Tuesday, January 1, 2013

Peluang Usaha Kecil

Saat ini, sangat banyak peluang usaha kecil yang bisa Anda jalankan. Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya ditentukan terlebih dahulu apakah usaha ini akan menjadi penghasilan utama Anda atau hanya pendapatan sampingan. Saat ini sangat banyak usaha-usaha yang bisa dijalankan tanpa Anda terlibat di dalam bisnis itu sepenuhnya. Cuma saran saya, ketika awal membuka bisnis yang Anda masih coba-coba, sebaiknya Anda terlibat selama beberapa bulan, sehingga nantinya Anda bisa membuat sebuah sistem sederhana agar bisnis Anda bisa berjalan dengan sendirinya.

Sangat baik jika Anda memulai bisnis dengan sesuatu yang Anda sukai. Dengan menjalankan bisnis yang Anda sukai, akan terasa lebih mudah, dan Anda akan enjoy melakukannya. Tapi jika hobi Anda belum bisa dijadikan bisnis, coba cari ide dari masalah-masalah yang muncul di sekitar Anda. Coba analisa masalah-masalah yang ada, sapa tahu Anda bisa menawarkan solusi dan menjadikannya bisnis. Selain itu, Anda bisa juga melihat dari bisnis-bisnis di sekitar Anda. Coba Anda perhatikan kenapa misalnya ada tempat makan yang ramai, ada yang sepi. Ada tempat pulsa yang ramai, ada yang tutup. Mulailah mengasah pemikiran bisnis Anda, ini sangat penting bagi Anda yang baru akan memulai bisnis. Dengan terus mengasah pemikiran Anda, nantinya Anda akan lebih mudah pada saat menjalankan usaha Anda. Jangan lupa juga untung pasang telinga. Sebab ide-ide brilian kadang bisa muncul dari percakapan dengan orang lain.

Setelah Anda menemukan ide tersebut, jangan lupa segera catat ide-ide tersebut, sebelum mereka terbang jauh. Sediakan catatat di dekat Anda, atau Anda bisa mencatat di handphone. Selain ide-ide tadi, Anda juga bisa menemukan banyak ide peluang bisnis dari toko buku. Di Gramedia misalnya banyak terdapat buku-buku peluang usaha kecil yang bisa dijadikan contoh untuk diterapkan. Berikut ini saya coba berikan beberapa contoh peluang usaha kecil yang mungkin bisa dijalankan. Silahkan langsung ke kategori bisnis modal kecil dan bisnis rumahan. Semoga bisa bermanfaat.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...