Friday, April 12, 2013

Bisnis Percetakan

Bisnis di bidang jasa percetakan memang tergolong bisnis yang kurang populer dan tidak banyak diminati oleh banyak kalangan. Walau demikian, peluang bisnis percetakan ini sangat terbuka mengingat jumlah konsumen yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa diketahui dari seringnya terjadi antrian dalam proses percetakan di beberapa bisnis percetakan. Sehingga, dapat diperkirakan bahwa bisnis percetakan adalah salah satu peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan di masa depan. 

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Percetakan

Sebelum memulai bisnis percetakan, anda beberapa langkah yang perlu anda perhatikan dan laksanakan guna kelancaran bisnis percetakan anda.

1. Pelajari Proses Bisnis Percetakan secara Mendalam
Langkah pertama yang wajib dilakukan bagi pelaku bisnis yang berencana memulai bisnis percetakan adalah memahami proses percetakan secara lengkap dan detail. Tidak dipungkiri bahwa seringkali proses pembelajaran proses percetakan akan memakan waktu lama tetapi dengan tekad yang kuat dan kerja keras niscaya hal ini dapat diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memahami proses percetakan secara jelas yaitu dengan menimba ilmu dan pengalaman sebagai karyawan di suatu bisnis percetakan, belajar secara otodidak dengan sarana internet dan buku-buku bisnis percetakan serta meminta bimbingan pada orang-orang yang telah lama menggeluti bisnis percetakan. 

2. Persiapkan Modal untuk Membeli Alat dan Bahan Bisnis Percetakan
Anda perlu mempertimbangkan pula modal yang anda miliki serta memperhitungkan harga peralatan dan bahan-bahan yang akan diperlukan dalam menjalankan bisnis percetakan anda. Mesin percetakan mutlak diperlukan dalam bisnis percetakan. Dari segi harga, memang mesin percetakan akan memakan biaya yang lumayan besar yaitu sekitar Rp. 75.000.000,-. Dengan harga yang tidak murah, mesin percetakan ini memiliki satu warna yaitu hitam-putih yang biasanya dapat mencetak 5.000 lembar kertas tiap jamnya. Sedangkan apabila anda berniat membeli mesin percetakan yang lebih murah agar menyesuaikan dengan dana anda, anda bisa membeli mesin percetakan bekas atau second yang berkisar antara Rp. 25.000.000,- hingga Rp. 30.000.000,- berdasarkan pada usia penggunaan mesin tersebut. Pada dasarnya, tidak ada salahnya menggunakan mesin percetakan bekas bagi pemula karena seiring waktu anda dapat lebih memahami mesin dan mengatasi masalah pada mesin percetakan. Jika bisnis percetakan anda semakin berkembang dan maju pesat, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mesin percetakan empat warna dengan harga sekitar Rp. 3.000.000.000,-.

3. Lakukan Pembelian Peralatan Bisnis Percetakan secara Bertahap
Mengingat banyaknya jenis peralatan dan bahan-bahan dalam bisnis percetakan, sebaiknya anda memkirkan untuk membeli perlengkapan bisnis percetakan anda secara bertahan agar dapat menghemat biaya investasi. Sebagai saran, anda lebih baik membeli peralatan percetakan yang terpenting dan mendesak terlebih dahulu guna menghindari kurangnya biaya untuk membeli peralatan percetakan lain yang akan diperlukan selanjutnya. 

4. Lakukan Kerjasama Bisnis Percetakan dengan Institusi Lain
Untuk meningkatkan keuntungan, anda dapat menjalin kerja sama dengan bisnis percetakan lain atau instansi yang membutuhkan jasa percetakan seperti bank, sekolah, atau perusahaan dengan cara menyewakan mesin percetakan atau menyediakan jasa percetakan secara rutin. 

5. Fokus untuk Menciptakan Reputasi yang Baik pada Bisnis Percetakan
Dalam proses bisnis percetakan anda, anda harus fokus untuk membangun reputasi yang baik di mata klien dan pelanggan dengan cara tidak menolak pesanan-pesanan awal. Selain itu, anda juga harus menyelesaikan pesanan-pesanan tersebut dengan tepat waktu agar klien dan pelanggan anda merekomendasikan bisnis percetakan anda sebagai bisnis yang berkualitas dan professional.

6. Gunakan Strategi Promosi yang Tepat dalam Bisnis Percetakan
Sebagai saran, anda tidak boleh hanya mengandalkan iklan sebagai sarana pemasaran bisnis percetakan anda. Strategi promosi dari mulut ke mulut atau yang dikenal dengan mouth-to-mouth promotion akan lebih efektif dalam mendongkrak popularitas usaha percetakan anda. Cobalah untuk menawarkan jasa percetakan pada tetangga atau perusahaan di sekitar lingkungan anda. Selain itu, anda dapat pula memanfaatkan media online untuk mempromosikan bisnis percetakan anda agar lebih dikenal luas. 

Semoga dengan membaca artikel ini, anda dapat mengetahui beberapa langkah penting dalam memulai bisnis percetakan. Selamat memulai menjalankan bisnis percetakan anda. Semoga sukses.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...