Saturday, April 6, 2013

Bisnis yang Menjanjikan

Banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan oleh berbagai kalangan dari usia muda hingga usia dewasa. Terlepas dari modal atau dana yang diperlukan untuk merintis suatu bisnis, seorang pebisnis harus memiliki karakter positif seperti pantang menyerah, sabar, bekerja keras, dan tidak menutup diri untuk belajar hal-hal baru. Sebelum anda memulai membuka bisnis, ada baiknya anda memahami keadaan pasar untuk menentukan jenis bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan saat ini.  

Berdasarkan keadaan dan trend pasar yang berubah-ubah, ada dua jenis bisnis yang menjanjikan yang patut untuk dicoba. Kedua bisnis tersebut adalah bisnis rumahan dan bisnis waralaba atau franchise yang kini kian populer.

Bisnis Rumahan sebagai Bisnis yang Menjanjikan

Di masa sekarang ini, bisnis rumahan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena banyaknya keuntungan yang akan kita peroleh dari menjalankan bisnis rumahan. Sebagai contoh, bisnis rumahan adalah bisnis yang menjanjikan karena dapat dikerjakan di rumah sambil mengerjakan beragam kegiatan rumah tangga tanpa perlu makan banyak biaya sewa tempat ataupun operasional seperti biaya transportasi. Beberapa macam jenis bisnis rumahan seperti bisnis rumahan makanan ringan, catering, minuman, toko kelontong, warung makan, agen pulsa, jasa reparasi, rental komputer, salon kecantikan, jasa percetakan/sablon, rental play station, dan jasa bimbingan belajar merupakan contoh kecil dari bisnis rumahan yang menjanjikan. Untuk bisnis rumahan di bidang produk jadi seperti makanan, minuman, obat-obatan, fashion, dll dapat dipasarkan secara online dengan membuka toko online disamping dipasarkan secara tradisional di sekitar lingkungan tempat tinggal. Sedangkan untuk bisnis rumahan di bidang jasa yang kebanyakan tanpa modal, dapat dilakukan di waktu yang fleksibel atau di waktu luang dengan terlebih dulu menawarkan jasa pada kerabat atau orang-orang di sekitar anda. Disamping pilihan bisnis rumahan diatas, anda juga dapat memikirkan bisnis rumahan yang kreatif seperti bisnis rumahan dari barang-barang bekas, boneka dari kain perca, tas cantik dari plastik bekas dll tergantung keahlian anda. Untuk membuat bisnis rumahan anda menjadi berhasil, anda perlu menambah inspirasi dan keahlian dengan belajar pada buku-buku ketrampilan, internet, dan bertanya pada pebisnis yang telah sukses menjalankan bisnis rumahan.

Bisnis Waralaba sebagai Bisnis yang Menjanjikan

Bagi anda yang tidak yakin dalam merintis bisnis rumahan, bisnis waralaba dapat menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan saat ini. Rumitnya pengaturan dan konsep bisnis rumahan bisa menjadi kendala bagi anda dalam pemasaran dan promosi produk bisnis rumahan. Brand ternama dari bisnis waralaba atau franchise yang semakin populer di negara ini jelas akan lebih mempermudah pebisnis pemula maupun yang telah berpengalaman dalam memasarkan usahanya. Beraneka jenis bisnis waralaba dapat anda pilih berdasarkan modal awal dan minat anda pada bidang waralaba tersebut. Selain itu sebelum anda memutuskan jens waralaba yang sesuai, anda harus memperhitungkan selera pasar untuk masa mendatang, apakah jenis waralaba tersebut akan dapat bertahan lama atau hanya beberapa saat saja. Apabila anda ingin memulai bisnis waralaba, anda harus pula memikirkan lokasi penjualan yang tepat. Bermacam-macam jenis waralaba yang ditawarkan saat ini yaitu waralaba makanan, minuman, jasa laundry, salon, photo studio, digital printing, lembaga pendidikan, dll. Sebaiknya sesuaikan dengan keahlian dan minat anda agar pengelolaan waralaba lebih mudah dan konsisten.

Dalam memilih bisnis yang menjanjikan, perlu diperhatikan besarnya modal yang dimiliki, keahlian, dan minat dari seorang pebisnis. Selain itu, demi suksesnya suatu bisnis, pelaku bisnis perlu mengadakan observasi pasar untuk menentukan selera konsumen. 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...