Friday, January 25, 2013

Cara Mengatur Waktu

Orang sukses sangat menghargai waktu. Ia menggunakan setiap waktu luang untuk membuat perencanaan untuk hari-hari berikutnya. Mereka tidak akan membuang waktu dengan sia-sia tetapi justru menggunakannya dengan lebih bijaksana.

Perbedaan yang paling nyata antara orang sukses dan gagal dapat dilihat dari cara mereka mengatur waktu. Jadi, pengaturan waktu adalah suatu keahlian yang harus dipelajari dan dikuasai. Lihatlah, orang sukses akan selalu membawa agenda atau time plannernya ke mana pun mereka pergi. Setiap malam sebelum tidur atau pagi hari saat akan berangkat ke kantor atau begitu tiba di kantor mereka menuliskan rencana kerjanya untuk hari ini atau keesokan harinya di agenda jam demi jam. Plan your work, work your plan. Apa yang ia rencanakan, ia jalankan. Orang yang mengetahui manajemen waktu akan menghindari pembunuh atau perampok waktu seperti penundaan pekerjaan, bincang-bincang yang tidak berguna untuk masa depan, menghabiskan waktu di depan televisi, atau mendengarkan musik.

Orang sukses juga mengetahui istilah skala prioritas. Dari seluruh rencana yang akan dikerjakannya hari ini, ia tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu. Setiap menemukan ide atau perjanjian dengan mitra bisnisnya atau siapa pun, ia akan menuliskannya di buku agenda.

Mengenai soal manajemen waktu ini, William Book berkata bahwa manusia patut menjadi tuan bagi jam dan harinya. Manusia bukan hamba waktu. Sedangkan Peter Drucker mengatakan bahwa manusia lebih baik mengetahui ke mana waktu itu dibuang dari pada merencanakan bagaimana mengatur waktu kita. Sekarang gunakan waktu Anda untuk menyusun rencana; mengevaluasi rencana; menjalankan rencana; membuat janji bertemu; berbincang dengan orang yang dapat membantu masa depan Anda seperti klien, relasi, dan sebagainya; dan hal-hal lain yang berguna bagi masa depan Anda.
by Bambang Prakuso
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...