a

Wednesday, January 30, 2013

Cara Mempertahankan Usaha

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sebagian dari wirausahawan yang ada di Indonesia adalah pengusaha kecil atau sering diistilahkan dengan wirausaha UKM. Dan tidak dapat dipungkiri pula bahwa sebagian dari mereka adalah pengusaha atau wirausahawan yang menjalankan usahanya dari nol, bahkan ada yang memulai usahanya dari minus. Dan dari segi latar belakang, sebagian besar juga bukan dari keluarga pengusaha, sehingga mereka melakukan usaha atas kekuatan dan kemampuan pribadi. Nah, ini pula yang membuat para pengusaha kita kadangkala tidak mampu untuk mempertahankan usahanya. Bukan karena usaha tersebut jelek, bukan pula karena kalah dalam bersaing tapi lebih sering terjadi karena ketidakmampuan wirausahawan untuk mengatur manajemen perusahaannya.

Berikut ini ada beberapa cara yang harus dimiliki di dalam menjalankan usaha agar mampu dipertahankan dan keluar sebagai pemenang :

a) Pertahankanlah motivasi usaha 
Untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis, motivasi harus dipertahankan. Semisal motivasi untuk mencari untung dengan cara yang benar, motivasi untuk membuka lapangan pekerjaan baik dan tidak merusak, atau motivasi untuk mempertahankan perannya dalam pasar.

b) Jadilah solusi total bagi permasalahan pelanggan
Ketika berhasil merebut kepercayaan pelanggan, maka selanjutnya tingkatkan loyalitasnya dengan memenuhi kebutuhan yang mereka cari. Strategi tersebut cukup efektif untuk mempererat hubungan kita dengan pelanggan. Dengan memberikan total solution bagi permasalahan yang mereka hadapi, tentunya pelanggan pun semakin enggan untuk berpaling ke produk atau tempat yang lain.

c) Ikuti perkembangan pasar
Untuk mempertahankan kesuksesan usaha, sebaiknya ikuti perkembangan tren pasar yang diminati para konsumen. Dengan mengikuti perkembangan terbaru, kita bisa mengetahui minat para konsumen saat ini dan berusaha memenuhinya untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Semakin sering melakukan inovasi terhadap tempat layanan atau produk, semakin besar pula peluang yang kita ciptakan untuk memenangkan persaingan pasar.

d) Amati gerakan para pesaing
Laju pertumbuhan para pesaing untuk usaha sejenis perlu diamati agar pelaku usaha bisa mengetahui seberapa besar ancaman yang ada di sekitar dan strategi apa yang bisa digunakan agar bisnisnya tidak tenggelam di tengah gempuran persaingan yang ada. Ketika pergerakan para pesaing telah berhasil kita ketahui, secara tidak langsung kita akan termotivasi untuk mencari ide-ide baru dan menciptakan inovasi produk unik guna mengatasi ancaman kompetitor yang semakin sengit.

e) Fokus untuk mengembangkan usaha
Ketika dikelilingi para pesaing, jangan pernah takut dan usahakan untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target usaha kita, baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita bisa lebih fokus membawa usaha tersebut semakin ke depan dan meninggalkan para pesaing.

f) Perluas jaringan usaha
Dengan memiliki banyak relasi/jaringan, semakin besar pula peluang sukses yang kita miliki, sehinga tidak heran bila pemasaran usaha semakin pesat dan perkembangan usahanya mengalami peningkatan yang cukup positif. Ingat, semkin kuat kerjasama yang dijalin, maka semakin mudah pula jalan kita dalam mepertahankan eksistensi usaha.
by Sugiyo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...