Tuesday, August 14, 2012

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Jika anda ingin kaya secara finansial, anda harus pintar-pintar mengatur keuangan pribadi anda, karena tanpa  pengaturan yang baik anda tidak akan pernah menjadi kaya. Berikut ini beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi :

  • Bagi pendapatan bisnis / gaji anda menjadi pos-pos. Contohnya saya membagi pendapatan saya menjadi beberapa bagian, antara lain : Pengeluaran sehari-hari (50%), Kesenangan (10%), Pendidikan (10%), Amal (10%), Pengeluaran Tak Terduga (10%), Investasi (10%). Dengan membagi menjadi pos-pos maka anda tidak akan sembarangan membelanjakan uang anda. Pada saat anda menerima pendapatan/gaji, ada baiknya anda langsung bagi ke rekening tabungan sesuai pos masing-masing. Ini membuat anda tidak boros..
  • Jangan mengeluarkan uang untuk kesenangan secara kredit. Jangan pernah membeli mobil pribadi dengan kredit, handphone, dkk. Anda hanya diperbolehkan menggunakan kredit untuk urusan bisnis yang sudah anda tahu duitnya mau diputar dimana.
  • Catat pengeluaran anda setiap hari. Minimal setiap hari sediakan waktu 15-20 menit untuk mencatat pengeluaran anda. Mungkin awal-awal akan memakan waktu yang agak lama, tapi seiring waktu berjalan anda akan makin cepat mengerjakan hal tersebut.
  • Investasi yang anda lakukan bisa merupakan tabungan yang anda tidak akan ambil sampai tua. anda terus menabung uang tersebut dan hanya diperbolehkan mengambil bunganya saja.
Mungkin itu kira-kira beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi. Semoga tips ini bisa dipraktekkan dan memberi manfaat.

Bagi Anda yang begitu kesulitan mengatur keuangan Anda, saya sarankan untuk membaca ebook keuangan pribadi. Saya sendiri sudah membaca ebook tersebut dan saya sangat merekomendasikan untuk dibaca dan dipraktekkan. Coba Anda lakukan, dan rasakan perubahan dalam keuangan Anda.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...