Thursday, April 25, 2013

Peluang Wirausaha

Banyak orang berkeinginan menjadi wirausaha sukses daripada menjadi karyawan atau pekerja kantoran yang hanya mengunggu gaji bulanan di akhir bulan. Selain itu bagi mereka yang sudah bekerja, memiliki wirausaha merupakan suatu peluang yang dirasa menjanjikan untuk meningkatkan taraf hidup di masa sekarang ini. Tidak heran banyak kalangan mencoba peluang wirausaha di berbagai bidang. 

Banyaknya peluang wirausaha di beragam bidang sebaiknya dijadikan bahan pertimbangan bagi anda yang berniat terjun sebagai wirausaha. Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, anda harus memilih dengan tepat jenis wirausaha yang akan anda geluti. Pemilihan bidang wirausaha yang sesuai akan membuat anda lebih berkembang sebagai wirausaha. Anda perlu mempertimbangkan minat, keahlian, serta modal yang anda miliki untuk memulai membuka bidang wirausaha anda. 

Peluang Wirausaha di Bidang Makanan dan Minuman

Peluang wirausaha di bidang makanan dan minuman selalu menjadi pilihan populer bagi banyak orang di Indonesia. Untuk dapat memulai wirausaha di bidang ini, anda bisa memikirkan untuk bekerja secara mandiri dengan bisnis rumahan kecil-kecilan atau dengan bekerja sama dengan bisnis waralaba yang telah memiliki nama. Sebagai langkah awal, anda perlu mengamati kondisi pasar sehingga anda dapat menentukan produk makanan atau minuman yag cocok untuk konsumen dan akan dapat berkembang di masa depan.

Peluang Wirausaha di Bidang Jasa

Berikutnya ialah peluang wirausaha yang bisa dijalankan dengan modal minim atau bahkan bisa juga tanpa modal. Yang menjadi kunci utama dari bidang wirausaha ini adalah memiliki keahlian dan tekad yang kuat. Dengan beragam keahlian di bidang yang anda miliki, anda dapat membuka beragam usaha seperti servis komputer, jasa kecantikan, laundry, jasa keamanan, les pelajaran, jasa fotografi, jasa percetakan, jasa konveksi dll sesuai bidang keahlian anda. Selain waktunya yang fleksibel, wirausaha di bidang jasa memilki peluang yang bagus untuk terus berkembang di masa mendatang.

Peluang Wirausaha di Bidang Agribisnis

Peluang wirausaha di bidang agribisnis meliputi bisnis tanam-tanaman hias, hasil bumi, hasil pertanian, peternakan dan perikanan. Sekilas peluang wirausaha ini kurang begitu populer dan diminati tetapi sebenarnya hasil dari bidang wirausaha ini termasuk sangat menjanjikan mengingat hasil pertanian dan hasil bumi adalah bahan pokok yang selalu dibutuhkan manusia untuk kelangsungan hidup. Walaupun demikian, salah satu kendala yang paling berarti dari wirausaha di bidang agribisnis adalah faktor cuaca yang tidak menentu. Kegagalan panen atau bencana alam dapat mengakibatkan kebangkrutan pelaku usahanya jika salah mengambil keputusan. Bagaimanapun juga bagi anda yang berminat menekuni bidang ini tidak ada salahnya untuk mencoba.

Peluang Wirausaha di Bidang Property

Jika anda berminat mencoba peluang wirausaha di bidang property, sebaiknya anda telah menyiapkan modal atau dana awal yang lumayan. Hal ini mengingat relatif tingginya harga property seperti tanah dan perumahan di masa ini. Meski begitu, modal yang anda keluarkan di awal bisnis ini akan sepadan dengan hasil akhir dan keuntungan yang anda akan peroleh setelah anda menjual property anda di masa datang. Seperti yang diketahui, property seperti tanah dan perumahan selalu mengalami kenaikan harga seiring waktu sehingga apabila anda memilki modal besar dan minat di bidang ini tidak ada ruginya untuk mencoba. 


Sebagai kesimpulan, peluang wirausaha yang beragam dewasa ini hendaknya dipilih dengan tepat sesuai dengan minat, keahlian, dan modal calon pelaku wirausaha. Selain itu, seorang wirausaha juga harus memiliki karakter yang tahan banting dan positif sehingga ia mampu menemukan jalan keluar dari setiap kendala yang akan dihadapinya kelak. 




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...