a

Thursday, April 25, 2013

Usaha Kecil Menengah

Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di tengah perekonomian Indonesia merupakan suatu pilar penopang yang sangat bermanfaat bagi pendapatan perekonomian negara. Semakin bertumbuhnya usaha kecil menengah mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat menjadi solusi bagi masalah pengangguran di Indonesia.

Meskipun banyak pebisnis usaha kecil menengah yang masih mengalami kendala dalam pemasaran, promosi, modal, dan berbagai kendala lainnya, usaha kecil menengah merupakan bisnis yang sangat menjanjikan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Banyak jenis usaha kecil menengah yang bisa dijalankan dengan modal dana yang relative kecil. Ketekunan, kesabaran dan kejelian dalam melihat kondisi pasar adalah modal utama bagi seseorang yang ingin berhasil di bidang usaha kecil menengah. Beragam jenis usaha kecil menengah dapat anda pertimbangkan untuk dijalankan di masa ekonomi global seperti saat ini. 

Usaha Kecil Menengah Berbahan Limbah Rumah Tangga

Salah satu usaha kecil menengah yang kini kian marak adalah usaha kecil menengah dari limbah rumah tangga. Selain anda dapat menyelamatkan bumi dengan mendaur ulang limbah rumah tangga seperti bungkus detergen, kaleng minuman, plastik makanan, dll menjadi tas cantik, tempat tissue, keset, asbak, dll, anda dapat menghasilkan suatu produk rumah tangga baru yang layak jual. Dengan modal yang sangat minim atau tanpa modal jika anda memiliki banyak limbah rumah tangga, anda dapat meyulap limbah-limbah bekas tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi. Kreativitas dan ketrampilan anda sangat dibutuhkan untuk menjalankan UKM ini. Dengan belajar dari berbagai sumber seperti buku ketrampilan usaha limbah, internet, atau bertukar pikiran dengan orang telah yang menekuni usaha ini niscaya anda dapat berhasil menekuni UKM ini.

Usaha Kecil Menengah dari Bisnis Rumahan 

Banyaknya pilihan jenis bisnis rumahan bisa menjadi inspirasi anda untuk menjalankan usaha kecil menengah dengan membuat bisnis rumahan di bidang produk makanan, minuman, atau obat-obatan. Beragam jenis produk makanan, minuman, atau obat-obatan dari bahan alami dapat anda produksi dengan modal kecil seperti telur asin, kue kering, cake, sirup markisa, teh herbal, dll. Anda harus menguasai proses pembuatan produk tersebut dengan baik terlebih dahulu agar menciptakan rasa baru yang menarik minat konsumen. Sebagai awalnya, anda dapat membuat dengan jumlah sedikit dan memasarkannya ke rekan atau kolega anda untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari produk makanan anda. Saran-saran yang anda dapatkan sebaiknya anda gunakan untuk meningkatkan mutu dari produk anda tersebut supaya usaha kecil menengah anda dapat lebih berkembang di kemudian hari.

 Waralaba sebagai Usaha Kecil Menengah 
Trend bisnis waralaba atau franchise yang terus berkembang pesat di Indonesia bisa dijadikan sebagai usaha kecil menengah. Bervariasinya jenis bisnis waralaba di berbagai bidang seperti minuman, makanan, percetakan, fotografi, laundry, dll yang ditawarkan di pasaran akan mempermudah anda dalam memilih waralaba yang sesuai dengan modal awal serta minat anda. Keuntungan dari menjadikan bisnis waralaba sebagai usaha kecil menengah anda ialah bisnis waralaba telah memiliki konsep dan pasar yang jelas dan tersusun rapi sehingga anda tidak perlu khawatir dalam pemasaran produknya. Selain itu, dengan bisnis waralaba, anda akan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. 

Menjalankan usaha kecil menengah memang memerlukan proses dan kerja keras. Untuk dapat meraih kesuksesan di bidang usaha kecil menengah, anda harus memiliki motivasi dan keyakinan yang tinggi. Selain itu, yang paling penting adalah anda harus menjadi seseorang yang benar-benar kompeten dalam bidang UKM anda. Sebelum memasarkan produk anda, buatlah produk tersebut dengan kualitas yang layak atau lebih baik dibandingkan produk serupa di pasaran. Konsumen zaman sekarang adalah konsumen cerdas yang mampu membedakan kualitas produk sehingga apabila produk anda memilki kualitas yang lebih baik daripada yang ada di pasaran, usaha anda dapat bertahan lama dan semakin berkembang.




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...