Saturday, December 15, 2012

Bisnis Untuk Mahasiswa

Jika Anda seorang mahasiswa dan sedang membaca artikel ini, saya sangat yakin Anda akan sukses ke depannya. Kebanyakan mahasiswa akan menghabiskan waktu mereka dengan bersenang-senang bersama teman-temannya, bermain game, dan jalan-jalan. Jika anda seorang mahasiswa yang ingin membuka sebuah bisnis, maka Anda merupakan minoritas dari kebanyakan mahasiswa yang ada. Orang kaya dan sukses adalah orang yang minoritas, maka Anda pun saya yakin akan menjadi orang yang kaya dan sukses. Saya tahu kebanyakan mahasiswa pasti sangat memiliki keterbatasan dalam modal jika ingin membuat sebuah bisnis, oleh karena itu saya akan membahas bisnis-bisnis tanpa modal, ataupun dengan modal tapi yang relatif kecil.

1. Jika Anda pecinta internet, sering browsing tiap hari, buka facebook, saya sangat menyarankan Anda-Anda sekalian untuk berkecimpung dalam bisnis online. Bisnis online sekarang ini sangat menggiurkan dengan modal yang relatif kecil. Dengan modal internet Anda sudah bisa menghasilkan uang. Berikut ini beberapa bisnis online yang lumayan berprospek :
a. Membuat sebuah blog dengan blogspot ataupun dengan wordpress. Coba luangkan waktu anda untuk membuat tulisan/artikel-artikel bermanfaat tentang sesuatu yang anda sukai. Kenapa menggunakan blogspot atau wordpress? Karena gratis dan tidak memerlukan biaya hosting dan domain. Jika tulisan-tulisan Anda sudah agak banyak misal 100 artikel, coba Anda memasang iklan Google Adsense di blog Anda. Coba main-main ke kaskus online bisnis atau ke website adsense-id. Disana Anda akan mendapatkan banyak informasi berharga tentang cara menghasilkan uang dari sebuah blog.
b. Anda bisa menjualkan produk orang lain secara online. Yang pertama Anda perlu mensurvey penjual-penjual yang menjual produk-produk dengan harga relatif murah. Saran saya karena di internet itu kebanyakan adalah anak remaja - pemuda kisaran umur 14-35 tahun, maka cobalah jual produk-produk untuk anak muda. Contohnya : menjual tas, dompet, sepatu, aksesoris wanita, dll. Anda hanya perlu mengambil gambar produk dari penjual, dan coba anda jual di kaskus jual beli, atau di blog Anda, ataupun bisa jual ke teman-teman Anda di facebook. Istilahnya adalah dropship. Anda hanya jual gambar, kalau ada yang pesan, anda tinggal minta penjual untuk mengirimkan barang ke pelanggan Anda. Maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal uang sama sekali, kecuali modal internet saja.
c. Jika Anda mempunyai koneksi internet yang baik, Anda bisa jual DVD film, software, dan games yang anda download dari internet. Cara pemasaran dvd tersebut bisa lewat online, bisa juga dengan menjual langsung di tempat kuliah Anda.

2. Demikian pula dengan menjual secara offline atau tidak melalui internet. Saran saya, coba asah kemampuan bisnis Anda, dengan memperhatikan setiap masalah yang ada baik itu di kost Anda mungkin ataupun di tempat kuliah. Dan jika sudah menemukan permasalahan, coba Anda pikirkan apakah Anda bisa membuat solusi dari pemasalahan tersebut, dan apakah solusi tersebut bisa Anda bisniskan. Dengan terus mengasah kemampuan bisnis Anda, maka saya yakin ke depannya Anda akan menjadi pebisnis yang handal. Anda bisa memulai dari sesuatu yang simpel dari menjual dvd film, software, dan games seperti yang saya utarakan di atas. Manfaatkan sebagian mahasiswa yang tidak mempunyai koneksi internet dengan catatan Anda perlu memiliki koneksi internet yang baik.

3. Jika tidak mempunyai koneksi internet sama sekali, coba Anda membuka kursus privat. Anda bisa memberikan kursus ke anak-anak SD, SMP, SMU. Ataupun coba buka kursus cara menggunakan komputer/internet, atau kursus musik seperti  gitar, piano, maupun kursus-kursus lain yang sesuai dengan keahlian Anda.

4. Jual keahlian/skill yang Anda miliki sebagai bisnis Jasa. Misalnya jasa menginstall Windows, jasa memperbaiki suatu barang, jasa mengetik, dan lain-lain. Apalagi jika keahlian yang Anda miliki itu merupakan hobby Anda. Maka Anda semakin bersemangat untuk melakukan bisnis tersebut, selain Anda enjoy melakukannya, Anda akan mendapatkan uang dari situ.

5. Coba masuk ke Multi Level Marketing (MLM). Dengan mengikuti MLM Anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang cara menjual produk, cara menawarkan produk kepada calon pelanggan, dsb. Mulailah latih diri Anda untuk menjual karena semua orang di dunia ini tidak ada yang tidak menjual. Orang-orang besar banyak bermula dari seorang Sales dan akhirnya menjadi besar dan kaya. Saran saya jangan pernah malu untuk menjual.

Saran saya jika Anda ingin maju, segera mulailah bisnis Anda. Coba latih terus kemampuan berbisnis Anda. Lebih baik Anda gagal ketika Anda masih sangat muda. Anda masih memiliki cukup banyak waktu untuk bangkit dari kegagalan. Yang terpenting adalah belajar dari kegagalan itu sendiri. Kesuksesan dimulai dari banyak kegagalan. Selain selalu take action / langsung praktek, saran saya juga coba rajin-rajinlah membaca buku, terutama buku-buku bisnis. Banyak sekali di toko-toko buku yang memberitahu kepada kita bisnis-bisnis yang sedang booming hari ini. Coba perhatikan peluang bisnis dari buku-buku yang ada di toko buku. Selain itu juga, coba mulai ikuti seminar-seminar yang ada di kota-kota Anda. Anda tidak perlu minder untuk mengikuti seminar-seminar seperti Financial Revolution oleh Tung Desem Waringin, seminar bagiamana cara bisa kaya, dsb. Dengan ilmu-ilmu dari seminar Anda bisa mendapatkan banyak hal, bahkan Anda bisa mendapatkan ide dari mengikuti seminar-seminar tersebut. Harganya relatif sesuai dengan kantong mahasiswa, 100rb - 200rb, bahkan ada juga yang gratis. Yang anda perlukan hanya melihat peluang yang ada (coba lihat-lihat di koran lokal) dan setelah menemukan peluang tersebut, coba Anda action. Semoga Sukses.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...