a

Friday, April 26, 2013

Tindakan yang Konsisten

Sering kali kita terperangkap memikirkan cara yang kompleks untuk meraih kesuksesan. Salah satu kunci kesuksesan yang sering dianggap sepele adalah tindakan yang konsisten. Anda mungkin pernah mendengar dongeng mengenai perlombaan lari antara kelinci dan kura-kura. Sang kelinci begitu sombong dengan kecepatan larinya dan menganggap remeh si kura-kura yang jalannya sangat lamban. Ketika perlombaan dimulai, si kelinci sombong bahkan mempersilakan kura-kura untuk mulai berjalan duluan, sedangkan ia asyik mengerjakan hal yang lain. 

Sang kelinci pun menganggap remeh bahkan ia menyempatkan diri untuk tidur siang selagi kura-kura berusaha menyelesaikan perlombaan. Akibat sikapnya yang menganggap enteng dan malas untuk bekerja keras, sang kelinci akhirnya kalah dalam perlombaan. Satu-satunya hal yang dikerja- 
kan oleh si kura-kura adalah secara konsisten mengambil tindakan untuk mencapai tujuannya. Ta tidak mudah terpancing dengan sikap kelinci yang merendahkannya, ia juga tidak bersungut-sungut menyesali kemampuannya. la hanya berfokus untuk mengambil satu langkah demi satu langkah secara konsisten sampai tujuannya tercapai.

Untuk meraih kesuksesan, kita perlu mencontoh si kura-kura dengan berkomitmen setiap hari mengambil tindakan yang konsisten. Kita tidak mungkin mendapatkan hasil yang luar biasa jika kita hanya bekerja keras dalam satu waktu kemudian tidak menjalankannya secara konsisten dan karenanya kita akan kehilangan momentum. Kita tidak mungkin memiliki tubuh yang ideal hanya dengan melakukan sit-up sebanyak 50 kali dalam satu hari saja. Kita hanya dapat melihat hasil yang kita inginkan setelah kita menjalankan kebiasaan ini selama enam bulan secara konsisten. Seorang reporter mempunyai kesempatan yang sangat unik untuk mewawancarai seorang bapak tua yang masih terlihat sehat menjelang ulang tahunnya yang ke-100. Tentunya berita ini sangat diminati bagi mereka yang mendambakan hidup panjang. Sang reporter bertanya, "Pak, apa yang menjadi rahasia Anda untuk dapat terus hidup sehat bahkan di usia Anda yang ke-100? " Dengan tersenyum, pak tua yang bijaksana itu menjawab, "Hal ini bukan menjadi rahasia mum lagi, saya memperhatikan apa yang saya makan, mencari aktivitas yang membuat pikiran saya tertantang, dan melakukan olahraga rutin setiap hari." Namun dengan masih penasaran sang reporter bertanya kembali, "Pak, hal ini juga pernah saya dengar dari orang yang berusia 50 tahun namun toh ia meninggal pada usia 55 tahun? Pasti masih ada rahasia lain yang belum Anda sebutkan?" Pak tua itu berpikir sejenak kemudian menjawab, "Memang benar orang itu melaku¬kan hal yang soma dengan apa yang saya lakukan, namun perbedaannya ia tidak melakukannya secara terus-menerus. Itulah yang mengakibatkan kegagalannya."

Anthony Robbins, salah seorang maha guru pengembangan diri mengingatkan kita bahwa jika seseorang ingin meraih kesuksesan yang besar, ia hams mampu melakukan tindakan-tindakan yang konsisten. Bukan tindakan sesaat yang mampu mengubah dan membentuk hidup kita tetapi tindakan-tindakan yang konsistenlah yang akhimya membentuk hidup kita.

Apa pun yang dapat Anda visualisasikan dengan jelas, benar-benar menginginkannya, dengan tulus meyakininya, dan secara antusias mengambil tindakan, akhirnya apa yang Anda inginkan akan menjadi kenyataan
By: Paul J. Meyer
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...