a

Wednesday, May 29, 2013

Tips Membeli Emas Batangan

Emas batangan merupakan salah satu investasi cerdas dan prestisius mengingat kadar kemurniannya yang mencapai 24 karat dan sejak dahulu telah menjadi investasi bagi kalangan masyarakat menengah ke atas. Meskipun begitu, di masa ini telah banyak peluang untuk memiliki emas batangan sebagai investasi bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah dari berat minimum 5 gram emas hingga kelipatannya dengan bantuan lembaga keuangan seperti pegadaian. Saat ini telah banyak orang yang memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh pegadaian dengan cara investasi emas batangan secara kredit dengan angsuran yang lumayan ringan tiap bulannya. Disamping itu, berat emas batangan pun dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki oleh tiap orang. Selain pegadaian, bagi anda yang berminat membeli emas batangan murni disertai dengan jaminan keasliannya di tempat produksi yang resmi, anda harus memperhatikan tips membeli emas batangan yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Tips Membeli Emas Batangan di PT. Antam

Untuk pembelian emas batangan yang aman, terjamin, dan terpercaya, anda sebaiknya membeli emas batangan murni dari PT. Aneka Tambang (Antam) yang sejak lama telah dikenal sebagai PT yang memproduksi emas batangan asli dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang berpusat di London, Inggris. Sebelum anda membeli emas batangan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tips membeli emas batangan di bawah ini. 

1. Sebelum anda memutuskan untuk membeli emas batangan anda perlu mengetahui update harga kurs emas terbaru dari PT. Aneka Tambang secara online terlebih dulu. Ketika harga emas di pasaran sedang rendah atau turun, saat tersebut merupakan saat yang tepat untuk melakukan pembelian emas batangan dari PT. Antam agar anda dapat memperoleh untung yang lumayan saat penjualan kembali ketika harga emas di pasaran sedang naik atau tinggi.

2. Jika anda memiliki dana lebih untuk berinvestasi emas dalam bentuk emas batangan, anda sebaiknya memilih membeli emas batangan dengan ukuran besar yaitu diatas 50 gram karena emas batangan berukuran besar mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan emas batangan berukuran kecil. Jika anda membeli emas batangan dengan ukuran yang lebih kecil, anda akan dikenai biaya yang lebih mahal mengingat adanya biaya pencetakan akibat tingginya tingkat kesulitan dalam pencetakan emas batangan berukuran kecil. 

3. Selanjutnya, sebelum anda melakukan transaksi pembelian emas batangan, anda harus teliti memperhatikan keadaan emas batangan yang anda akan beli. Perhatikan dengan hati-hati apakah terdapat goresan, patahan, dan kerusakan lainnya pada permukaan emas batangan sehingga nantinya anda tidak mengalami kerugian dalam penjualan kembalinya. 

4. Apabila anda masih pemula yang memiliki dana terbatas, anda dapat melakukan investasi emas batangan dengan menyesuaikan dana yang anda miliki dengan berat emas yang tidak terlalu besar.

5. Saat anda telah melakukan transaksi pembelian emas batangan di PT. Aneka Tambang, anda selalu diberikan sertifikat keaslian emas batangan yang anda beli. Apabila anda tidak diberikan sertifikat tersebut, anda berhak meminta sertifikat keaslian resmi dari PT. Antam guna menjamin dan mengetahui keaslian emas batangan kepunyaan anda. 

6. Setelah anda mendapat sertifikat asli dan resmi dari PT. Aneka Tambang yang menerangkan berat dan kadar kemurnian emas batangan yang anda beli, anda harus menyimpan dengan baik sertifikat pembelian tersebut di tempat yang aman supaya pada saat diperlukan, anda dapat menjual kembali emas batangan anda dengan mudah. Tanpa adanya sertifikat keaslian tersebut maka emas batangan anda akan sulit dijual kembali karena calon pembeli tidak akan percaya keaslian emas batangan tanpa melihat sertifikat pembelian yang anda peroleh dari PT. Antam. 

Diharapkan dengan membaca artikel mengenai tips membeli emas batangan ini, anda dapat lebih berhati-hati dan waspada dalam membeli emas batangan yang asli dan terjamin karena saat ini sangat marak penipuan dan emas batangan palsu di pasaran. 


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...