Thursday, April 11, 2013

Bisnis Pakaian

Trend mode pakaian yang sangat dinamis dari waktu ke waktu mendorong munculnya trend bisnis pakaian import maupun lokal dengan keuntungan yang cukup lumayan. Pada umumnya, bisnis pakaian import maupun lokal dilakukan penjual dengan pembelian sistem grosir yang harganya lebih murah untuk dijual kembali. Meskipun begitu, pemilihan pusat penjualan grosir pakaian yang tepat dan terpercaya sangat penting supaya anda tidak mengalami penipuan yang dapat merugikan bisnis anda. Disamping itu sebelum memutuskan membeli pakaian grosiran untuk bisnis pakaian anda di pusat penjualan tersebut, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Tips dan Trik Bisnis Pakaian Grosir

Bisnis pakaian grosir dipandang sangat menguntungkan meingingat dengan harga pembelian grosir yang murah, penjual dapat menjual kembali dengan mengambil untung hingga 100% atau 200%  per potong pakaian. Walaupun begitu, terdapat beberapa tips dan trik dalam bisnis pakaian yang perlu anda ketahui agar bisnis pakaian anda semakin laris pembeli dan lebih berkembang.

1. Melakukan Riset dan Mengenal Pasar
Sebelum membeli atau menjual pakaian grosiran, penjual disarankan untuk mengenali pasaran dengan melakukan riset harga pakaian sejenis yang telah dijual di pasaran, kebutuhan masyarakat sekitar terhadap suatu jenis pakaian, daya beli masyarakat, situasi ekonomi pasar, serta selera umum calon konsumen. Sebagai contoh, apabila lingkungan anda berada di lingkungan pesantren atau masjid, anda lebih baik menyesuaikan dengan membuka bisnis pakaian muslim dengan harga yang terjangkau. Selain itu, apabila tempat usaha anda berada di sekitar lingkungan sekolah atau kampus, sangat disarankan untuk menjual pakaian ABG dengan mode terbaru atau pakaian seragam sekolah yang mungkin belum dijual oleh pesaing bisnis pakaian lain. Kejelian penjual dalam melihat peluang usaha dan kondisi pasar sangat merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis pakaian grosir.

2. Pilih Pusat Grosir yang Termurah dan Terpercaya
Membeli pakaian di pusat penjualan grosir yang termurah dan terpercaya sangat penting agar anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum melakukan transaksi, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai pusat penjualan grosir tersebut, misalnya apakah harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan pusat penjualan grosir yang lain, apakah dapat diretur dengan mudah, apakah jumlah pembeliannya lebih fleksibel, apakah memiliki reputasi yang baik, tempatnya dapat dijangkau dengan mudah, dan sebagainya. 

3. Tentukan Skala Bisnis Pakaian Anda
Mengacu pada jumlah modal yang anda miliki dan gunakan untuk membangun bisnis pakaian anda, tentukanlah skala bisnis pakaian serta jenis produk pakaian unggulan anda sehingga terdapat spesifikasi bisnis yang lebih jelas untuk menarik target konsumen. Hal ini dilakukan misalnya dengan cara memilih skala bisnis kecil, menengah atau besar dan dengan mengkhususkan penjualan pakaian pada tipe pakaian tertentu seperti pakaian batik Indonesia, batik Thailand,  busana hijab, celana jeans ukuran big size, dll. 

4. Pilih Tempat Usaha Bisnis Pakaian yang Strategis
Pemilihan lokasi usaha bisnis pakaian yang banyak dilalui pengunjung patut dipertimbangkan agar dapat menarik pembeli. Anda dapat memilih lokasi bisnis pakaian yang strategis dengan menyewa ruko atau memanfaatkan lokasi sekitar tempat tinggal yang dekat dengan jalan besar atau fasilitas umum yang ramai seperti sekolah, universitas, dan perkantoran.  Sebagai saran, anda bisa mendesain toko bisnis pakaian anda dengan cantik seperti memasang lampu-lampu hias, mengenakan boneka manekin dengan pakaian model terbaru di sudut depan toko, mengecat ulang toko dengan warna yang menarik, menghias toko dengan pernak-pernik unik, dst.

5. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat
Agar bisnis pakaian anda dapat dikenal masyarakat luas dan menarik calon pembeli, anda harus menggunakan strategi pemasaran dan promosi yang efektif. Beragam cara dapat anda lakukan untuk memperluas pemasaran dan promosi bisnis pakaian anda, misalnya secara online melalui jejaring sosial, mouth to mouth promotion, memasang iklan, dan mencetak brosur untuk disebarkan pada masyarakat. Disamping itu, anda dapat menggunakan strategi promosi dengan memberikan potongan harga, bonus hadiah, atau product bundling agar lebih memikat calon pembeli. 
Demikianlah beberapa tips dan trik dalam bisnis pakaian grosir yang bisa anda lakukan jika anda berminat menekuni jenis bisnis ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. 








 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...