a

Friday, December 28, 2012

OPPORTUNITYNOWHERE

Coba baca judul artikel ini. Apa maknanya? Beberapa orang akan membacanya sebagai "Opportunity-no-where" (Tidak ada kesempatan di mana pun). Namun, orang dengan pola pikir positif akan membacanya sebagai "Opportunity-now-here" (Kesempatan sekarang ada di sini)! Jika Anda ingin melihat kesempatan, Anda harus mengkondisikan pikiran Anda untuk melihatnya. Jika Anda tetap mengatakan kepada diri sendiri hal-hal seperti "Saya tidak beruntung" atau "Saya tidak pernah mendapatkan kesempatan", maka pikirin Anda tidak akan pernah melihat kesempatan itu. Jika Anda terus berkata kepada diri Anda, "Kesempatan ada di mana-mana," mereka akan mulai muncul di sekeliling Anda. Kedengarannya ajaib, namun itu benar. Ini dikenal sebagai Law of Attraction (Hukum Tarik-Menarik).

Tahukah Anda kalau kesempatan-kesempatan terbaik yang datang ke arah kita selalu tersaji dalam bentuk masalah? Pernakah Anda mendengar tentang kertas catatan kecil Post-It buatan 3M? Kesuksesannya menghasilkan ratusan juta dolar bagi perusahaannya di seluruh dunia. Bagaimana? Penemunya sebenarnya sedang mencoba mengembangkan sebuah lem yang sangat kuat, yang dapat melekat permanen. Namun, sebuah masalah dalam komposisi kimianya menyebabkan materi lem itu mudah terkelupas. Pikiran inovatifnya mengubah 'masalah' ini menjadi sebuah kesempatan untuk menciptakan sebuah produk baru yang menghasilkan jutaan dolar baginya dan bagi perusahaannya.

Bill Gates muda melihat kesempatan untuk menyelesaikan masalah IBM yang tidak memiliki sistem operasi untuk menjalankan PC generasi pertamanya, dengan menciptakan Microsoft MS-DOS. Senator pemula Partai Demokrat, Barack Obama, tidak merasa terganggu dengan masalah-masalah besar di Amerika--ia melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk menjadi orang yang maju untuk memecahkan masalah-masalah itu.

Dua orang sarjana Sergey Brin dan Larry Page menemukan bahwa semakin sulit untuk mencari informasi dari internet, informasi yang mereka perlukan untuk proyek-proyek di kampus mereka. 'Lalu lintas' Internet semakin kacau, mencari dan menyortir informasi yang relevan dengan kebutuhan para peneliti menjadi seperti sebuah mimpi buruk. Mereka melihat masalah ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan sebuah mesin pencari yang dapat dengan cepat dan akurat mencari apa pun informasi yang diperlukan orang di Internet. Jadi mereka membangun mesin pencari Google, dan hari ini, Brin dan Page adalah salah satu miliuner termuda di dunia.

Jadi, cobalah untuk melihat setiap masalah sebagai sebuah kesempatan. Semakin banyak masalah yang Anda miliki, semakin baik. Carilah lapisan perak di antara awan-awan hitam. Mereka selalu ada di sana.
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...