a

Friday, February 15, 2013

Investasi Saham

Hingga masa modern ini, masih banyak masyarakat yang belum begitu mengetahui apakah saham itu. Selama ini yang mereka ketahui adalah saham merupakan "permainan bisnis" yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit saja. Paham yang sementara berkembang, saham tidak dapat dimainkan oleh orang-orang menengah ke bawah yang notabene buta permasalahan bisnis dan finansial.

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan hak kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Dengan membeli sejumlah saham, berarti Anda telah membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Saham biasanya dijual dalam bentuk lembar. Jadi, misalkan Anda membeli 500 lembar saham dari total keseluruhan saham yang berjumlah 1000 lembar, itu artinya Anda mendapat bagian 50% atas perusahaan tersebut. Dan secara berkala Anda pun akan mendapat imbalan atas pengoperasian saham tersebut dalam rangka mencapai keuntungan perusahaan.

Imbalan atas saham yang Anda peroleh itu dinamakan deviden yang biasanya pembagian dilakukan setiap tahun. Inilah yang menjadi daya tarik para investor. Deviden merupakan keuntungan yang dicara para pialang saham.

Keuntungan lain yang mungkin diperoleh para investor saham adalah selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham (capital gain). Selisih yang ada kaitannya dengan keuntungan ini adalah kelebihan harga.

Misalkan Pak Adit memiliki saham PT. Robot sebanyak 800 lembar dengan harga beli Rp 8.000,- per lembar. Kemudian, beliau berencana menjual saham tersebut. Setelah sehari diperdagangkan dalam bursa efek, ternyata saham itu dibeli oleh Pak Agung sebesar Rp 10.000,- per lembar. Dengan demikian, Pak Adit memperoleh capital gain sebesar Rp 1.600.000,- (Rp 2.000 x 800) pada saat transaksi penjualan saham tersebut.
by Anggoro Prasetyo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...