a

Sunday, February 24, 2013

Buat Deskripsi Pekerjaan Karyawan

Sangat sedikit bisnis yang meluangkan waktu untuk menulis deskripsi posisi kerja untuk setiap anggota staf. Ini adalah dokumen pendek yang menguraikan harapan majikan terhadap karyawan baru mereka. Biasanya yang sulit dilakukan adalah menulis deskripsi posisi kerja yang pertama. Setelah itu, deskripsi tersebut bisa diadaptasi untuk posisi-posisi lain sesuai kebutuhan. Jenis informasi yang dicantumkan di sini berbeda-beda antar bisnis. Biasanya yang dicantumkan adalah informasi berikut.


  • Falsafah umum perusahaan dan pernyataan misi untuk memastikan agar karyawan memahami asal mula bisnis.
  • Apa yang diharapkan untuk dikerjakan oleh karyawan dan kapan seharusnya mereka menyelesaikan pekerjaan itu. Hal ini untuk memastikan agar karyawan jelas terhadap pekerjaannya dan semua yang berhubungan dengannya.
  • Apa tepatnya yang akan diterima karyawan setelah melakukan pekerjaannya, termasuk berapa upah mereka, jumlah hari yang diizinkan untuk cuti tahunan dan cuti sakit, kontribusi perusahaan untuk uang pensiun, dan hal-hal lain seperti asuransi medis, cuti hamil dan insentif berdasarkan kinerja. Bagian ini juga seharusnya mencantumkan bentuk-bentuk remunerasi lainnya untuk karyawan, termasuk hal-hal seperti pemberian baju seragam, parkir gratis, lama liburan, dan lain-lain.
  • Kebijakan perusahaan -- bagian ini memungkinkan Anda merinci kebijakan perusahaan mengenai hal-hal yang relevan terhadap karyawan baru. Isinya bisa mencakup segala hal mulai dari diskon untuk staf, sampai cara menghadapi keluhan staf lain, keamanan, asuransi, dan lain-lain.
  • Peraturan umum -- jam berapa mereka diharapkan memulai dan mengakhiri kerja, cara mereka berpakaian, cara mereka menghadapi anggota staf lain, periode pemberitahuan yang diharuskan sebelum meletakkan jabatan, kapan dan bagaimana mereka akan digaji, dan lain-lain.
Deskripsi posisi kerja ini harus dibaca dan ditandatangani oleh karyawan baru dan mereka harus diberikan salinannya untuk arsip mereka sendiri. Prosedur ini untuk melindungi Anda dan mereka. Jika Anda ragu-ragu dengan aspek tertentu dari dokumen tersebut, minta perwakilan legal Anda untuk memeriksanya. Banyak badan penasihat bisnis yang menyediakan formulir standar sehingga Anda hanya tinggal mengisinya saja.

Gunakan deskripsi posisi kerja ini untuk memulai hubungan kerja pada level profesional. Perselisihan yang timbul antara staf dan manajemen karena tidak adanya bukti tertulis bisa mengakibatkan terbuangnya banyak waktu, berkurangnya produktivitas, dan seringkali menimbulkan kebencian.

Juga merupakan ide bagus untuk meninjau deskripsi posisi kerja ini dengan staf Anda secara berkala. Hal ini demi memastikan agar semua orang mendapatkan informasi terbaru dan juga untuk menjawab semua masalah potensial.
by Andrew Griffiths
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...