Tuesday, October 30, 2012

Tidak Mudah Putus Asa

Dalam menghadapi kesulitan ataupun masalah, jangan cepat putus asa atau patah semangat. Jika kita melihat satu pintu kesempatan tertutup, bersiaplah untuk membuka mata, telinga, serta pikiran kita mencari pintu kesempatan yang telah terbuka bagi kita. Putus asa memang merupakan hal yang paling mudah kita lakukan, tapi sejauh manakah orang mampu bertahan hidup tanpa ada kata putus asa? Jawabannya ada pada masing-masing individu. Jika mau sukses, maka jangan pernah ada kata putus asa sebab putus asa dapat menyebabkan lemahnya perjuangan dalam mencapai kesuksesan.
Jangan putus asa atau patah semangat, apa pun tujuan yang telah kita tentukan dan strategi yang kita pilih, jalankan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan ketika kenyataan tidak seratus persen sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Segala kesulitan yang kita hadapi merupakan bagian dari proses menuju ke arah kehidupan yang lebih baik. Kita hanya tidak tahu berapa lama kesulitan itu akan berlangsung. Yang harus kita lakukan adalah "kita harus berjuang dan berjuang tanpa kenal kata putus asa". Tidak mudah putus asa merupakan kunci keberhasilan. Prinsipnya adalah rangkaian kegagalan dianggap sebagai proses menuju keberhasilan.
Keuletan merupakan modal yang sangat besar didalam menghadapi segala tantangan atau tekanan, sebab sejarah telah banyak membuktikan betapa banyak bangsa yang mempunyai sejarah pahit, keluar dengan berbagai inovasi, dan mampu memberikan prestasi yang tinggi bagi lingkungannya.

Sikap kerja keras, tangguh, dan ulet akan tumbuh sebagai bagian dari kepribadian diri kita, seandainya kita mampu dan gemar hidup dalam tantangan. Kalau misalnya, dianggap hidup tidak ada lagi tantangan, maka terasa betapa hidup menjadi monoton, jenuh, dan tentu saja prestasi akan menurun. Para pengusaha memiliki semboyan dalam usahanya, tidak ada sesuatu yang kita capai kecuali dengan pengorbanan yang sungguh-sungguh untuk meraihnya. Sikap seperti ini hanya ada pada seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang kuat, sehingga mampu menahan badai kehidupan betapapun pedihnya. Pepatah mengatakan, "tidak ada satu cita-cita tanpa pengorbanan" sangat baik untuk kita jadikan pedoman hidup.
Satu contoh tentang emas, bahan perhiasan dimana banyak orang rela mati untuk mendapatkannya. Semakin panas api yang digunakan meleburkan emas semakin murni emas yang dihasilkan. Ini adalah suatu hakekat yang mengajar kita bahwa masa sulit, masa buruk, masa murung, masa menderita semuanya diperlukan untuk membentuk diri kita, sebagaimana api memurnikan emas. Bagaimana pula dengan minyak wangi dihasilkan dari bunga? Bunga perlu diperah untuk mendapatkan minyak wangi. Proses pemerahan atau pengalaman gagal inilah yang menghasilkan hal-hal terbaik dalam diri kita. Kegagalan ini tidak lantas menyebabkan kita putus asa, melainkan kita harus lebih tegar berjuang dan berjuang sampai mencapai hasil yang memuaskan.
Ingat!!! kegagalan yang kita alami, merupakan sukses yang tertunda. Bagi anda yang akan menjalankan usaha atau bisnis, maka jangan ragu-ragu dan jangan sekali-kali takut gagal. Karena takut akan kegagalan dapat melemahkan semangat untuk berjuang.
Persiapkanlah untuk masa kesuksesan anda, ingatlah ungkapan: Tidak peduli berapa kali anda gagal, tetapi yang terpenting berapa kali anda dapat bangkit dari kegagalan tersebut, dan kesuksesan itu adalah sebuah perjalanan panjang, bukan terminal akhir. Hidup adalah perjuangan. Tak ada kata putus asa untuk terus mencoba. Pupuk terus kepercayaan dirimu, karena kesuksesan milik semua manusia, termasuk juga anda. Jangan pernah putus asa! Tetaplah semangat dan percayalah bahwa Anda bisa.

"Keinginan untuk berhenti adalah ganjaran terakhir antara anda dan mimpi anda" -Richard Devos-
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...