a

Tuesday, February 12, 2013

Segala Sesuatu Terjadi Karena Suatu Alasan

Banyak orang menyerah saat keadaan terlihat sulit karena mereka melihat penderitaan mereka itu tidak ada artinya dan tidak adil. Saat mereka gagal atau mengalami kemunduran besar, mereka melihatnya sebagai sebuah pesan bahwa mereka tidak cukup baik, bahwa mereka melakukan hal yang tidak seharusnya, atau bahwa mereka hanya tidak beruntung. Mereka cenderung bertanya kepada diri sendiri, "Mengapa ini harus terjadi pada diri saya?"

Percayalah bahwa segala sesuatu, seburuk apa pun kelihatannya, terjadi karena sebuah alasan yang bagus. Apakah itu untuk mengajarkan kita pelajaran berharga untuk menjadi lebih baik, atau mungkin ada sebuah berkat tersembuyi dalam kejadian itu. Selama kita tetap bertindak, 'masalah' itu akan segera terlihat sebagai 'berkat'. Meyakini hal ini selalu memberi kita kekuatan untuk melanjutkan langkah.

Apa yang membuat novel Harry Potter sangat menarik untuk dibaca adalah kemampuan J. K. Rowling untuk menciptakan karkater-karakter dan saat-saat sedih yang menarik imajinasi serta menyentuh hati kita Dari mana datangnya inspirasi yang dimilikinya? Ironisnya, itu datang dari kejadian-kejadian paling tragis dalam kehidupannya. Sampai saat ibunya meninggal, Rowling telah menjalani hidup yang sangat biasa dan tapa kejadian apa-apa..tidak ada kejadian langsung yang dapat dijadikan bacaan menarik.

Namun saat ibunya meninggal setelah terkena penyakit yang melemahkan, dan saat ia baru saja mulai menulis bukunya, Rowling dapat menggambarkan secara sangat realistis rasa sakit yang dialami Harry Potter saat ia kehilangan orang tuanya, karena dia tahu seperti apa rasanya. Dan saat pernikahannya gagal, dan ia jatuh ke dalam depresi klinis, adalah penyakitnya yang memberinya ide tentang 'Dementor', makhluk penghisap jiwa yang diperkenalkannya di buku ketiga. Saat-saat tergelapnya adalah bumbu-bumbu yang dibutuhkan, yang membuat novelnya sangat sukses. Mereka semua terjadi karena suatu alasan.

Dan bagaimana dengan Soichiro Honda? Jika Amerika tidak menyerang Jepang pada Perang Dunia II dan dua kali membom pabriknya, Honda mungkin menjalankan pabriknya dan menyuplai ring piston untuk Toyota sepanjang sisa hidupnya -- sebagai seorang subkontraktor kecil. Pada saat bersamaan, keadaan kekurangan minyaklah yang memaksa Honda untuk berinovasi dan menciptakan sepeda motor pertama di dunia yang berbobot ringan. Dan penemuannya membantu Jepang membangun kembali perekonomiannya, dan menjadi awal berdirinya Honda Corporation.

Jadi, setiap kali Anda mengalami kemunduran, pahamilah bahwa itu terjadi bukan tanpa alasan. Jika Anda dapat menghadapinya, Anda akan melihat bahwa kejadian itu mengarahkan Anda kepada sesuatu yang lebih baik.
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...