a

Wednesday, February 20, 2013

Aspek Penting Dalam Penjualan

Banyak orang yang selalu mencari topik paling mutakhir dalam dunia penjualan. Namun demikian, ada satu kebenaran dalam dunia penjualan. The Truth is : There is nothing new about selling!

Kenyataannya, setelah Anda meninggalkan semua jargon dan istilah-istilah keren dalam dunia penjualan, maka ada 4 aspek penting dalam dunia penjualan.

1. Penjualan adalah sebuah proses
Penjualan adalah mata rantai dari kegiatan-kegiatan lain. Jika Anda menjalankan rangkaian kegiatan dengan benar, atau jika Anda menjalankan setiap tahap dalam proses penjualan dengan benar, Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat menjual dengan lebih baik.

2. Penjualan adalah permainan angka
Sebenarnya, penjualan didasarkan atas Hukum rata-rata. Lebih banyak prospek, lebih besar kesempatan Anda. Lebih banyak pelanggan yang Anda temui, lebih besar peluang Anda. Lebih banyak Anda menawarkan, lebih besar kemungkinan Anda melakukan closing. Lebih banyak pelanggan bahagia yang Anda miliki, lebih besar kesempatan bagi Anda untuk memperoleh referensi dari mereka. Ini hanya masalah "semakin banyak... semakin baik".

3. Penjualan adalah masalah kemampuan komunikasi dan membina hubungan
Kita adalah makhluk sosial. Kita membuat keputusan lebih karena emosi dibandingkan rasional (lihat "Marketing in Venus" dari Hermawan Kartajaya). Mar lihat alasan-alasan seseorang menjadi nasabah sebuah perusahaan asuransi jiwa :
1. Membeli karena perusahaannya : 20%
2. Membeli karena produknya : 20%
3. Membeli karena agen asuransinya : 60%

Kesimpulannya, jadi atau tidak seseorang membeli dari Anda sangat tergantung dari apakah mereka suka atau tidak kepada Anda, menghargai Anda, mempercayai Anda, menyayangi Anda, merasa memiliki kewajiban membeli dari Anda (karena Anda begitu baik dan suka menolong, dia berhutang budi dengan Anda. Dia juga merupakan teman baik Anda atau ayah/suami Anda, dan lain-lain). Ini karena interaksi yang Anda bangun dan masalah komunikasi pribadi dengannya.

4. Penjualan adalah masalah disiplin
Inilah perbedaan antara penjual sukses dan penjual yang tidak sukses. Successful sales people have learnt to do well the things that unsuccessful sales people do not like to do.

Sudah bukan rahasia lagi, penjual yang sukses lebih disiplin dan mereka tetap mengerjakan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan (walaupun kadang-kadang mereka tidak menyukainya). Di sisi lain, penjual yang tidak sukses akan mencoba mencari 1.001 alasan untuk menhindar dari pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, karena mereka tidak suka mengerjakan hal tersebut. Sales is often a case of doing what you have to do, not only what you like to do.
by James Gwee
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...