda agar berhasil dan berkembang. Anda membutuhkan strategi pemasaran yang unik dan tepat guna melebarkan sayap bisnis es krim anda. Sebagai tahap awal, anda dapat melakukan mouth to mouth promotion pada teman, kerabat, tetangga dan orang di sekitar anda. Selain itu, anda bisa melakukan promosi dengan membagikan brosur, memasang spanduk, menyiarkan di radio, memasang iklan secara online maupun offline di media cetak lokal serta memberikan bonus hadiah atau diskon. Merenovasi lokasi bisnis es krim atau menambah berbagai hiasan unik di tempat usaha anda juga dapat semakin menarik banyak pengunjung untuk membeli es krim di tempat anda. Berilah konsumen kepuasan dan kenyamanan dengan pelayanan yang ramah dan konsep desain ruangan yang unik. Untuk lebih memperluas pasar, anda dapat juga ikut serta sebagai sponsor dalam berbagai acara komunitas di daerah anda. 

Dengan demikian, lima cara praktis memulai bisnis es krim yang telah dijelaskan tersebut semoga dapat bermanfaat bagi anda yang berminat merintis bisnis es krim nantinya.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...