Friday, December 14, 2012

Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga ataupun sedang berencana untuk segera berkeluarga maka pengaturan keuangan keluarga sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Jika Anda tidak pintar-pintar dalam mengatur keuangan keluarga / mengatur keuangan rumah tangga Anda, akan banyak permasalahan yang muncul. Banyak orang yang bertengkar karena hidup susah. Meskipun ada yang tetap bisa hidup bahagia walau dalam keadaan susah, tapi tidak bisa dipungkiri banyak orang yang bercerai karena masalah keuangan. Masalah keuangan merupakan akar dari kebanyakan keretakan rumah tangga. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk tahu cara mengatur keuangan keluarga, sehingga kita dapat memaksimalkan pendapatan yang ada untuk kebutuhan hidup sehari-hari, maupun untuk masa depan kita. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa cara untuk mengatur keuangan keluarga / cara mengatur keuangan rumah tangga Anda.

1. Satu hal yang sangat penting pada saat kita mengatur keuangan keluarga kita adalah dengan mencatat segala macam bentuk pemasukan dan pengeluaran. Memang awalnya hal ini akan begitu sulit. Tetapi dengan rutinitas serta keinginan untuk sukses dan kaya kita bisa memiliki spirit untuk menjalankan hal ini dengan disiplin. Saran saya, sebelum anda berkeluarga pun mulainya coba dengan rutin melakukan pencatatan keuangan Anda sehingga nantinya pada saat berkeluarga nanti Anda sudah terbiasa. Yang perlu anda lakukan adalah mencatat semua pendapatan bulanan Anda, dan kira-kira pengeluaran bulanan Anda. Setelah anda selesai mencatat, Anda akan mengetahui apakah per bulannya masih ada sisa tabungan atau tidak. Pengeluaran dalam bentuk utang pun jangan lupa untuk dicatat, sebab itu semua mengurangi pendapatan Anda. Setelah itu, jika memang tidak ada sisa tabungan, maka berusahalah untuk mengurangi bagian-bagian yang kira-kira bisa Anda tekan. Misalnya mengurangi jatah merokok, kurangi makan di luar, dsb.
2. Setelah Anda memiliki gambaran kondisi keuangan Anda, tahap kedua yang harus dilakukan adalah memecah-mecah pendapatan anda menjadi pos-pos. Contohnya : maksimal 50% pendapatan utk pengeluaran sehari-hari, 10% untuk kesenangan, 10% untuk pendidikan, dsb. Jika anda belum membaca artikel saya tentang cara membuat pos-pos keuangan ini silahkan baca terlebih dahulu di cara mengatur keuangan pribadi. Dengan melakukan hal ini Anda akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan keluarga Anda dan jika pos untuk bulan itu sudah hampir habis maka Anda pun secara otomatis tidak akan terlalu boros untuk pos tersebut.
3. Rencanakan masa depan keluarga dengan baik. Ada baiknya anda mengikuti asuransi pendidikan untuk anak, asuransi kecelakaan, atau jika bukan asuransi buatlah semacam tabungan rutin yang tidak bisa diutak atik. Sehingga nantinya jika anak Anda akan kuliah Anda sudah mempunyai persiapan uang untuk hal tersebut. Begitu juga jika keluarga Anda tertimpah musibah dan mengalami kecelakaan, maka ada asuransi yang bisa mengcover biaya pengobatan/penyembuhan.
4. Tentukan Goal finansial Anda, sehingga Anda akan semakin termotivasi untuk menyisihkan uang Anda dan tidak melakukan pemborosan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.
5. Jika Anda merasa pemasukan keluarga habis tiap bulan dan tidak ada tabungan sama sekali maka ada dua hal yang harus Anda lakukan. Pertama turunkan gaya hidup Anda, karena biasa gaya hidup ini yang membuat pengeluaran kita semakin membengkak. Jika Anda merasa gaya hidup Anda sudah low profile, berarti ada hal kedua yang harus anda lakukan. Anda harus mencari penghasilan yang baru. Ini bisa dilakukan dengan pindah tempat kerja, ataupun Anda bisa mencari peluang usaha tambahan yang bisa menopang kehidupan keluarga Anda.
6. Dan yang paling penting adalah anda mempraktekkan hal ini dan lakukanlah secara disiplin dan rutin.

Semoga dengan mengatur keuangan keluarga Anda secara baik, membuat hidup keluarga Anda lebih bahagia.

Jika Anda benar-benar serius untuk mengatur keuangan keluarga Anda, saya sangat sarankan untuk membaca ebook keuangan pribadi. Buku ini sudah saya baca dan saya praktekkan, dan saya sudah merasakan manfaatnya. Oleh sebab itu saya sangat merekomendasikan buat pembaca tips orang sukses untuk membaca juga ebook ini.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...